Minat Beli Berdasarkan Creative Promotion dan Inovasi Produk

  • Selvia Ramdani Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • R. Deni M. Danial Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Nor Norisanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli pada Aneka Bolu Alam Jaya Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sistem random sampling, dimana penulis menyebarkan kuisioner terhadap 86 konsumen. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, koefesien korelasi ganda dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menggunakan uji koefesien determinasi menunjukan nilai Adjuster R2 adalah sebesar 0,518 yang berarti analisis creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli adalah 52,9% dan 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, pengujian koefesien korelasi ganda menunjukkan nilai R sebesar 72,8 yang berarti terjadi hubungan yang kuat antara creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli. Berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan, ditemukan nilai sig. 0,000 < 0,05. Simpulan, creative promotion dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci : Creative Promotion, Inovasi Produk, Minat Beli

References

Dewi, S. T. (2006). Analisa Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Jurnal Magister Manajemen Universitas Diponegoro, 6(1), 102-111

Durianto, D. (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan Efektif. Jakarta: Cetakan Gramedia Pustaka

Firatma, M. D., & Maskan, M. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Konsumen pada Dea Cake and Bakery Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(1), 73-76

Fitriana, S. (2013). Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Citra Merek. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ekonominawan, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15(2), 77-96

Husti, I., & Mahyarni, M., 2019. Islamic Leadership, Innovation, Competitive Advantages and Performance of SMEs in Indonesia. East Asia 36(1), 369-383

Japar, A. (2018). Usaha Mikro Dominasi UMKM di Sukabumi. https://megapolitan.antaranews.com/berita/46322/usaha-mikro-dominasi-umkm-di-sukabumi

Lukas, B. A., & Ferrell, O. C. (2000). The Effect of Market Orientation on Product Innovation. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 239-247

Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86-91

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama

Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 1-8

Setiawati, Y. R. (2017). Pengaruh Kreativitas Iklan terhadap Minat Beli Produk Minuman “Teh Yen Yen”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41-54
Published
2021-02-08
Abstract viewed = 137 times
pdf downloaded = 132 times