Lokasi, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian

  • M. Al Kindy Dimas Ali Ghufron Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bayu Wijayantini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wahyu Eko Setianingsih Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

This study aims to determine the effect of location, service quality and word of mouth communication on purchasing decisions at Bumdes Mini Market Trijaya Balung Lor. This research method is descriptive quantitative. Data collection techniques using interviews and questionnaires to 100 respondents with purposive sampling technique. The results showed, a) there was a significant influence between location on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05); b) there is a significant influence between service quality on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05); c) there is a significant influence between word of mouth communication on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05). In conclusion, capable location, service quality, and word of mouth communication became one of the factors driving purchasing decisions at Bumdes Trijaya Balung Lor.

 

Keywords: Purchase Decision, Service Quality, Location, Word of Mouth Communication

References

Arianto, D. P. H., & Satrio, B. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere terhadap keputusan Pembelian Kopisae. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(5), 1-23. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3079/3095

Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(1), 1-10. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/668/586

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish

Gama, A. W. S., Rustiarini, N. W., & Anggraini, N. P. N. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 11(1), 22–30. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/118

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut Word of Mouth Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, (13 th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, (3th ed.). Jakarta: Erlangga

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 90-91. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756

Latief, R. (2018). Word Of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Levy, L., & Weitz, W. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Masturi, H., & Hardini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Karate-Gi Merek Hokido di Lima Dojo Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 87-98. http://dx.doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508

Nurhaeni, N. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth dan Lokasi terhadap Keputusan Pemakaian Jasa pada Bengkel Honda Jakate Motor Tangerang. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang

Nurlia, L. (2020). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jursistekni (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 2(3), 1–12. https://jursistekni.nusaputra.ac.id/article/download/75/41

Patmala, H., & Fatihah, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154-1170. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp1154-1170

Pratiwi, R. Y. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. JOM FISIP, 4(1), 1-15. https://media.neliti.com/media/publications/131784-ID-pengaruh-word-of-mouth-communication-ter.pdf

Putri, M. A. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Store Atmosphere, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Warunk Upnormal Cinere. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. Jombang: LPPM

Safitasri, C., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Berkunjung. UNKN Values Stakeholders, 6(3), 221–241. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/17500

Saputra, A. E. (2014). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Penumpang Bus Pariwisata. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro

Senggetang, V., Mandey, S. L., dan Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. JurnaL EMBA, 7(1), 881-890. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916

Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa, (1st ed.). Malang: Bayumedia Publishing

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, (3rd ed.). Yogyakarta: Andi
Published
2022-06-29
Abstract viewed = 79 times
pdf downloaded = 124 times