Minat Beli Berdasarkan Creative Promotion dan Inovasi Produk
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli pada Aneka Bolu Alam Jaya Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sistem random sampling, dimana penulis menyebarkan kuisioner terhadap 86 konsumen. Teknik analisis yang digunakan penulis adalah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, koefesien korelasi ganda dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menggunakan uji koefesien determinasi menunjukan nilai Adjuster R2 adalah sebesar 0,518 yang berarti analisis creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli adalah 52,9% dan 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, pengujian koefesien korelasi ganda menunjukkan nilai R sebesar 72,8 yang berarti terjadi hubungan yang kuat antara creative promotion dan inovasi produk terhadap minat beli. Berdasarkan hasil uji F yang telah dilakukan, ditemukan nilai sig. 0,000 < 0,05. Simpulan, creative promotion dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci : Creative Promotion, Inovasi Produk, Minat Beli
References
Durianto, D. (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan Efektif. Jakarta: Cetakan Gramedia Pustaka
Firatma, M. D., & Maskan, M. (2016). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Konsumen pada Dea Cake and Bakery Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2(1), 73-76
Fitriana, S. (2013). Pengaruh Efektivitas Iklan terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Citra Merek. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hafni, R., & Rozali, A. (2015). Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ekonominawan, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 15(2), 77-96
Husti, I., & Mahyarni, M., 2019. Islamic Leadership, Innovation, Competitive Advantages and Performance of SMEs in Indonesia. East Asia 36(1), 369-383
Japar, A. (2018). Usaha Mikro Dominasi UMKM di Sukabumi. https://megapolitan.antaranews.com/berita/46322/usaha-mikro-dominasi-umkm-di-sukabumi
Lukas, B. A., & Ferrell, O. C. (2000). The Effect of Market Orientation on Product Innovation. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 239-247
Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 86-91
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama
Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Bisnis, 11(1), 1-8
Setiawati, Y. R. (2017). Pengaruh Kreativitas Iklan terhadap Minat Beli Produk Minuman “Teh Yen Yenâ€. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41-54