Menjelajahi Nirwana Akademik Analisis Keberhasilan Universitas Muhammadiyah Jawa Timur dalam Memenangkan Hati Mahasiswa Melalui Kompetensi Staff Akademik, Keandalan Layanan dan Kilau Reputasi

  • Rosi Avinda Intan Sari Unversitas Muhammadiyah Jember
  • Dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arik Susbiyani Universitas Muhammadiyah Jember

Abstrak

This research aims to analyze the influence of the variables of Academic Staff Competence, Service Reliability, and University Reputation on Student Satisfaction in Muhammadiyah Universities in East Java using hypothesis testing method with the assistance of SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) software. Data collected from 240 student respondents were analyzed to test the impact of these variables on student satisfaction. The SPSS analysis results show that all three variables, namely Academic Staff Competence, Service Reliability, and University Reputation, both simultaneously and partially, have a significant positive influence on student satisfaction. These findings have significant implications for higher education institutions, especially in designing strategies to improve service quality, develop academic staff competence, and enhance university reputation collectively.

 

Keywords: Academic Staff Competence, Muhammadiyah Universities in East Java, University Reputation, Student Satisfaction, Service Reliability.

Referensi

Aji, H., & Rofiq, Z. (2017). HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PROFESIONAL GURU DENGAN KEPUASAN SISWA KELAS X SMK NASIONAL BERBAH JURUSAN TEKNIK PEMESINAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, Volume 5, Nomor 5.

Asnawi, N., & Setyaningsih, N. D. (2020). Perceived service quality in Indonesian Islamic higher education context: A test of Islamic higher education service quality (i-HESQUAL) model. Journal of International Education in Business, 13(1), 107–130. https://doi.org/10.1108/JIEB-11-2019-0054

Astuti, E., Kustiyah, E., & Hartono, S. (2019). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN ATAS KUALITAS PELAYANAN PADA PT AUTOMOBIL JAYA MANDIRI WULING DI SURAKARTA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 3(02). https://doi.org/10.29040/jie.v3i02.634

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 20. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartanto, C. F. B. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasajana.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1 & 2 (Edisi Ke 12). Jakarta: PT. Indeks.

Mentang, J. J. J., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MARINA HASH IN MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19. 9(4).

Najmi, F. (2017). PENGARUH KEANDALAN DAN PROSEDUR PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR URUSAN AGAMA LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2). https://doi.org/10.35972/jieb.v3i2.102

PDDikti. (2023). PDDikti—Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. https://pddikti.kemdikbud.go.id/

Purba, A., Girsang, S. E. E., & Haloho, D. F. (2023). IMPLEMENTASI HASIL PEMBELAJARAN DAN PERANANNYA DALAM INTERAKSI GENERASI DIGITAL NATIVE DI MEDIA SOSIAL. 11(1).

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Rahmat, A. (2020). Metodologi Penelitian, Pendekatan Multidisipliner (Edisi Pertama Bahasa Indonesia). Gorontalo: Ideas Publishing.

Shahin, D. A. (2007). SERVQUAL and Model of Service Quality Gaps: Department of Management, University of Isfahan, Iran.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Susetyo, D. P., Pranajaya, E., Setiawan, T., & Suryana, A. (2022). Kualitas Pelayanan Akademik dan Citra Institusi sebagai Determinan Kepuasan Mahasiswa. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(4). https://doi.org/10.55927/fjas.v1i4.1250

Syefudin, S. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DAN KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PASCASARJANA INSTITUT PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QURAN (PTIQ) JAKARTA. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 77–102. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.49

Tambak, A. B. S., & Lubis, Y. (2022). Potensi Pendidikan dan Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Ulumahuam. Jurnal Edukasi Non Formal.

Wijana, I. K., & Dwi Rusiawati, R. T. H. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Mimbar Ilmu, 26(2), 268. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.34538

Zaputera, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS KONSUMEN. 5(2).
Diterbitkan
2023-12-31
Abstrak viewed = 0 times
pdf (English) downloaded = 3 times