Pengaruh Strategi Pertambahan Nilai terhadap Daya Saing Produk Kewirausahaan

  • Amin Silalahi Universitas Argopuro Jember
  • M. Rudy Sumiharsono Universitas Argopuro Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peningkatan nilai tambah terhadap daya saing produk kewirausahaan pupuk organik A3N 766HI Fakultas Sains dan Teknologi UNIPAR Jember. Populasi penelitian berjumlah 11 orang berdasarkan responden yang mengikuti pelatihan online. Metode analisis yang digunakan adalah uji linier sederhana dengan uji hipotesis setelah melakukan uji metode asumsi klasik. untuk melihat apakah alat pengumpulan data melalui kuesioner dapat dipergunakan dengan cara mentetapkan apakah data yang sudah diperoleh sudah valid dan reliable datanya dari 11 responden.  Hasil dari penelitian ini adalah strategi kreativitas, diferensiasi, strategi inovasi untuk meningkatkan nilai tambah: common value, added value, creativity value dan inovasi value menjadi bertambah kepada outcome value (X) berpengaruh positif terhadap daya saing produk kewirausahaan FST (Y) dengan total pengaruh sebesar 82,3%. Pengaruh positif ini bermakna bahwa semakin meningkatknya nilai tambah maka akan berpengaruh terhadap daya saing produk kewirausahaan FST yaitu A3N 766HI. Simpulan penelitian ini adalah daya saing produk kewirausahaan membuat produk dapat berkompetisi dengan para pesaing di pasar.

References

Azmita, N., Mutiara, V. I., & Hidayat, R. (2019). Analisis Nilai Tambah dan Profitabilitas Usaha Tahu Alami Di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. JOSETA: Journal of Socio-economics on Tropical Agriculture, 1(3)

Gani, L., & Jermias, J. (2006). Investigating the effect of board independence on performance across different strategies. The international journal of accounting, 41(3), 295-314

Kotler, P., & G, Armstrong (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nagel, P. J. F. (2016). Pengembangan Jiwa dan Kecerdasan Wirausaha untuk Kemandirian Bangsa. Seminar Nasional IENACO – 2016, ISSN: 2337 – 4349

Sanusi, A., & Lestari, W. R. (2017). Memetahkan Model Determinasi Perspektif Sustainability di Perguruan Tingi Kota Bandar Lampung Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, No. 1, pp. 559-585).

Widiyanto, J. (2010). SPSS For Windows untuk analisis data statistik dan penelitian. Surakarta: Bp-Fkip Ums, 51.
Published
2022-10-05
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 47 times