Lokasi, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian
Abstract
This study aims to determine the effect of location, service quality and word of mouth communication on purchasing decisions at Bumdes Mini Market Trijaya Balung Lor. This research method is descriptive quantitative. Data collection techniques using interviews and questionnaires to 100 respondents with purposive sampling technique. The results showed, a) there was a significant influence between location on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05); b) there is a significant influence between service quality on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05); c) there is a significant influence between word of mouth communication on purchasing decisions with a significance level of 0.000 (p <0.05). In conclusion, capable location, service quality, and word of mouth communication became one of the factors driving purchasing decisions at Bumdes Trijaya Balung Lor.
Keywords: Purchase Decision, Service Quality, Location, Word of Mouth Communication
References
Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(1), 1-10. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/668/586
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish
Gama, A. W. S., Rustiarini, N. W., & Anggraini, N. P. N. (2016). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati). Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 11(1), 22–30. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/pariwisata/article/view/118
Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut Word of Mouth Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran, (13 th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, (3th ed.). Jakarta: Erlangga
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 90-91. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Latief, R. (2018). Word Of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendekia
Levy, L., & Weitz, W. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Masturi, H., & Hardini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Karate-Gi Merek Hokido di Lima Dojo Wilayah DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 87-98. http://dx.doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508
Nurhaeni, N. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth dan Lokasi terhadap Keputusan Pemakaian Jasa pada Bengkel Honda Jakate Motor Tangerang. Skripsi. Universitas Diponegoro, Semarang
Nurlia, L. (2020). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Pengunjung di Minimarket Menggunakan Metode Regresi Linier. Jursistekni (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 2(3), 1–12. https://jursistekni.nusaputra.ac.id/article/download/75/41
Patmala, H., & Fatihah, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di UKM Mart Kartika Widya Utama. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154-1170. https://doi.org/10.31955/mea.vol5.iss3.pp1154-1170
Pratiwi, R. Y. (2017). Pengaruh Word of Mouth Communication terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. JOM FISIP, 4(1), 1-15. https://media.neliti.com/media/publications/131784-ID-pengaruh-word-of-mouth-communication-ter.pdf
Putri, M. A. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Store Atmosphere, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Warunk Upnormal Cinere. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. Jombang: LPPM
Safitasri, C., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Berkunjung. UNKN Values Stakeholders, 6(3), 221–241. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/17500
Saputra, A. E. (2014). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Penumpang Bus Pariwisata. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro
Senggetang, V., Mandey, S. L., dan Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. JurnaL EMBA, 7(1), 881-890. https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916
Tjiptono, F. (2007). Pemasaran Jasa, (1st ed.). Malang: Bayumedia Publishing
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, (3rd ed.). Yogyakarta: Andi