Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Redaksi Journal of Education and Instruction (JOEAI) menerima naskah ilmiah dalam bidang yang berkaitan dengan Ilmu Teknologi Pendidikan
  • Naskah ilmiah tidak mengandung unsur plagiarisme. Naskah juga harus memenuhi pedoman penulisan naskah dan belum pernah atau tidak dalam proses publikasi pada media lain, baik cetak maupun elektronik.

Author Guidelines

JUDUL DALAM BAHASA INDONESIA SPESIFIK,  JELAS, MENGANDUNG UNSURKATA KUNCI,MAKSIMAL 14 KATA

TITLE IN ENGLISH VERSION, SPECIFIC, CLEAR, CONTAINS KEY WORD ELEMENT,

MAXIMUM 14 WORDS

Nama lengkap penulis (tanpa gelar, pangkat atau jabatan)

lembaga afiliasi atau instansi

alamat lembaga atau instansi

Alamat korespondensi (khususnya email penulis)

Abstract: ABSTRACT IN ENGLISH VERSION: Abstract contains research aim/purpose, method, research results and conclusion; written in one paragraph, 150-200 words, without reference, footnote, quotation, abbreviation/acronym, and mathematical information.

Keywords: 3 to 5 words or phrases, that is important, spesific, or representative for the article

Abstrak: Abstrak memuat tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam satu paragraf,  150-200 kata tanpa acuan, catatan kaki, kutipan pustaka,singkatan/akronim, dan informasi matematis.

Kata kunci: 3 sampai 5 kata atau frase yang penting, spesifik, dan  mencerminkan konsep yang dikandung artikel

PENDAHULUAN

Uraian dalam bagian ini terdiri atas latar belakang alasan ilmiah, fenomena aktual/sosial/kultural/ teknis, kajian/reviu yang diuraikan dalam bentuk paragraf yang runtut dan sistematis, rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kajian Literatur menggunakan acuan yang kuat, tajam, mutakhir, dan relevan dengan penelitian yang dilakukan. Kajian Literatur mengemukakan hasil penelitian atau buku yang membahas subjek atau pendekatan teoritis yang sudah dilakukan oleh orang lain atau penulis sendiri. Semua konsep tersebut dipadukan menjadi sebuah simpulan yang bermakna yang mendukung formulasi penelitian. Sebagian besar pustaka acuan yang digunakan bersumber dari data primer yang berasal dari hasil-hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah paling lama 10 tahun terakhir, kecuali pustaka acuan yang klasik (tua) yang memang dimanfaatkan sebagai bahan kajian historis.

METODE

Metode penelitian mengemukakan jenis penelitian, alasan sebuah metodologi digunakan, populasi sampel/subjek, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Penelitian kuantitatif perlu mencantumkan teknik pengujian hipotesis yang relevan.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian dan pembahasan memuat tabulasi data hasil penelitian yang dilaksanakan sesuai dengan metode dan peubah yang digunakan. Analisis dan evaluasi terhadap data tersebut sesuai dengan formula hasil kajian teoritis yang telah dilakukan. Pembahasan hasil analisis dan evaluasi dapat menerapkan metode komparasi, penggunaan persamaan, grafik, gambar, dan tabel. Setiap tabel dan grafik harus diberi nomor dan nama dan ditempatkan sedekat mungkin dengan paragraf di mana tabel dan grafik tersebut dibahas. Interpretasi hasil analisis untuk memperoleh jawaban, nilai tambah, dan kemanfaatan yang relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian.

SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan

Simpulan merupakan hasil analisis dan pembahasan atau uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti. Simpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Simpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan.

Saran

Saran berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas simpulan yang diperoleh.

Pustaka Acuan

Alisha Francis and  Abraham Flanigan, Self-Directed Learning and Higher Education Practices: Implications for Student Performance and Engagement, The International Journal of the Scholarship of Teaching and Learning v. 7 n. 3, 2012.

Arend, I Arend, (2012), Learning to Teach, 9th Editions, New York: McGraw-HillCompanies. ISBN  978-0-07-802432-0

Dick, Walter, Carey, Lou, Carey , James O, (2009), The Systematic Design of Instruction, New Jersey: Pearson Education, Inc. ISBN 978-0-13-282485-9

Elaine B. Johnson, (2009), Contextual Teaching & Learning,terjemahan IbnuSetiawan, Bandung: Mizan Learning Center. ISBN 0-7619-7864-X (c)

Emzir, (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. ISBN 9797691624

Fridani, Lara. (2009), Ape Lestari,Inspiring Education: Kisah Inspriratis Pembelajran Anak Usia Sekolah Dasar, Bandung: Alex Media Komputindo. ISBN 979273998X

Harvey. S. Virginia and Wolfe, A. Chickie- Louise, (2007), Fostering independent learning : practical strategies to promote student successs, New York: TheGuilford Press. ISBN-13: 978-1-59385-451-5

Jubeir Suleiman Samir Al-Harby, The Effect of Reciprocal-Teaching Strategy on LearningOutcomes and Attitudes of Qassim-University Students in  “Islamic Culture”, Journal of Education and Practice, Vol.7, No.6, 2016

Lie, Anita. (2010), Cooperative Learning, Jakarta: PT. Grasindo. ISBN 9789790253209

Oczkus. Lori D. (2010),Reciprocal teaching at work: powerful strategies and lessons for improving reading comprehension, Newyork: International ReadingAssociation. ISBN 978-0-87207-507-8

Robyn M. Gillies and Adrian F. Ashman, (2003),Co-operative Learningthe; social and intellectual outcomes of learning in groups, New York: Routledge Falmer. ISBN 0-203-46526-1

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.