Minat Beli Ulang Berdasarkan Customer Experience dan Customer Satisfaction
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sistem random sampling dengan menyebarkan kuisioner kepada 90 orang pelanggan. Hasil penelitian menggunakan uji koefesien determinasi menunjukan bahwa pengaruh customer experience dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang adalah 53,8% dan 46,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, pengujian koefesien korelasi ganda menunjukan bahwa angka R Sebesar 0,734. Berdasarkan hasil uji f yang telah dilakukan, ditemukan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 50,843 > Ftabel 2,36. Adapun uji t yang telah dilakukan menunjukan bahwa Nilai signifikasi yang didapat 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,008 > ttabel 1,66256. Simpulan, customer experience dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Sukabumi. Adapun secara parsial, customer experience dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Sukabumi.
Kata Kunci: Customer Experience, Customer Satisfaction, Minat Beli Ulang
References
BBC News. (2015). Sentra Kue Mochi Sukabumi Diharapkan Bantu Angkat Perekonomian. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/15027_majalah_bisnis_kue_moci
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2018). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Obyek Wisata Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Barat. .https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/475/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-menurut.html
Garg, G., Ruchi, R., & Rahman, Z. (2012). Measuring Customer Experience in Banks: Scale Development and Validation. Journal of Modelling Management, 9(1), 87-117
Irawan, H. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2015). Wisata Kuliner akan Dijadikan Ikon Pariwisata. https://www.kemenparekraf.go.id/post/wisata-kuliner-akan-dijadikan-ikon-pariwisata
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Edisi 15 Global Edition. London: Pearson
Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Leni, Y. (2017). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang. Skripsi. Universitas Sanata Dharma
Meyer, C., & Schwager, A. (2007). Understanding Customer Experience. Harvard Business Review, 85(2), 116-126
Mulyono, B. H., Yoestini, Y., Nugraheni, R., & Kamal, M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 91-100
Nurhayati, N., & Murti, W. M. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat terhadap Produk Handphone. Value Added, 8(2), 48-62
Pantjawati, J. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan di Kartini Restoran Surabaya Plaza Hotel. Masters Thesis. STIE Perbanas Surabaya
Safitri, K. (2017). Analisis Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang di Storia Caffe MMXVI. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 3(1), 66-75
Salim, K. F., Catherine, C., & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen di TX Travel Klampis. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(1), 322-340
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, Edisi 11 Global Edition. England: Pearson Education Limited
Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu