Penentuan Biaya Strategis Melalui Analisis Value Chain

  • Achmad Arifin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh. Halim Universitas Muhammadiyah Jember
  • Astrid Maharani Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan biaya strategis dengan menggunakan analisis rantai nilai pada CV. Karunia Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang dilakukan dengan mendeskripsikan temuan-temuan yang diperoleh dari data yang dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menentukan biaya strategis perusahaan tidak melihat biaya strategis melalui analisis rantai nilai yang mengakibatkan ketidaktahuan manajer bahwa biaya yang dikeluarkan semakin meningkat. Simpulan, CV. Karunia Jaya perlu menggunakan analisis rantai nilai dengan melacak biaya untuk aktivitas yang membentuk nilai dan menetapkan biaya untuk aktivitas tersebut.

Kata Kunci: Analisis Rantai Nilai, Biaya Strategis, Laporan Keuangan, UMKM

References

Arikunto, S. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara

Blocher, E., Chen, C., & Lin, L. (2007). Manajemen Biaya, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Blocher, E., Stout, D., Juras, P., & Cokins, G. (2016). Cost Management: A Strategic Emphasis, 7 Edition. New York: Mc Graw Hill

Daljono, D. (2011). Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian, Edisi Ketiga. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hongren, C. T. (2009). Pengantar Akuntansi Manajemen, Edisi 7. Jakarta: Erlangga

Magretta, J. (2014). Understanding Michael Porter: Panduan Paling Penting tentang Kompetisi dan Strategi. Yogyakarta: Andi

Mulyana, D. (2011). Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Rosda Karya

Mursyidi, M. (2010). Akuntansi Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia

Periansya, P. (2011). Penerapan Analisis Value Chain sebagai Strategi Manajemen Biaya untuk Keunggulan Kompetitif. Teknika, 31(1), 56-60

Porter, M. E. (1994). Keunggulan Bersaing. Jakarta: Binapura Aksara

Steiner, G. A., & Miner, J. B. (1997). Kebijakan dan Strategi Manajemen, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Gelora Pratama

Sudjana, S. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta

Widodo, H. (2008). Analisis Value Chain guna Mencapai Strategi Cost Leadership dalam Meningkatkan Efesiensi Biaya (Studi pada Perusahaan ”X” di Sidoarjo). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(1), 38-49

Wijaya, S. R. (2012). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi pada PT. Bangun Tenera Riau Pekanbaru. Jurnal Ekonomi STIE Haji Agus Salim Bukittinggi, 12(2), 104-114

Witjaksono, A. (2006). Akuntansi Biaya, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2020-10-18
Abstract viewed = 404 times
pdf downloaded = 405 times