Fenomena Viral Marketing terhadap Pembelian Ulang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fenomena viral marketing terhadap pembelian ulang pada Holland Bakery Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif jenis nonprobability atau convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 81 orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, termasuk uji koefisien determinasi dan koefisien korelasi ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji koefisien determinasi menunjukkan nilai (Adjust R2) sebesar 0,512 dengan persentase viral marketing terhadap pembelian ulang adalah sebesar 51,2% sedangkan sisanya 0,488 (48,8%) dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain diluar penelitian ini. Simpulan, viral marketing berpengaruh secara simultan terhadap pembelian ulang.
Kata Kunci: Fenomena, Pembelian Ulang, Viral Marketing
References
Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Park, I., Bhatnagar, A., & Rao, H. R. (2010). Assurance Seals, On-Line Customer Satisfaction, and Repurchase Intention. International Journal of Electronic Commerce, 14(3): 11-34
Siyamtinah, S., & Hendar, H. (2015). Meningkatkan Pembelian Ulang Melalui Kepercayaan dan Kepuasan pada Pembelanjaan Online. 2nd Conference in Business, Accounting and Management, 2(1), 435-448
Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wiludjeng, S., & Nurlela, T. S. (2013). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada PT. X. Proceeding Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL. Surakarta