Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Kopi Melati Ciputat

  • Muhamad Fikri Darmawan Universitas Pamulang
  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Universitas Pamulang

Abstract

This study aims to determine the influence of promotion and product quality on the purchase decision of Kedai Kopi Melati products. The method used is a quantitative descriptive method with an associative approach. The sampling technique used is Probability Sampling, a sampling method using the Lemeshow formula. Data analysis uses regression analysis, correlation coefficient analysis, determination coefficient analysis and hypothesis testing. The results of this study are Product Quality (X1) and Promotion (X2) have a positive and significant effect on Purchasing Decisions (Y) with a regression equation Y = 9.678 + 0.113X1 + 0.696X2. The coefficient of determination simultaneously affects 61%. The hypothesis test partially obtained a promotion rate of tcount > ttable or (2.354 > 1.986). Then H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there is a positive and significant influence between the independent variable, namely Product Quality (X1) and Purchasing Decision (Y). Product Quality numbers of tcount > ttable or (12,174 > 1,986). Then H0 is rejected and H2 is accepted. This means that there is an influence between the independent variable, namely Promotion (X2) and Purchase Decision (Y). Test the hypothesis obtained the value of Fcalculate > ttable or (77.571 > 2.700) Thus H0 is rejected and H3 is accepted, meaning that the Quality of Promotion (X1) and Promotion (X2) together have a positive effect on Purchase Decision (Y).

 

Keywords: Product Quality, Promotion, Purchase Decision.

References

Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Alifia, H. N., Lutfie, H. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kaos Kaki Pada PT. Soka Cipta Niaga. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 388-395.

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca, 4(1), 26- 40.

Amandin (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Prabumulih. Management Studies and Entrepreneurship Journal. 2(2), 113-122

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artana, I. N., Suardhika, I. N., & Hendrawan, I. G. (2021). Penerapan E– commerce, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Dalam Menentukan Customer Retention Di Pizza Hut Delivery Pada Kawasan Kota Denpasar. Jurnal EMAS, 2(2). 119-134.

Assauri, S., 2015. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Assauri, S., 2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Bairizki, A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD Ratna Cake & Cookies). Jurnal Valid, 14(2), 71-82.

Bilson, Simamora. 2016. Riset Pemasaran, Jakarta, Gramedia Utama.

Darmadi, Hamid. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dharmmaesta, Basu Swastha, (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Dwinanda, G., Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6 (1), 120-136.

Endaryono, Djuhartono (2017). Indikator Pembangunan Pendidikan Untuk Masyarakat Berkelanjutan Dengan Pendidikan Berkarakter di Indonesia. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4 (3), 301-306

Firmansyah, Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).
Yogyakarta: Deepublish.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P 2014. Manajemen sumber daya manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Irum. (2016). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Rumah Pada Perumahan D’Cassablanca di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 4 (2), 590-604.

Jiwuk, P.M. (2019). Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jumputan Maharani Yogyakarta. Jurnal EBBANK, 10 (2), 65-72.

Jelita, R., Simanjuntak, D., C. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Coklat pada PT. Permata Niaga Medan. Jurnal Interprof, 6 (1), 16-25

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip dan Keller, terjemahan Bob Sabran. (2016).

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1, Terjemahan Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, N.K., (2009), Riset Pemasaran, Edisi keempat, Jilid 1, PT Indeks, Jakarta

Malau Herman, (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung.

Melati, (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Simpatik Cabang Unaaha Kabupaten Konawe. Jurnal GeoEkonomi. 12(1), 1-16

M.B.A. Achmad Kabiru Raffie, S.E., Said. (2017). Manajemen Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Pasaribu, R., Sianipar, I.L., Siagian, Y., Sartika, V. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Soyjoy PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(1), 45-52

Priansa, Donni Junni, (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Rakasiwi, A.G, Suprihhadi, H. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(11), 2-15.

Riyanto, S., dan Hatmawan, A.A., (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, Dan Eksperimen. Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Rizqillah, M., Kurniawan, P.H., (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perlengkapan Bayi Snobby Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Core IT, 8(1), 95-106.

Rizan, M., Handayani, K., dan Kresnamurti., (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Banding Konsumen Indomie dan Mie Sedaap). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 457-478

R. Terry, George dan leslie W. Rue. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Askara.

Sari, N. (2018). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Artha Retailindo Perkasa. PRIMANOMIS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS. 16(2). 61-69

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sanjaya, S., (2015). Pengaruh Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisni, 16(2), 108-122

Sarwono, Jonathan. (2014). Metode Riset Online: Teori, Praktik, dan Pembuatan Aplikasi. Jakata: Elex Media Komputindo

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Septiani, F., Robianto,. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis. 4(1), 21-27

Sinambow, S., Trang, I. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Computer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 300-311.

Stanton, William J. 2016. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Sudarsomo, A., Nelsi, M., dan Hasanudin., (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kewpie Salad Dressing pada PT. Kewpie Indonesia. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(3), 7-14

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sunyoto, Danang. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Susanti, D., Purba, D. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Daisy Organic di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL, 3(4), 1-10.
Published
2024-05-25
Abstract viewed = 15 times
pdf downloaded = 7 times