Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi melalui Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak

  • Novi Khoiriawati UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Dianita Meirini UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstract

This research aims to prove whether there is an influence on the quality of tax services and taxpayer awareness of the compliance of private taxpayers in Tulungagung Regency. The number of samples used in the study was 245. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that there was a positive influence between the quality of tax services on taxpayer compliance. In conclusion, the better the quality of tax services, the higher the compliance of taxpayers. There is a positive influence on taxpayer awareness of taxpayer compliance. This shows that the higher the satisfaction felt by taxpayers, the higher the compliance of taxpayers.

Keywords: Compliance, Taxpayer Awareness, Tax Services

References

Asri, W. M. (2009). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Skripsi. Universitas Udayana, Bali

Direktur Jenderal Pajak. (2012). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.03/2012 Tentang Tata Cara Penetapan Wajib Pajak dengan Kriteria Tertentu dalam Rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2012/74~PMK.03~2012PerLamp.pdf

Hanifatusa’idah, Y., Diana, N., & Mawardi, C. M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi di Kota Malang. E-Jra, 08(01), 1–13. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/2384

Hisconsulting, H. (2020). Rasio Kepatuhan Pajak 2019 Mencapai 73%. https://hisconsulting.co.id/id/rasio-kepatuhan-pajak-2019-mencapai-73

Keller, K., dan Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lovelock, C. H, Widyantoro, A., Samosir, M., & Wright, L. K. (2005). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang

Mangoting, Y., & Sidjiarto, A. (2013). Pengaruh Postur Motivasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 15(2), 106-116. https://doi.org/10.9744/jak.15.2.106-116

Ma’ruf, M. H., & Supatminingsih, S. (2020). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 142–151. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.641

Nugroho, R. A. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak(Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang). Thesis. Universitas Diponegoro, Semarang

Nugroho, R. A. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemauan untuk Membayar Pajak dengan Kesadaran Membayar Pajak Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Pekerjaan Bebas yang Terdaftar di KPP Pratama Semarang Tengah Satu). Diponegoro Journal of Accounting, 1(2), 1-11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/351

Nurmantu, S. (2003). Pengantar Perpajakan, (2nd ed.). Jakarta: Granit

Olivia, G. (2019). OECD: Tax Ratio Indonesia terendah di antara negara Asia dan Pasifik. https://nasional.kontan.co.id/news/oecd-tax-ratio-indonesia-terendah-di-antara-negara-asia-dan-pasifik

Putri, B. N., & Septriana, I. (2020). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya Melalui Pemeriksa Pajak, Kesadaran dan Kualitas Pelayanan pada KPP Pratama Semarang Barat. Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33633/jpeb.v5i1.3229

Santoso, S. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Sari, I. P. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kota. Thesis. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta

Sari, P., & Ayu, V. (2017). Pengaruh Tax Amnesty, Pengetahuan Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya

Sitorus, R. J. (2013). Dampak Penggunaan Blackberry Messenger Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMK Negeri 1 Samarinda dalam Berbelanja Online. E-journal Ilmu Komunikasi, 1(4), 28-37. http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/11/ejournal_rezki%20julia%20(11-01-13-07-05-07).pdf

Suardhika, I. M. S. (2007). Mengenal Siapa Aku dalam Membangun atau Mengembangkan Ilmu Pengetahuan (=Akuntansi). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10(2), 119-126. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/download/16827/11094/
Published
2022-06-24
Abstract viewed = 111 times
pdf downloaded = 100 times