Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru pada Proses Pembelajaran Masa Pandemi

  • Riky Kurniawan Hutagalung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Sri Nurabdiah
  • Amini Amini

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai edukator, supervisor dan motivator untuk meningkatkan kinerja guru pada masa pembelajaran pandemik. Dengan metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai  edukator memberikan pelatihan yang membangun sikap rasa tanggungjawab bagi guru dimasa pandemik. Selain itu kepala sekolah meluangkan waktu untuk  bertukar pendapat (sharing), kerjasama dalam pencegahan dan perbaikan serta peningkatan mutu pembelajaran.Kepala sekolah sebagai supervisor melakukan adanya pembelajaran, sehingga seluruh aktivitas organisasi sekolah bermuara pada pencapaian efesiensi dan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai supervisor, yaitu mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan. Supervisi sesungguhnya dapat dilaksanakan oleh kepala sekolah yang berperan sebagai supervisor, tetapi dalam sistem organisasi pendidikan modern diperlakukan supervisi khusus yang lebih independent, dan dapat meningkatkan objektivitas dalam pembinaan dan pelaksanaan tugasnya.Kepala sekolah sebagai motivator juga mamberikan hal yang terbaik untuk kemajuan SD 066044 Helvetia Medan dimana salah satunya adalah menjadi motivator adalah dengan memberikan  support kepada guru yang mengalami masalah, disamping memberikan masukan kepada  guru, kepala sekolah pastinya memberikan motivasi kepada guru yang bersangkutan agar guru bisa menemukan titik  semangat lagi dalam mengajar. 

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Kerja Guru

 

 

 

Abstract

This study aims to determine the role of school principals as educators, supervisors and motivators to improve teacher performance during the pandemic learning period. With qualitative research methods. Data collection techniques used in this study using observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the leadership role of the principal as an educator provides training that builds an attitude of responsibility for teachers during the pandemic. In addition, the principal takes the time to exchange opinions (sharing), cooperation in prevention and improvement as well as improving the quality of learning. The principal as a supervisor conducts learning, so that all school organizational activities lead to the achievement of efficiency and effectiveness of learning. Therefore, one of the principal's duties is as a supervisor, namely supervising the work carried out by educational staff. Supervision can actually be carried out by the principal who acts as a supervisor, but in the modern educational organization system special supervision is treated which is more independent, and can increase objectivity in coaching and carrying out his duties. The principal as a motivator also provides the best for the progress of SD 066044 Helvetia Medan where one of them is being a motivator is to provide support to teachers who have problems, in addition to providing input to teachers, school principals certainly provide motivation to the teacher concerned so that teachers can find another point of enthusiasm in teaching. 

Keywords: Principal Leadership, Teacher Work Performance

References

Abdul Choliq, 2014. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak

A Amini, N Ginting - Al-Muaddib , 2020. Otonomi Pendidikan Di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah), Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, diakses pada tanggal 3 maret 2022

Akhmad Said. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam MeLestarikan Budaya Mutu Sekolah. Jurnal manajemen pendidikan islam. Vol.2, No. 1 https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/77/56 diakses pada tanggal 1 februari 2022

Alawi, Asep Habib Idrus, 2019, “Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah”, Journal of Islamic Education, Volume 1 Nomor. 1

Arikunto,Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Burhanuddin,2011, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan,Bumi Aksara: Jakarta.

Departemen Agama RI,2003,Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervise Pendidikan, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam Jakarta.

Didin Kurniadin dan Imam Machali,2016,Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Ar-Ruz Media, Yogyakarta.

Djohan, Agustinus Johanes, 2016, 5 Pilar Kemepimpinan Di Abad 21, Media Nusa Creative, Malang

Eka Airlangga, A. Akrim. 2020. Learning from COVID-19, Will this Pandemic Reappear: A Reflection for Indonesian Children Future. Article Sys Rev Pharm 2020;11(6). https://www.researchgate.net/profile/Eka-Airlangga2/publication/343536622_Learning_from_COVID19_Will_this_Pandemic_Reappear_A_Reflection_for_Indonesian_Children_Future/links/5f2f5b0a458515b7290fd73e/Learning-from-COVID-19-Will-this-Pandemic-Reappear-A-Reflection-for-Indonesian-Children-Future.pdfAkses pada tanggal 3 maret 2022.

Enzim, 2012. Metodologi, Penelitian Kuantitatif dan kualitatif,Rajawali Pers Jakarta

Fathoni,abdurrahmat, 2021. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi,PT Rineka Cipta, Jakarta.

Fathorrozi and muhith. 2021 Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Pemasaran Sekolah Dasar Di Jember Jawa Timur. Journal of Islamic Educational Management. Vol. 3, No. 2,. file:///C:/Users/hp/Downloads/73-Article%20Text-554-1-10-20211228.pdf diakses pada tanggal 20 Januari 2022

Firliah Rizkiani, Salahuddin, 2020, “Fungsi Kepala Sekolah dalam Pembinaan Guru pada Sekolah Menengah Kelautan Negeri 10 Di Kabupaten Bima”, Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan, Volume VII, Nomor 1

Gerungan, W.A. 2007. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

Hasibuan,Malayu, 1999. Organisasi dan Motivasi,Bumi Aksara:Jakarta

Hasri,Salfen, 2005,Manajement Pendidikan Pendekatan Nilai dan Budaya Organisasi, YAPM, Makassar.

Hesti Sadtyadi, Badrun Kartowagiran, 2014, “Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi”

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 18 Nomor 2

Iskandar, Uray. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah DalamPeningkatan Kinerjaguru. jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 10 (1) https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/2061/2002. diakses pada tanggal 20 oktober 202.

Kemendikbud, 2020. “Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KebijakanPendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus D/Sease (Covid-19)Nomor 4

Koswara,Rasto,2016, “Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi” Jurnal Pendidikan Manajamen Perkantoran, Volume 1 Nomor. 1

Madjid Abd, 2016, Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja, Samudra Biru, Yogyakarta

Mesiono,2012, Manjemen Organisasi, Citapustaka Media Perintis, Bandung.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). UIP, Jakarta

Muhaimin, 2011,Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah,Kencana, Jakarta.

Mulyasa,E. 2005, Menjadi Kepala Madrasah Profesional,Remaja Rosdakarya Bandung

Musfah,Jejen,2015,Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nasution, S. 2004, Metode Research, Insani Press: Jakarta.

Purwanto, Nurtanio Agus, 2019. “Kepemimpinan Pendidikan”, Interlude, Yogyakarta

Raudhah, Ahmad Sopian, 2016, “Tugas dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan” JurnalTarbiyahIslamiyah Volume 1 Nomor 1

Rohman, Arif. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama

Sanusi,Anwar, 2011, Metode Penelitian Bisni, Salemba Empat, Jakarta.

Sarifudin, Agus, 2019, “Peningkatan Kinerja Guru Dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Suvervisi Akademik Pengawas Sekolah” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 Nomor. 2

Subagyo,Joko, 2011,Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik,Rineka Cipta, cet.6,Jakarta.

Sugiyono,2014,Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharsaputra,Uhar, 2012,Administrasi Pendidikan,PT Refika Aditama, Bandung.

Sukardi, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, PT Bumi Aksara: Jakarta.

Sukmadinata,Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan,Remaja Rosdakarya, Bandung.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan. Permsasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

------------, 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan
Permsasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wahyudi,Imam, 2012, Mengejar Profesionalisme Guru,Strategi Praktis Mewujudkan CitraGuru Profesional,Prestasi Pustaka,Jakarta.

Warsono, 2017, “Guru : Antara Pendidik Pendidik, Profesi, Dan Aktor Sosial”, Journal of Society & Media, Volume 1 Nomor. 1.

Yuliana, 2012, Manajemen Pendidikan, Aditiya Media, Yogyakarta

Zuryati, 2015. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sdn 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 3, No. 2. https://media.neliti.com/media/publications/74105-ID-gaya-kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam-m.pdf diakses pada tanggal 18 januari 20
Published
2022-10-28
Abstract viewed = 94 times
pdf downloaded = 134 times