Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, dan Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe 67 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

  • Muhammad Khaberun Al Faruq Universitas Muhammadiyah Jember
  • Seno Sumowo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaidah Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

The purpose of this study is to understand the influence of service quality, brand image, and product differentiation on purchasing decisions at Cafe 67 Kencong District, Jember Regency. The population in this study were visitors to Cafe 67 who made purchases at Cafe 67 Kencong in Jember Regency. The purposive sampling method is carried out with the step of disseminating questions through a questionnaire to visitors to find out the answers that have been filled out. The total population of this study is large and unlimited. Therefore, the sample to be studied amounted to 100 respondents. This study uses primary data and multiple linear regression analysis as an analytical tool that aims to understand the influence of free variables on bound variables. The results of the study from multiple linear regression tests showed that service quality, brand image, and product differentiation showed a significant positive influence on purchasing decisions. From the results of the study, it can be concluded that good service quality, a quality brand image, and high product differentiation will improve the purchasing decision of Cafe 67 Kencong, Jember Regency.

Keywords: Brand Image, Product Differentiation, Service quality and Purchase Decision.

References

Aditya, R. R., & Santoso, S. B. (2011). Analisis pengaruh kesadaran merek, keragaman menu, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen untuk membeli di Pizza Hut DP Mall Semarang. (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96-107.

Apriyadi, A., Muslihat, A., & Siregar, S. (2021). Pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada cafe limasan. FORUM EKONOMI. Vol. 23 No. 3, pp. 421-430.

Cyasmoro, V., & Puspita Anggraeni, S. (2020). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian di Delicio Bakery Café Tebet Jakarta. STEIN eRepository, 15 (1).

Diasari, S. A., & Oetomo, H. W. (2016). Pengaruh harga, produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(12).

Ghozali, I. (2015). Analisis Multivariat Dengan Menggunakan SPSS V. 23. Semarang: UNDIP.

Haqiqi, F., & Khuzaini, K. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, atmosfer toko dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(4).

Kartika, R. P., Aryati, I., & Widayanti, R. (2019). Pengaruh brand image, gaya hidup, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Café Tiga Tjeret di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Kertajaya, H. (2006). Marketing Plus 2000/SC Siasat Memenangkan Persaingan Global. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edition 14, England: Pearson Education

Kotler, Philip & Garry Amstrong. 2012. Principles of Marketing. 11th Edition.Pearson International Edition. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, P. 2010. Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Nasrullah, Z. S., & Tresnati, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Pelanggan Dipresso Coffee Shop Bandung. Prosiding Manajemen, 771-779.

Pratama, T. A. (2020). Analisis pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada UD Mahkota Buah Kecamatan Tegaldlimo Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Peter, J.P., dan Olson, J.C., 2000, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Ratela, G. D., & Taroreh, R. (2016). Analisis strategi diferensiasi, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Rumah Kopi Coffee Island. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Sahetapy, J. P. (2013). Diferensiasi produk, strategi merek, pengaruhnya terhadap keputusan pembelian meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Sungadji dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama, Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh brand, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pelanggan membeli di kedai kopi gudang imaji manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Andi Offset. Yogyakarta.

Wiwaha. (2019). Pengaruh diferensiasi produk dan bauran promosi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Goodtea di Gajah Mada Plaza. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, Volume 2 Nomor 1 Maret 2019.
Published
2022-12-18
Abstract viewed = 155 times
PDF downloaded = 187 times