Minat Beli Ulang Berdasarkan Customer Experience dan Customer Satisfaction

  • Wenny Amelina Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Acep Samsudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep M. Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer experience dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sistem random sampling dengan menyebarkan kuisioner kepada 90 orang pelanggan. Hasil penelitian menggunakan uji koefesien determinasi menunjukan bahwa pengaruh customer experience dan customer satisfaction terhadap minat beli ulang adalah 53,8% dan 46,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Selain itu, pengujian koefesien korelasi ganda menunjukan bahwa angka R Sebesar 0,734. Berdasarkan hasil uji f yang telah dilakukan, ditemukan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 50,843 > Ftabel 2,36. Adapun uji t yang telah dilakukan menunjukan bahwa Nilai signifikasi yang didapat 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 5,008 > ttabel 1,66256. Simpulan, customer experience dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Sukabumi. Adapun secara parsial, customer experience dan customer satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pada PD. Mochi Kaswari Lampion Sukabumi.

Kata Kunci: Customer Experience, Customer Satisfaction, Minat Beli Ulang

References

Alamsyah, R. A. (2018). Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Niat Pembelian Ulang di Toko Online. Manajemen Bisnis, 6(2), 158-164

BBC News. (2015). Sentra Kue Mochi Sukabumi Diharapkan Bantu Angkat Perekonomian. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/15027_majalah_bisnis_kue_moci

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. (2018). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Obyek Wisata Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Barat. .https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/475/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-menurut.html

Garg, G., Ruchi, R., & Rahman, Z. (2012). Measuring Customer Experience in Banks: Scale Development and Validation. Journal of Modelling Management, 9(1), 87-117

Irawan, H. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (2015). Wisata Kuliner akan Dijadikan Ikon Pariwisata. https://www.kemenparekraf.go.id/post/wisata-kuliner-akan-dijadikan-ikon-pariwisata

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Edisi 15 Global Edition. London: Pearson

Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Leni, Y. (2017). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang. Skripsi. Universitas Sanata Dharma

Meyer, C., & Schwager, A. (2007). Understanding Customer Experience. Harvard Business Review, 85(2), 116-126

Mulyono, B. H., Yoestini, Y., Nugraheni, R., & Kamal, M. (2007). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Puri Mediterania Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4(2), 91-100

Nurhayati, N., & Murti, W. M. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat terhadap Produk Handphone. Value Added, 8(2), 48-62

Pantjawati, J. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan di Kartini Restoran Surabaya Plaza Hotel. Masters Thesis. STIE Perbanas Surabaya

Safitri, K. (2017). Analisis Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang di Storia Caffe MMXVI. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis, 3(1), 66-75

Salim, K. F., Catherine, C., & Andreani, F. (2015). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen di TX Travel Klampis. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(1), 322-340

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior, Edisi 11 Global Edition. England: Pearson Education Limited

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Published
2020-11-12
Abstract viewed = 225 times
pdf downloaded = 215 times