Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja
Abstract
This research aims to assess the impact of customer satisfaction and trust on loyalty in E-commerce shopping in Indonesia. This study employs a research methodology based on a literature review. The participants of this study include individuals who have engaged in online shopping through various e-commerce platforms such as Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, and others. The investigation findings indicate that customer satisfaction influences consumer trust and customer loyalty during the e-commerce purchase process. Hence, it is crucial for online business proprietors to consistently enhance client happiness and trust to stay competitive with rivals and ensure the sustainability of their firm.
Keywords: Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Customer Trust, E-commerce
References
Efendi, Rizka Nur Fadhilah. "Dampak Strategi Pemasaran E-commerce Terhadap Loyalitas Konsumen: Dampak Strategi Pemasaran E-commerce Terhadap Loyalitas Konsumen." Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains dan Teknologi. Vol. 4. No. 1. 2024.
Febrianty, Revika Nur, and Anggi Pasca Arnu. "Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pengguna Shopee." Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis 4.2 (2022): 263-269.
https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221- juta-orang (Diakses pada tanggal 11 Mei 2024)
Khotimah, Khusnul, et al. "Pengaruh Kepercayaan, Pemasaran Online, Citra Merek dan Keputusan Pembelian terhadap Loyalitas Pelanggan." Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 5.1 (2023): 28-38.
Kotler, P. and Keller, Kevin L. 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Liubana, Alfred, et al. "Pengaruh Strategi Pemasaran Digital, Citra Merek, dan Loyalitas Pelanggan terhadap Kinerja Penjualan Produk Fashion di E-commerce Shopee." Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science 2.04 (2023): 352-361.
Maharani, Sari Heppy, and Tarman Effendi. "Peran Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Beli Dan Loyalitas Pengguna Aplikasi Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin)." Jurnal Bisnis dan Manajemen 2.1 (2023): 1-9.
Manajemen Pemasaran. N.p., Deepublish, 2020.
Manajemen Pemasaran. N.p., Sada Kurnia Pustaka, 2022.
Nugroho, Novianto Eko. "Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Dipengaruhi Terpaan Iklan, Pemberian Potongan Harga Dan Citra Merek Pada Marketplace Shopee Dalam Kondisi Pandemi Covid 19." Jurnal Eksekutif 18.1 (2021).
Pengantar Manajemen. (2022). (n.p.): CELEBES MEDIA PERKASA.
Pengantar Manajemen. (2022). (n.p.): Cendikia Mulia Mandiri.
Pengantar Manajemen. (2023). (n.p.): Deepublish.
Prajogo, Jasper Evan. "ANALISA PENGARUH DIIGTAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI ONLINE PROMOTION DAN E-SERVICE QUlALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP TOKOPEDIA." Jurnal Strategi Pemasaran 8.2 (2021): 12.
Rachman, R., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Penggunaan Sistem Pembayaran Online (Survei Pengguna Produk Unipin). Prologia, 5(1), 148.
Rafiah, Kurnia Khafidhatur. "Analisis pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dalam berbelanja melalui E-commerce di Indonesia." Al Tijarah 5.1 (2019): 46-56.
Rizki, Lutfi Nur, and Bowo Santoso. "Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pelanggan menggunakan E-Commerce." Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa 1.4 (2023): 143-152.
Sudirjo, Frans, et al. "Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.2 (2023): 7524-7532.
Copyright (c) 2024 Rosi Setia Ningrum, Cecep Hermana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.