Pengaruh Metode Glenn Doman (Tahap 1 dan 2) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Autisme

  • Haifa Wahyu Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Betrianita Betrianita Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Melati Tridita Pramesti Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Padila Padila Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to determine the effect of the Glenn Doman methods stages 1 and 2 on the development of thinking communication in children with autism at the Bengkulu Autism Center. The research design used was quasi experiment, with the design used was two groups before after or pre-test and post test group design. The results showed that in the univariate analysis the majority of respondents aged 3-4 years with the majority of male sex with the ability to speak in the control group and the treatment group before being given glenn doman therapy stages 1 and 2 were quite capable. And the development of communication in the majority treatment group increased to be able. In bivariate analysis, it was known that the value of p v 0,000 <0.05. Conclusion, there is a significant influence of stage 1 and 2 glenn doman therapy on the development of communication of children with autism at Bengkulu Autis Center.

 

Keywords: Autism, Glenn Doman

References

Adriana, D. (2010). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika

Ahmadi, F. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1) Tahun 2010 PGSD FIP UNNES

Alit S, I.G.A. (2011). Model Komunikasi Penangan Anak Autisme melalui Terapi Bicara Metode Lovaas. Skripsi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asmani, J. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press

Aulia. (2011). Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media

Bethsaida, J., & Herri, Z. P. (2013). Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya. Edisi 1. Yogyakarta: Rapha Publishing

Delphie, B. (2006). Pendidikan Anak Autis. Sleman: PT. Intan Sejati Klaten

Doman, G. dan Doman, J. (2006). How to Teach Your Baby to Read: Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca (Alih Bahasa: Grace Satyadi). Jakarta:Tigaraksa Satria

Faisal Yatim DTM. (2003). Autisme Suatu Gangguan Jiwa pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor

Galih A. V. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat. Jakarta Buku Kita

Gordon. (2010). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi pada Anak Autis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Handojo.(2008). Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Mengajar untuk Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer

Herri. (2011). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Hidayat, A., A. (2005). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: Salemba Medika

Jordan & Powell. (2002). Understanding and Teaching Children with Autism. West Suswx England: John Wiley and Sond Ltd

Kemenkes. (2010). Mari Kenali dan Peduli terhadap Anak Autis. Jakarta: Kemenkes
Kusumawati & Hartono. (2010). Buku Ajar Keperawatn Jiwa. Jakarta: Salemba Merdika

Mariana, D., Wulandari, D., & Padila, P. (2018). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 108-122. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v1i2.83

Masitoh. (2003). Model Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Bahasa Menyeluruh (Whole language approach) di TK. Tesis UPI Bandung. Tidak Diterbitkan

Miller, M.S. (2011). Bringing Learning Home. New York: Happer & Row Publish

Mirza, M. (2010). Anak Autis, Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Jogjakarta

Olivia. (2009). Belajar Membaca yang Menyenangkan Untuk Usia Dini. Jakarta: PT.Elex media Komputindo

Padila, P., Amin, M., & Rizki, R. (2018). Pengalaman Ibu dalam Merawat Bayi Preterm yang Pernah dirawat di Ruang Neonatus Intensive Care Unit Kota Bengkulu.Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 1-16. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v1i2.82

Pertamawati, N. (2008). Penerapan Metode Glenn Doman untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak yang Memiliki Gangguan Cerebral Palsy. [Skripsi]. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Ragil D. (2015). Pengaruh Metode Glenn Doman terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autisme di SLB-B dan Autisme TPA (Taman Pendidikan dan Asuhan) Kabupaten Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, 3(1)

Rani. (2014). Pengaruh Metode Glenn Doman dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Membaca Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Kuasi pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Bukit Dago Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia

Rohman. (2010). Peran Glenn Doman sebagai Metode Pembelajaran Membaca Pada Anak yang Mengalami Cedera Otak

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Surana & Taufan. (2008). Bagaimana Flashcards dan Dotcards Mampu Meningkatkan Kecerdasan Anak dalam Balita Cerdas.com. http://info.balitacerdas.com

Tiara DY. (2013). Pengaruh MEtode Glenn Doman terhadap Perkembangan Bahasa dan KOgnitif Anak Usia Prasekolah di TK Ladas Berendai Prabumulih

Unesco. (2011). Retrieved from https://klinikautis.com/2015/09/06/jumlahpenderita-autis-di-indonesia/

Widihastuti, S. (2012). Pola Pendidikan Anak Autis. Yogyakarta: FNAC Press

Widihastuti. (2009). Autis pada Anak. Yogyakarta: Nuha Medika

World Health Organization (WHO). (2015). Global Autism Report 2015. Switzerland

Wulandari R. (2013). Teknik Mengajar Siswa dengan Gangguan Bicara dan Bahasa. Panduan untuk Guru.Yogyakarta: Imperium

Yuwono J. (2009). Memahami Anak Autistik: Kajian Teoritik dan Empirik. Bandung: Alfabeta
Published
2018-08-27
Abstract viewed = 593 times
pdf downloaded = 886 times