Sistem Informasi Akuntansi dan Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Penjualan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penjualan di koperasi Darussyfa Mart berdasarkan sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan assosiatif. Pengambilan sampel dilakukan secara nonprobability sampling dengan teknik purpose sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal memiliki pengaruh terhadap efektivitas penjualan sebesar 31,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan, X1 (sistem informasi akuntansi penjualan) memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap efektifitas penjualan (Y) dibandingkan X2 (pengendalian internal). Namun variabel X1 dan X2 secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas penjualan di Darussyfa Mart. Kemampuan variabel-variabel independen (X1 dan X2) dalam menjelaskan variasi variabel dependen (Y) adalah sebesar 31,7%, sedangkan sisanya sebesar 68,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model ini yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Efektivitas Penjualan, Pengendalian Internal, Sistem Informasi Akuntansi
References
Halim, A. (2012). Akuntansi Sektor Publik dari Anggaran hingga Laporan Keuagan dari Pemerintah hingga Tempat Ibadah. Jakarta: Salemba Empat
Mahmudi, M. (2010). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Rachman, R. F. (2011). Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi pada PT. Multisarana Aditrans Jaya Surabaya. Skripsi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran†Jawa Timur
Radityo, D., & Zulaikha, Z. (2007). Pengujian Model DeLone and McLone dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus). Prosiding Simposium Nasional Akuntansi (SNA) X. Universitas Hasanudin Makasar
Mcleod, J. R., & Schell, G. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2015). Sistem Informasi Akuntansi, Edisi ke-13. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono, S. (2017). Metode Penielitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Sujarweni, V. W. (2015). Sistem Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Swastha, B. (2012). Manajemen Penjualan. Yogayakarta: BPPEE-Yogyakarta
Wahyuningsih, N., Halim, A., & Wulandari, R. (2015). Peranan Audit Oprasional dalam Menunjang Evektivitas Penjualan (Studi Empiris pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4(1), 1-10
Zamzami, F., Nusa, N. D., & Faiz, I. A. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press