Peningkatan Kepuasan Pelanggan Melalui Experiential Marketing dan Nilai Pelanggan

  • Anggara Putra Munggaran Univesitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni Muhammad Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Faizal Mulia Z. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh experiential marketing dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Yukas Family Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan garis kontinum, experiential marketing di CV. Yukas Family Kabupaten Sukabumi melalui dimensi sense, feel, think, act dan relate memiliki nilai yang tinggi dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Nilai pelanggan berupa nilai emosional, nilai sosial, nilai kualitas dan nilai biaya sebagai dimensi memiliki garis kontinum yang berada pada kategori sedang. Kemudian kepuasan pelanggan berdasarkan dimensi kualitas produk, harga produk, kualitas layanan, emosi, biaya dan kenyamanan juga termasuk dalam kategori sedang. Simpulan, pelanggan merasa puas dengan penerapan experiential marketing, nilai pelanggan, kualitas produk, harga produk, kualitas layanan, emosi, biaya dan kenyamanan. Secara umum, experiential marketing dan nilai pelanggan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan di CV. Yukas Family di Kabupaten Sukabumi.

Kata Kunci: Experiential Marketing, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

References

Andreani, F. (2007). Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1-8

Dewi, R. K., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Baru). Jurnal Administrasi Bisnis, 28(1), 1-6

Hadiwidjaja, R. S., & Dharmayanti, D. (2014). Analisa Hubungan Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(2), 1-11

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016): Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289

Rangkuti, F. (2003). Bisnis Plan Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Restuadhi, Y., Farida, N., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(2), 40-51

Smilansky, S. (2009). Experiential Marketing: A Prectical Guide Interactive to Brand Experiences. India: Replika Press

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Wahyuningsih, W. (2004). Customer Value: Concept, Operationalization and Outcome. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia, 33(8), 3-10

You-Ming, C. (2010). Study on Impact of Experiential Marketing and Customer Satisfaction Based on Relationship Quality. The International Journal of Organizational Innovation, 3(1), 189-209
Published
2020-11-25
Abstract viewed = 2 times
pdf downloaded = 0 times