Analisis Kelompok Acuan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tas Eiger pada Eiger Store Kota Sukabumi

  • Sansan Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep M Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Purchasing decisions are often made by consumers based on their wants and needs. If the company is unable to fulfill it, it is likely to experience a decline in marketing the product. The purpose of this study was to determine the analysis of the reference group and product attributes to the purchasing decisions of eiger bag consumers in the eiger store in the city of sukabumi. The research method used in this study was to use a random sampling method, by distributing questionnaires as many as 87 respondents to eiger bag consumers. The analysis technique used in this study is to use multiple linear regression analysis techniques and coefficient of determination. To test the hypothesis in this study using partial statistical tests (t test) and simultaneous tests (Test f). The results of this study indicate that the reference group has a significant influence on purchasing decisions. Product attributes have a positive and significant influence on purchasing decisions. Simultaneously the reference group and product attributes have a positive and significant influence on purchasing decisions.

Keywords: Reference Group, Product Attributes, Purchasing Decisions

References

Firdaus. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan, Varian Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko “Windy Collection” Dukun Gresik.

Budiyanto, Agus. (2013). Keputusan Pembelian Blackberry Remaja Ditinjau dari Kelompok Acuan.

Destiadhi, Fariz. (2014). Group Reference dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Iphone Appale) pada Remaja.

Kurniawan, Rizky. (2016). Pengaruh Atribut Produk, Citra Merek, Iklan dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Olahraga Nike di Kota Pontianak).

Ardhiansyah, Genie, Prima. (2016). Keputusan Pembelian Motor Yamaha Nmax Sebagai Implikasi Dari Kelompok Acuan Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Dealer Yamaha Lapang Jaya Kopo).

Purwanto, Hari. (2017). Pengaruh Pemahaman Ekuitas Merek Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pemakaian Merek Pada Sentra Industri Kecil Produk Brem (Studi Empiris Pada Sentra Industri Kecil Produk Brem Desa Kaliabu Kec. Mejayan Kab. Madiun).

Iswandi, Putri, Nensiana. (2017). Pengaruh Atribut Produk dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian (Study Pada Komunitas Sneakers Adidas Malang).

Rayhan, Wardhana Aditya. (2016). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2013 Telkom University).

Rinaldi, Et al,. (2012). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario Techno 125 PMG FI di Kota Malang.

Sukmawati, Et al,. (2015). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan pembelian.

Prakoso, W, Haryogi, Setyo Iriani, Sri. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Suzuki satria F150.

Kurniawan, Yuli & Fachreza, Devilia Sari. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorious Industries Di Kota Bandung.
Published
2019-05-18
How to Cite
Nurhasanah, S., Ramdan, A., & Komariah, K. (2019). Analisis Kelompok Acuan dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tas Eiger pada Eiger Store Kota Sukabumi. COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting, 2(2), 315-321. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.589
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 29 times