Analisis Pengaruh Brand Ambassador dan Harga pada Aplikasi Ruang Guru terhadap Minat Beli Konsumen pada SMAN 03 Jember

  • Husen Randi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Akhmad Suharto
  • Tatit Diansari Reskiputri

Abstract

This study aimed to determine and analyze the brand ambassador and the price of the Ruangguru application that had a significant effect on the buying interest of SMAN 03 Jember students. This type of research is explanatory research. The population in this study were all students of SMAN 03 Jember, totaling 1040. The sample used was 91 respondents using the purposive sampling technique. The analysis tool uses multiple linear regression. The study's results prove that the brand ambassador and price on the Ruangguru application significantly affect buying interest in SMAN 03 Jember students.

 

Keywords: Brand Ambassador, Price, Buying Interest

References

Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Destiani, G. P., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Di Bandung. eProceedings of Management, 7(1).

Fauzan, A., & Rohman, A. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 104-113.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Multivarie dengan Program IBM SPSS. BP Universitas Diponegoro.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 140-156.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua belas.jilid 1. PT Index. kelompok Gramedia. Jakarta.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 90-99.

Melinda, V., Artina, N., & Lestari, R. B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Brand Ambassador, dan Word Of Mouth (Wom) terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skincare Nature Republic di Kota Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 111-121.

Prastiwi, F. T. R., Ratnaningsih, C. S., Windhyastiti, I., & Khouroh, U. (2020). Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga terhadap Purchase Intention. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 7(1).

Prawira, R. Yogie, Slamet Mulyana & Teddy Kurnia Wirakusumah. (2012). Hubungan Karakteristik Brand Ambassador Honda Spacy Helm In Dengan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen. Volume 1 nomor 1. Bandung: Universitas Padjajaran.

Ruangguru (2021, Januari 01). Jumlah Pengguna Aplikasi Ruangguru. Diambil kembali dari https://www.ruangguru.com/

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2014). Service, quality, & satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wardani, A. A. K & Istiyanto, B. (2022). Peran Brand Ambassador, Brand Image, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Co-Branding Samsung X Bts )”. Jurnal Ilmiah Edunomika, Volume 06 No. 1, 551-557.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh harga, citra merek dan kualitas terhadap minat beli produk private label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 87-96.

Yoel, D. A., Massie, J. D., & Tielung, M. V. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador terhadap Minat Beli Konsumen di Era New Normal Pandemi Covid-19 pada Baskin-Robbins Manado Town Square. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 136-144.
Published
2022-10-15
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times