Implementasi Manajemen Pendidikan Holistik dan Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi di Kober I’anatul Mubtadin Cijeungjing Ciamis dan Kober Nuurul Qur’an Tasikmalaya)

  • Daniansah Daniansah Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana YPKP Bandung
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

Abstract

Holistic educational management is indicated by the growth and development of all aspects of development. Inadequate simulation of early childhood growth and development by inappropriate management systems and teacher competency factors has an impact on unpreparedness for entering further education and imperfect utilization of all children's competencies, especially children's cognitive development. The aim of this research is to describe and analyze in more depth the cognitive development of children who both by considering management facts and teacher competency which have been carried out in Kober I'anatul Mubtadiin Ciamis and Kober Nuurul Qur'an Tasikmalaya. The quantitative research method used is a case study design. Data were collected using observation techniques, interviews and filling in questionnaires and documentation. Data analysis was carried out through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The research results show that the implementation of holistic education management and teacher competency has a significant influence on early childhood development, especially on children's cognitive development. It is proven by the research results that 49.8% of cognitive development is influenced by holistic education management and teacher competence where the researcher conducted the research.

 

Keywords: Cognitive Development, Holistic Education Management, Teacher Competency.

References

Agustina, Lasia & Indra Martha Rusmana. 2019. Pembelajaran Matematika Menyenangkan Dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Matematika PROSIDING SESIOMADIKA Universitas Singaperbangsa Karawang

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

al-Nahlawi, Abdurrahman (1992) Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro

Al-Syaibany, Omar Muhammad Al-Toumy (1979) Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang

Ara Hidayat & Imam Machali, 2012. Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah, Yogyakarta: Penerbit Kaukaba

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arismantoro. 2008. Tinjauan Berbagai Aspek Charachter Building : Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter ?. Yogyakarta : Tiara Wacana

Asmani, Jamal Ma’ruf. 1996. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Laksana

Asmani, Jamal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Laksana

Barnett, W. (1995). Long Term Effect of Early Childhood Programs on Cognitive and School Outcomes. New Jersey: The Future of Children Long Term Outcomes Of Early Childhood Programs Volume 5.

Burhanuddin. 1994. Analisis Administrasi,Manajemen dan Kepemimpinan Guru di Indonesia. Jakarta: PenerbitBumi Aksara

Darajat, Zakiah (1992) Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daviq Chairilsyah (2018) Mengidentifikasi Indikator Kognitif Dan Membuat Instrumen Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Ur Press Pekanbaru

Dety Mulyanti (2016) Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Konsep Islam. Jurnal Nizam Vol 5 2016.

Dewi, Rani Anggraeni (2006). Menjadi Manusia Holistik. Bandung: Hikmah

Fasli Jalal, 2005, “Problematik Pendidikan Luar Sekolah/Dikmas di Indonesia”, Makalah, Pertemuan V Sentra Pemberdayaan dan Pembelajaran Siswa (SPPM). Lembang-Jawa Barat, 27-31 Januari 2003.

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Husaini Usman. (2006). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Husaini Usman. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Itaul Hasanah, Bachtiar Sjaiful Bachri, Umi Anugerah Izzati (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Basicedu. Vol 6 No 5

Kosasih (2016) Analisis Motivasi Belajar Siswa Dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Dan Implikasinya Terhadap Reputasi Sekolah Jurnal Sobat ke 3 Tahun 2016.

Latifah, Melly dan Neti Hernawati (2009). Dampak Pendidikan Holistik pada Pembentukan Karakter dan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Konseling, Januari 2009, Vol. 2, No. 1.

Megawangi, R., Dona, R., dkk. 2005. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practices (DAP). Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, L. J. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif; Bandung: PT. Rosda Karya.

Nawawi, Hadari, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Nelly Ivva Ruhaina (2019) Manajemen Program Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Semarang

Nurani, Yuliani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Cetakan kedua. Jakarta: Rineka Cipta. Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Patmonodewo, Soemiati. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdikbud dan PT Rieneka Cipta.

Raharjo, Mudjia (2010). Metodologi Penelitian Teks. Yogyakarta: TintaMas, hal. 23

Rahma, Siti. 2017. Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pembelajaran Socrates Konstektual Di SMP Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah. Skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ramayulis (2002) Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Renawati, Erni Munastiwi (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 5 Nomor 2 Juni 2022.

Rohmah, Nur Rizqiyah Husnah, dan Bintang Gumilang (2010). Pendidikan Holistik di Sekolah dengan Konsep Learning Organization untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Rubiyanto, Nanik dan Dani Haryanto, Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2010

Santrock. (2007). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Alih Bahasa: Juda Damanik dan Achmad Chusairi). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saputra, Yudha. (2005). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Shihab, M. Quraish (1994) Lentera Hati: Kisah dan Hikmah Kehidupan. Bandung: Mizan,

Solingkari Halawa, Seoni Sni, Petrus Damai Zendato, Yusak Tanasyah (2022) Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Indonesia Journal of Religious Volume 5, Number 2 (2022): 77-90

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sujiono, Y.N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Supratiknya, A (1993) Teori-teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: Kanisius

Suryabrata, Sumadi (1997) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Suwardiman, Siti Partini. (2003). Metode Perkembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Suwardiman. (2005). Tujuan Pelaporan Keuangan: Konsep, Perbandingan dan Rekayasa Sosial. Yogyakarta: Ekonisia.

Suyanto, Slamet. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Tim PKP PG PAUD. (2008). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesion. Jakarta: Universitas Terbuka.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional

Wardani, Igak. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka. www.bps.go.id

Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Widyastono, Herry (2012). Muatan Pendidikan Holistik dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, Nomor 4, Desember 2012.

Widyastono, Herry. Metodologi Penelitian dan Alamiah, dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 068, Tahun ke-13. September 2007.

Yusuf. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.a

Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zulaecha Ngi1, Novianty Djafri, Arwildayanto (2022) Strategi Guru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 6 Issue 3.
Published
2024-09-12
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times