Analisis Kompetisi Guru Sekolah Dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat

  • Khoirul Anam Universitas Terbuka
  • Gunawan Wiradharma
  • Cicilia Clara Devi Anggrini
  • Raden Sudarwo

Abstract

Abstract: This study aims to describe teacher competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence in elementary school teachers in West Nusa Tenggara Province. The research method used in this research is qualitative with a descriptive approach. The number of informants used in this study were 5 elementary school teachers in Central Lombok district. The data were collected in this study by structured interviews with informants. The results of this study indicate that teachers have 4 competencies, namely pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence. The four teacher competencies support each other in helping students to obtain effective learning and as an effort to manage the abilities of students in schools, so that national education goals are achieved.

 

Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesionalisme

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional pada guru sekolah dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 oarang guru sekolah dasar di kabupaten Lombok Tengah, pengambilan data penelitian ini dengan wawancara terstruktur kepada informan. Hasil penelitian ini menunjjukkan bahwa guru memiliki 4 kompetensi yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. Adapun keempat kompetensi guru tersebut saling menunjang dalam membantu peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang efektif dan sebagai upaya mengelola kemampuan peserta didik di sekolah, sehingga tercapainya tujuan pendidikan nasional.

 

Kata kunci: Kompetensi Pedagogik; Kompetensi Kepribadian; Kompetensi Sosial; dan Kompetensi Profesionalisme

References

Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya. Kencana Prenada.

Coe, R., Aloisi, C., Higgins, S., & Elliot, L. (2014). What makes great teaching ? Review of the Underpinning Research, Centre for Evaluation and Monitoring (CEM).

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. In Produk Hukum.

Fahmawidiarti, Mira, Kusdiana, Aan, & Ganda, Nana. 2018. Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Cikoneng Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 5, No. 2 (2018) 260-268.

Fattah, M. (2013). Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Se Kota Samarinda. Fenomena, 5(1).
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Rekontruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial Humaniora (Malang). Literasi Nusantara.

HUSNA, D., SASMITA, R., SHOLOKHAH, R., & NURSIAH. (2021). Urgensi Kompetensi Sosial Bagi Guru PAI dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidikan Di Indonesia, 1(1), 18–25.
Kesumawati, N., & Rochyani, N. (2021). KOMPETENSI GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21.

Kunter, M., Kleickmann, T., Klusmann, U., & Richter, D. (2013). The Development of Teachers’ Professional Competence. In Mathematics Teacher Education (pp. 63–77). Springer, Boston, MA. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5149-5_4

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No 16 Tahun 2007, (2007).
Roqib, M., & Nurfuadi, N. (2020). Kepribadian Guru. CV. CInta Buku.
Satori, Djam’an, Kartadinata, Sunaryo, Makmun, Abin Syamsudin, LN, S. Y. (2006). Profesi Keguruan. Universitas Terbuka.

Simanjuntak, L. . (2013). Analisis Kompetensi Guru Biologi SMP Swasta se-kota Medan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Suprihatiningrum. (2013). Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru). In Ar-ruzz Media (Vol. 66, Issue 1997).
Syamsuhadin, I. (2015). Guru yang Profesional. Alfabeta.

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2).

Tirwan. 2010. Pengaruh Kompetensi Sosial guru IPS terhadap Motivasi belajar siswa di SMP Dua Mei Ciputat, https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4378/1/92257-TIRWAN-FITK.pdf

Wardani, Sandra Fitria. (2018). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/25521/75676576667.

Widiarsa, I. G. P., Marhaeni, M. P. A. N., & Sutama, M. P. P. I. M. (2013). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Persepsi pada Guru SD Kecamatan Kerambitan). Ganesha University of Education.

Wijaya, A., van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Teachers’ teaching practices and beliefs regarding context-based tasks and their relation with students’ difficulties in solving these tasks. Mathematics Education Research Journal, 27(4), 637-662.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective sixth edition: Pearson.
Kurniadi, Andi, Popoi, Irina dan Melizubaida Mahmud. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Kependidikan, D. T. K., Jenderal, D., & Nasional, D. P. (2008). Penilaian kinerja guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Khofiatun, K., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 984-988.

Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi guru matematika dalam mengembangkan kompetensi matematis siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 157-166.
Published
2022-12-10
How to Cite
Anam, K., Wiradharma, G., Anggrini, C. C., & Sudarwo, R. (2022). Analisis Kompetisi Guru Sekolah Dasar di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Alignment:Journal of Administration and Educational Management, 5(2), 253-265. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v5i2.4552
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times