Keputusan Pembelian Berdasarkan Commercial Advertising
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pengaruh commercial advertising terhadap keputusan pembelian pada CV. Next Chapter Indonesia Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 188 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji simultan iklan strategis dan taktis terhadap keputusan pembelian adalah 250,995 dengan signifikansi sebesar 0,000. Simpulan, secara parsial variabel commercial advertising yang di dalamnya terdapat iklan strategis dan iklan taktis menunjukkan adanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada penjualan produk CV. Next Capter Indonesia. Adapun secara simultan, iklan strategis dan iklan taktis berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian pada penjualan produk CV. Next Capter Indonesia.
Kata Kunci: Commercial Advertising, Keputusan Pembelian
References
Ibtisamah, S. (2016). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi dalam Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Laporan Studi Pustaka (KPM 403). Isntitut Pertanian Bogor
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016): Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Kurniawan, B. D. (2016). Hubungan Persuasi SPG terhadap Keputusan Membeli pada Produk Smartphone. Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya
Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Planet Sports Tunjungan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34
Nuraeni, N. (2009). Pengantar Periklanan dalam Perspektif Komunikasi dan Pemasaran. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten
Riyanto, M. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya terhadap Sikap Merk (Studi Kasus pada Iklan Pond di Kota Semarang). Tesis, Universitas Diponegoro
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset