Learning Management System

  • Adisel Adisel Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Abstract

Pembelajaran berbasis e-learning merupakan metode yang sangat potensial untuk kepentingan pendidikan. Dalam lingkungan pembelajaran ini, yang dapat terjadi adalah pengelolaan manajemen yang tersistem dan tidak tersistem.  Pengelolaan yang tersistem adalah sistem manajemen pembelajaran berbasis e-learning yang terencana, terarah dan terukur, yang salah satunya adalah melalui LMS (learning management system).  LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara online.  Dalam analisis jurnal ini, akan dijelaskan bagaimana LMS diterapkan di berbagai lembaga pendidikan, efektivitas dan implikasinya serta hasil-hasil riset yang dilakukan sehubungan dengan penggunaan LMS ini. Studi kasus mengenai efektivitas dari LMS dilakukan di Universitas terbuka di Malaysia (OUM), kampus Kota Bharu dan pengaplikasian LMS untuk pembelajaran yang dipersonalisasi untuk murid-murid sekolah dasar.  Dalam jurnal yang lain, dikemukakan penemuan mengenai penelitian yang dilaksanakan di enam universitas yang berbeda di Amerika tentang kemampuan analisa pembelajaran (LA) dalam LMS.  Ditelaah juga mengenai penguatan pembelajaran antar disiplin ilmu dengan menggunakan LMS.  Disamping itu terdapat pula penjelasan mengenai penggunaan LMS sebagai jaringan virtual untuk beasiswa dalam pengajaran dan pembelajaran (SoTL) pada departemen akademis.  Ada pula penelitian mengenai perluasan model penerimaan teknologi (TAM) untuk menguji penggunaan LMS pada institusi pendidikan tinggi.  Hasil-hasil riset yang dilakukan menunjukkan penemuan-penemuan mengenai adanya koneksi antara pembelajaran yang dipersonalisasi dengan LMS dan pembelajaran di kelas.  Data-data juga menunjukkan efektivitas LMS pada berbagai institusi pendidikan dan adanya pergerakan menuju analisa akademik.  Semua penelitian ini juga mengacu pada implikasi-implikasi dari penemuan-penemuan ini untuk para peneliti dan praktisi lain, serta untuk keperluan penelitian lebih lanjut.

 

Keywords: LMS, jaringan forum online, institusi pendidikan, analisa pembelajaran, personalisasi pembelajaran, model penerimaan teknologi (TAM), pembelajaran jarak jauh.

References

Aybay, I & Oguz, D. (2002), A Learning Management System Developed at the Eastern Mediterranean University, The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol 2 (2).

Davies, M. & Devlin, M. (2007), Interdisciplinary higher education: Implications for teaching and learning. Mernbourne, Australia: The University of Melbourne, centre for the study of higher education.

Demski, J. (2012), This time it’s personal. The Journal: Transforming Learning through Technology. Retrieved from http://thejournal.com/Articles/2012/01/04/Personalized-learning.aspx.

Gautreau, C. (2011), Motivational factors affecting the integration of a Learning Management System by faculty. The Journals of Educators Online.

Harasim, L. (1995), Learning Networks; A Field Guide to Teaching and Learning Online, Cambridge University, Ma: MIT.
Harry, K. (1997), Research Reviews and Agendas, Researching the Literature on Open and Distance Education, block 3, H801, Foundations of Open and Distance Education, The Open University.

Interface Magazine, (2009), Ministry invests in standards-based LMS, New Zealand Interface Magazine, retrieved from http://www.nz-interface.co.nz/articles.cfm.

Lewis, B. A. (2002), Learning Effectiveness: Efficacy of Quizzes vs. Discussion in Online Learning. Master Thesis from UMI Dissertation Services.

Lindgaard, G. (1994), Usability Testing and System Evaluation: A guide for designing useful computer system, UK; Chapman & Hall.

Maxwell, L. (1995), Integrating Open Learning and Distance Education, Educational Technology, November – December.

McGill, T. J., Klobas, J. E. & Renzi, S. (2011), LMS use and instructor performance: the role of task – technology fit. International journal on E – learning, 10 (1).

Watson, W. R., & Watson, S. L. (2007), What are learning management systems, what are they not, and what should they become?, Techtrends.
Published
2022-12-12
Abstract viewed = 77 times
pdf downloaded = 87 times