Evaluasi Penerapan Corporate Social Responsibility pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Industri Gula Glenmore (IGG) yang berbentuk program kemitraan dan bina lingkungan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program yang dilaksanakan oleh PT. IGG diantaranya adalah kemitraan, bantuan sarana prasarana dan bantuan pendidikan. Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan CSR PT. IGG adalah Mixed Type. Prinsip yang digunakan dalam pelaksanaan CSR PT. IGG adalah keberlanjutan, pertanggungjawaban dan keterbukaan. Program kemitraan termasuk dalam kategori community development dan bina lingkungan termasuk dalam kategori community philantrophy. Simpulan, pimpinan turut andil dalam pelaksanaan CSR di PT. IGG. Transparansi berupa pelaporan kegiatan CSR dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan cakupan wilayah yaitu pada masyarakat sekitar PT. IGG. Adapun pada kegiatan monitoring yang dilaksanakan masih belum maksimal, dimana terdapat masalah berupa pengembalian pinjaman dari mitra binaan yang terhenti. Pelibatan stakeholder yaitu pada program kemitraan. Hasil nyata ditunjukkan oleh mitra binaan yang sudah berhasil mandiri. Program Kemitraan dan Bina Lingkungan berlanjut setiap tahun.
Kata Kunci: Bina Lingkungan, Corporate Social Responsibility, Program Kemitraan
References
Argenti, P. A. (2010). Corporate Communication. Jakarta: Salemba Humanika
Ariana, P. (2018). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Perusahaan PT. PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara
Azheri, B. (2012). Corporate Social Responsibility. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Chariri, A., & Ghozali, I. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Frynas, J. G. (2009). Beyond Corporate Social Responsibility, Oil Multinationals and Social Challenges. Cambridge: Cambridge University Press
Hadi, N. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu
Harianto, R. C. (2016). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility “Organic Integrated System†PT. Pembangkitan Jawa-Bali Unit Pembangkitan Paiton. Jurnal E-Komunikasi, 4(1), 1-12
Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga
Santoso, M. B., & Raharjo, S. T. (2014). Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sudut Pandang Perusahaan. Share Social Work Journal, 4(1), 13-29
Susanto, A. B. (2009). Reputation-Driven Corporate Social Responsibility. Jakarta: Erlangga
Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT) Nomor 40. (2007). Perseroan Terbatas. https://jabar.bpk.go.id/files/2009/03/UU-40-2007-Perseroan-Terbatas.pdf