Keputusan Pembelian Berdasarkan Commercial Advertising

  • Muhammad Fauzan Mujahidy Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Acep Samsudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas pengaruh commercial advertising terhadap keputusan pembelian pada CV. Next Chapter Indonesia Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 188 konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji simultan iklan strategis dan taktis terhadap keputusan pembelian adalah 250,995 dengan signifikansi sebesar 0,000. Simpulan, secara parsial variabel commercial advertising yang di dalamnya terdapat iklan strategis dan iklan taktis menunjukkan adanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada penjualan produk CV. Next Capter Indonesia. Adapun secara simultan, iklan strategis dan iklan taktis berpengaruh signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian pada penjualan produk CV. Next Capter Indonesia.

Kata Kunci: Commercial Advertising, Keputusan Pembelian

References

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Dimensi, 8(1), 54-70

Ibtisamah, S. (2016). Efektifitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi dalam Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Laporan Studi Pustaka (KPM 403). Isntitut Pertanian Bogor

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016): Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kurniawan, B. D. (2016). Hubungan Persuasi SPG terhadap Keputusan Membeli pada Produk Smartphone. Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya

Kwan, O. G. (2016). Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Planet Sports Tunjungan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 27–34

Nuraeni, N. (2009). Pengantar Periklanan dalam Perspektif Komunikasi dan Pemasaran. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten

Riyanto, M. (2008). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan dan Implikasinya terhadap Sikap Merk (Studi Kasus pada Iklan Pond di Kota Semarang). Tesis, Universitas Diponegoro

Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset
Published
2020-11-25
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 1 times