PENGARUH METODE GLENN DOMAN (TAHAP 1 DAN 2) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME DI AUTIS CENTER BENGKULU

  • Haifa Wahyu Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Betrianita Betrianita Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Melati Tridita Pramesti Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Padila Padila Program Studi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of Glenn Doman method stages 1 and 2 on the development of autistic children’s thinking in autis center Bengkulu.The research design was quasi experiment using two group before after or pre test and post test design group. The result showed that in univariate analysis, it was found that the majority male with speech ability in control group and treatment group is quite capable before being treaten through Glenn Doman theraphy stage 1 and 2. Then the development of the majority treatment group is increasing to capable. In bivariate analysis, it was found out that there was a significant effect of Glenn Doman therapy stage 1 and 2 on the development of autism children communication in autis centre Bengkulu with value p 0,000 < 0,0. Considering the importance of the development of children communication, especially children with autism, autism center Bengkulu is willing improve the method of Glenn Doman stages 1 and 2 in the process of education for children with autism.

Keyword : Autism, Glenn Doman

References

Adriana, Dian. (2010). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Ahmadi, F. (2010). Meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia. Jurnal Penelitian PendidikanVolume 27 Nomor 1 Tahun 2010 PGSD FIP UNNES

Alit S, I.G.A. (2011). Model Komunikasi Penangan Anak Autisme Melalui Terapi Bicara Metode Lovaas. Skripsi.

Aulia. (2011). Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media

Asmani, Jamal. (2009). Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bethsaida, Janiwarty.,& Herri, Zan Pieter. (2013). Pendidikan Psikologi untuk Bidan Suatu Teori dan Terapannya.Edisi 1.Yogyakarta : Rapha Publishing

Delphie, B. (2006). Pendidikan Anak Autis. Sleman: PT. Intan Sejati Klaten

Doman, G. dan Doman, J. (2006). How to teach your baby to read: bagaimana mengajar bayi anda membaca (Alih Bahasa: Grace Satyadi). Jakarta:Tigaraksa Satria

Faisal Yatim DTM. (2003). Autisme Suatu Gangguan Jiwa Pada Anak-anak. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Galih A. V, (2008).12 Terapi Autis Paling Efektif dan Hemat.Jakarta Buku Kita.

Gordon. (2010). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Pada Anak Autis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Handojo. (2008). Autisma: Petunjuk Praktis dan Pedoman Materi Mengajar untuk Anak Normal, Autis dan Perilaku Lain. Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer

Herri. (2011). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Hidayat, A., A.(2005). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Jordan &Powell. (2002). Understanding and Teaching Children With Autism. West Suswx England: John Wiley and Sond Ltd

Kemenkes. (2010). Mari kenali dan peduli terhadap anak autis.Jakarta; Kemenkes

Kusumawati & Hartono, (2010). Buku Ajar Keperawatn Jiwa.Jakarta : Salemba Merdika.

Mariana, D., Wulandari, D., & Padila, P. (2018). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 108-122. https: //doi.org /https:// doi.org/ 10. 31539 /jks.v1i2.83.

Masitoh. (2003). Model Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Bahasa Menyeluruh (Whole language approach) di TK. Tesis UPI Bandung. Tidak diterbitkan.

Miller, M.S. (2011). Bringing learning Home New York. Happer & Row Publish

Mirza, M. (2010). Anak Autis, Mendidik Anak Autis Dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas Dan Sehat. Jogjakarta

Olivia. 2009. Belajar Membaca Yang Menyenangkan Untuk Usia Dini. Jakarta: PT.Elex media Komputindo
Padila, P., Amin, M., & Rizki, R. (2018). Pengalaman Ibu dalam Merawat Bayi Preterm yang Pernah dirawat di Ruang Neonatus Intensive Care Unit Kota Bengkulu. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 1-16. https: //doi. org/https ://doi .org /10. 31539/jks.v1i2.82

Pertamawati, N. (2008). Penerapan metode glenn doman untuk meningkatkan kemampuan membaca anak yang memiliki gangguan cerebral palsy. [Skripsi]. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana MalikIbrahim

Ragil D. (2015). Pengaruh Metode Glenn Doman Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autisme di SLB-B dan Autisme TPA (Taman Pendidikan dan Asuhan) Kabupaten Jember. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.3 (no.1), Januari, 2015

Rani. (2014). Pengaruh Metode Glenn Doman Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Membaca Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Kuasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Bukit Dago Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia

Rohman. (2010). Peran Glenn Doman sebagai Metode Pembelajaran Membaca Pada Anak yang Mengalami Cedera Otak.

Setiati Widihastuti. (2012). Pola Pendidikan Anak Autis. Yogyakarta; FNAC Press

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Surana & Taufan. (2008). Bagaimana Flashcards dan Dotcards Mampu MEningkatkan Kecerdasan Anak Dalam Balita Cerdas.com. http://info.balitacerdas.com

Tiara DY. (2013). Pengaruh MEtode Glenn Doman Terhadap Perkembangan Bahasa dan KOgnitif Anak Usia Prasekolah di TK Ladas Berendai Prabumulih.

UNESCO. (2011). Retrieved from https://klinikautis.com/2015/09/06/jumlahpenderita-autis-di-indonesia/

Widihastuti. (2009). Autis Pada Anak. Yogyakarta: Nuha Medika

World Health Organization (WHO). 2015. Global Autism Report 2015. Switzerland.

Wulandari R. (2013). Teknik mengajar Siswa dengan Gangguan Bicara dan Bahasa.Panduan untuk Guru.Yogyakarta. Imperium

Yuwono J. (2009). Memahami Anak Autistik: Kajian Teoritik Dan Empirik. Bandung: Alfabeta
Published
2018-08-27
How to Cite
Wahyu, H., Betrianita, B., Pramesti, M., & Padila, P. (2018). PENGARUH METODE GLENN DOMAN (TAHAP 1 DAN 2) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK AUTISME DI AUTIS CENTER BENGKULU. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(1), 169-183. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.306