Keputusan Pembelian Secara Online Berdasarkan Kelompok Referensi, Keluarga serta Peran dan Status
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, keluarga serta peran dan status terhadap keputusan pembelian pada pengguna Lazada di Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode sampel probability sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 116 kepada para pengguna Lazada di Kota Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji koefisien determinasi dilihat dari nilai R Square adalah sebesar 0,291. Pengaruh kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status terhadap keputusan pembelian secara online pada pengguna Lazada di Kota Sukabumi adalah 29,1% dan sisanya 70,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kemudian berdasarkan uji koefisien korelasi ganda dapat diketahui dari nilai R sebesar 0,540. Berdasarkan uji f nilai probabilitas Sig. 0,00 < 0,05. Simpulan, secara bersama-sama kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun untuk hasil uji t, kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, keluarga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan peran dan status berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kelompok Referensi, Keluarga, Keputusan Pembelian, Peran, Status
References
Asosiasi Pengguna Jaringan Internet Indonesia. (2017). Survei APJII : Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa. https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018
CNBC Indonesia. (2018). YLKI: Lazada Paling Banyak Dikeluhkan Konsumen Selama 2017. https://www.cnbcindonesia.com/news/20180119113118-4-1979/ylki-lazada-paling-banyak-dikeluhkan-konsumen-selama-2017
Databoks.katadata.co.id. (2018). Berita Pengguna E-Commerce Terbanyak di Triwulan Keempat Tahun 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/012/18/lazada-e-commerce-paling-banyak-pengunjung-tw-iv-2018]
Debora, R., Sulistyowati, L., & Musfar, T. F. (2014). Pengaruh Keluarga dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kosmetika Khusus Pria Merek Garnier Men (Studi Kasus di Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2), 1-11
Fitri, A. T. (2017). Pengaruh Peran dan Status serta Konsep Diri Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online pada Chandra Super Store Mall Lampung. Lampung: Repository Unila
Fitriana, D. (2012). Pengaruh Peran dan Status pada Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Belanja Secara Online. Skripsi. Universitas Indonesia
Globalwebindex. (2018). Trends 18, The Trends to Know for 2018. https://www.globalwebindex.com/reports/trends-18
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.lazada.co.id). S1 Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta
Putra, F. D. U. (2017). Analisis Pengaruh Keluarga, Kelompok Rujukan dan Persepsi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Merek Samsung (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Rizal, A. (2010). Analisis Pengaruh Grup Referensi dan Keluarga terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Qwerty terhadap Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey: Pearson Prentice Hall
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Syifa, S., Sulistyowati, L., & Musfar, T. F. (2014). Pengaruh Keluarga dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Konsumen Membeli Kosmetika Khusus Pria (Studi Kasus Merek Nivea Men di Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1(2), 1-15