Pengaruh Kualitas Produk, WOM, Komunitas Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Keripik Sukun Sedap Malam di Masa Pandemi di Dusun Setimbo Desa Jatibanteng kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo

  • Masluhah S Masluhah S Universitas Muhammadiyah Jember
  • Maheni Ika Sari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Keputusan pembelian adalah suatu konsep perilaku pembelian dimana seorang konsumen memutuskan untuk melakukan sesuatu atau melakukan sesuatu. Salah satu faktornya adalah kualitas dari produk, perbincangan dari mulut kemulut (Word Of Mouth) dan juga komunitas pelanggan. Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif kuantitatif. Populasi   dan   sampel penelitian  adalah konsumen yang telah membeli produk keripik sukun sedap malam di Dusun Setimbo Desa Jati Banteng Kecamatan Jati Banteng Kabupaten Situbondo (populasi heterogen) minimal 97 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah  menggunakan  analisis linier berganda.   Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa kualitas produk dan komunitas pelanggan berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik sukun sedap malam, seddangkan WOM tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian keripik sukun sedap malam.

 

Kata kunci: keputusan pembelian, WOM, kualitas produk.

References

Adnyana, I. P. W., & Seminari, N. K. (2018). Pengaruh Lifestyle, Efek Komunitas dan Fitur Produk Terhadap Bran Switching Warung Internet ke Wifi Id Corner (Studi pada Wifi Id Corner di Denpasar). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i2.27

Alfiana, A. S. (2019). Mediasi Kepuasan Pelanggan dalam Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Word of Mouth Pelanggan Mie Kober Cabang Jember. In Digital Repository Universitas Jember. Universitas Negeri jember.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (9th ed.). Alfabeta.

Citra, N., Soraya, T., & Marlena, N. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bakso Boedjangan Di Surabaya. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (Jpim) Https://Jurnalekonomi.Unisla.Ac.Id/Index.Php/Jpim, 5(3), 229–245.

Dewi, F. (2020). Pengaruh iklan, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian top white coffee pada masyarakat kelurahan gajah sakti kecamatan mandau kabupaten bengkalis. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Khasyim Riau.

Harahap, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Cepat Saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. Manajemen Tools, 7(1), 77–84.

Hilmiya, N. (2019). Pengaruh Komunitas, Fitur, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian HP Smartphone 4G (Studi Kasus di Counter HP AD Cellular Jepang Mejobo Kudus) (Vol. 05). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 127–143.

Kartajaya, H. (2010). The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Esensi.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (8th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Lukmanul, H., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan). Journal of Management Studies, 15(2), 204–214.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teoti dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional sampai Era Modernisasi Global. CV Alfabeta. http://perpus.bandungkab.go.id/opac/detail-opac?id=6477

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (1st ed.). Erlangga.

Prasetyo, A., & Lamusa, A. (2020). Analisis Titik Pulang Pokok Usaha Keripik Sukun pada CV. Duta Agro Lestari di Kota Palu. Jurnal Agrotekbis, 8(6), 1340–1348.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif (p. 195). Zifatama Publishing.

Rahayu, E., & Setiawati, S. D. (2020). Community Relations Cafe Komunitas Bober Cafe Terhadap Komunitas Di Kota Bandung. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(2), 160–172.

Rizal, S. (2021). Analisis Bauran Pemasaran Keripik Sukun Lemer [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu]. In Industry and Higher Education (Vol. 3, Issue 1). http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen (1st ed.). Andi.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p07

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen (7th ed.). Indeks.

Sebayang, W. W. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Deux Scarves pada Mahasiswi Universitas Sumatera Utara. In Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota (Vol. 1, Issue 3). Universitas Sumatera Utara.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Impikasi Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Graha Ilmu.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi. Remaja Rosdakaya.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.

Wahid, M. I. (2021). Analisis Knowledge Acquisition pada Bisnis Kuliner di Kota Bogor. 8(1), 107–120.

Wati, Y., Musringah, & Sukma, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Singkong Pilla CV. Kembang Jaya di Lumajang. E-Journal Riset Manajemein Riset, 1(2), 178–185. http://liputan6.com/bisnis/read/

Widyastuti, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Store Atmosphare, Dan Reference group Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Komika Malang (Studi Pada Konsumen Cafe Komika Yang Tergabung Dalam Komunitas). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2), 1–23.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (1st ed.). Kencana.
Published
2024-06-20
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 1 times