Keputusan Pembelian Berdasarkan Promosi dan Citra Merek
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada CV. Neptuns Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan metode sistem random sampling dimana penulis menyebarkan kuisioner terhadap 80 konsumen. Hasil penelitian menggunakan uji koefesien determinasi menunjukan nilai Adjuster (R2) adalah sebesar 0,517 yang berarti pengaruh promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian adalah 52,9% dan 47,1% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, pengujian koefesien korelasi ganda menunjukan nilai R sebesar 0,728 yang berarti terjadi hubungan yang kuat antara promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan, ditemukan nilai Sig. adalah sebesar 0,000 < 0,05. Simpulan, promosi dan citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Promosi
References
Dane, N., Sukaatmadja, I. P. G., & Budiasa, I. W. (2013). Analisis Pengaruh Biaya Promosi terhadap Nilai Penjualan Produk pada UD. Kopi Bali Banyuatis, Singaraja. Jurnal Manajemen Agribisnis, 1(1), 1-15
Hendariningrum, R. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UPNYK, 6(1), 25-32
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Kotler, P., Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Nurmiyati, N. (2009). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Citra Perusahaan (Studi pada CV. Aneka Ilmu Cabang Cirebon). Tesis. Universitas Diponegoro
Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji di Jawa Timur. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 2(1), 116-123
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Media Komunikasi terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 1(1), 1-8
Suryadi, D. (2011). Promosi Efektif Menggugah Minat & Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT. Suka Buku
Tambunan, J. (2016). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Panorama Motor. Skripsi. Universitas Ciputra