Pengaruh Live Streaming Selling, Diskon, Gratis Ongkir dan Cash on Delivery terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee

  • Dyeo Setya Arwana Universitas Islam Lamongan
  • Nanto Purnomo Universitas Islam Lamongan

Abstract

This research aims to examine the influence of various factors on purchasing decisions in the e-commerce platform Shopee. Through data collection and analysis, the following conclusions are drawn: Firstly, live streaming selling significantly impacts purchasing decisions on Shopee, indicating an increase in the number of purchases when live streaming selling is utilized. Secondly, discounts have a positive and significant effect on purchasing decisions, as offering discounts or price reductions increases the likelihood of purchases on Shopee. Thirdly, free shipping vouchers significantly influence purchasing decisions, demonstrating that providing free shipping incentives can boost the number of purchases on Shopee. Lastly, cash on delivery (COD) also positively affects purchasing decisions on Shopee, as it facilitates transactions and contributes to higher purchase rates. These findings shed light on the importance of various marketing strategies in driving consumer behavior on e-commerce platforms like Shopee.

 

Keywords: Cash On Delivery, Free Shipping Discounts, Live Streaming Selling, Purchase Decisions, Shopee.

 

References

Ahdiat, A. (2023, Okt 11). Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain?. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish /2023/10/11/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain.
Ahira, A. (2012). Pengertian Kontribusi. Kencana

Amstrong, G. & Kotler. P., (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Prenhalindo.

Annur, C. M. (2023, Sep 20). Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia. Databoks. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/09/20/Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Tembus-213-Juta-Orang-Hingga-Awal-2023.

Asyraf, J. A., Melyanti, E. D., Turgarini, D., & Ningsih, C. (2022). Tren live streaming di platform e-commerce: seni berkomunikasi dalam memberi efek persuasif pada customer. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4745–4750.

Avivi, R. (2022). Manajemen pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan citra positif pelanggan di sdn pakunden 3 kota kediri. doctoral dissertation, iain kediri. Diakses tanggal 10 Januari 2024 pada laman https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5212.

Batlajery, S. (2016). Penerapan fungsi-fungsi manajemen pada aparatur pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Unmus, 7(2), 135-155.
Deepublish.

Dewi, A. M. (2021). Optimalisasi aplikasi e-commerce shopee food sebagai media pemasaran umkm di masa pandemi covid 19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 77-80.

Fitriyani, Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus E-Commerce “Shopee”). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555.

Hu, M. (2020). Enhancing consumer engagement in e-commerce live streaming via relational bonds. Internet Research, 30(3), 1019–1041.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Isnaini, A. (2005). Model Dan Strategi Pemasaran. NTP Press.

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288-298.

Kotler & Keller. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Erlangga

Kotler, & Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (6th ed.). Andi Offset.

Lestari, S. R. I. (2021). Pengaruh live streaming, brand awareness, desain web dan brand image terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee di jakarta pusat. Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala. Diakses tanggal 26 Januari 2024 pada laman https://www.neliti.com/id/publications/497462/pengaruh-live-streaming-brand-awareness-desain-web-dan-brand-image-terhadap-kepu#cite.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162-165.

Mayangsari, M., & Aminah, S. (2022). Pengaruh penilaian produk, promosi dan layanan COD (Bayar di tempat) Terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of economics and business, 6(2), 498-505.

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975-984.

Nainggolan, N. P., & Heryenzus, H. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dalam membeli rumah di kota batam. Jurnal Ilmiah: Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 41–54.

Netrawati, I. G. A. O., Nuada, I. W., & Syakbani, B. (2022). The influence of live streaming video on consumer decisions. Sentralisasi, 11(2), 159–168.

Nur, A., & Arnu, A. P. (2021). pengaruh promosi dan harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen. In Forum Ekonomi, 23(3), 383-390.

Permana, D. I. (2017). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk lantai kayu dan pintu pt. piji di jawa timur. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 116-123.

Prihastama, B. V. (2016). Pengaruh price discount dan bonus pack terhadap impulse buying pada pelanggan minimarket (studi pada pelanggan minimarket indomaret jl. demangan baru, depok, sleman, yogyakarta). Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses tanggal 29 Januari 2024 pada laman http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35466.

Putri, N. M., & Sudaryanto, B. (2022). Analisis pengaruh price discount dan daya tarik iklan pada aplikasi e-wallet terhadap pembelian implusif konsumen generasi z. Jurnal Of Management, 11(2), 1-13.

Rachmawati, S. (2019). Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan dan keberagaman produk pakaian terhadap keputusan pembelian secara online (studi kasus pada mahasiswa pengguna belanja online fakultas ekonomi universitas islam lamongan). Skripsi Sarjana, Universitas Islam Lamongan.

Radji, D. L., & Kasim, S. (2020). Pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pembelian pada delizza pizza kota gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 17-26.

Rahmawati, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). pengaruh live streaming selling, review product, dan discount terhadap minat beli konsumen pada e-commerce “shopee”. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80-93.

Ramadhayanti, A. (2023). Penggunaan fitur live streaming sebagai marketing communication dan leadcustomer terhadap peningkatan penjualan. Manajemen Dewantara, 7(1), 117-128.

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh promosi diskon dan gratis ongkir shopee terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482-491.

Riyanto, S., & Hermawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish

Santoso, W. B., Widodo, J., & Zulianto, M. (2022). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian marketplace shopee (studi kasus masyarakat desa kesilir kabupaten jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 2(1), 24-29.

Saputra, F. B., Samari, S., & Sardanto, R. (2023). Analisis pengaruh harga, kualitas barang, dan sistem pembayaran cod (cash on delivery) terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee di kecamatan pare. Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses tanggal 26 Januari 2024 pada laman http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11961.

Sasmita, L. (2019). Pengaruh tagline "gratis ongkir" marketplace shopee terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada masyarakat kota makassar. Jurnal Inovasi Bisnis, 162- 165.

Septiani, D., Hasibuan, M., Nurlia, N., Anggraini, S. R., Hanifah, S. S., & Riofita, H. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pada e-commerce shopee:(studi kasus: program studi pendidikan ekonomi uin sultan syarif kasim). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 1(5), 311-318.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alphabet.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Suhendi, R. M., & Sari, D. R. J. (2022). Pengaruh price discount dan e-marketing terhadap impulse buying behavior (suatu studi pada konsumen eiger adventure store ciamis). Jurnal Media Teknologi, 9(1), 81–87.

Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Pengaruh live streaming dan trust terhadap impulsive buying dalam pembelian produk skincare skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1427-1438.

Tjiptono, F. (2014). Manajemen Jasa (Prinsip, Penerapan Dan Penelitian), Edisi Pertama. Andi Offset.
Tolan, M. S., Pelleng, F. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di online shop mita (studi pada masyarakat kecamatan wanea kelurahan karombasan selatan lingkungan iv kota manado). Productivity, 2(5), 360-364.

U'un Setiawan, A., & Wahyuddin, H. M. (2021). Pengaruh harga, e-wom, dan sistem pembayaran cash on delivery terhadap keputusan pembelian di shopee (studi kasus pada mahasiswa solo raya). Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses tanggal 29 Januari 2024 pada laman http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/95966.

Vernandi, P. R., & Hernawan, E. (2023). Pengaruh cash on delivery, promo gratis ongkir dan customer review terhadap keputusan pembelian secara online pada situs marketplace shopee di wilayah kota tangerang. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 1-10.

Widodo, R. (2022). Pengaruh gratis ongkos kirim, flash sale dan cash on delivery, terhadap keputusan pembelian di toko online shopee pada masyarakat kelurahan simpang baru kecamatan binawidya kota pekanbaru. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Diakses tanggal 26 Januari 2024 pada laman http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/58433.
Published
2024-06-05
Abstract viewed = 51 times
pdf downloaded = 56 times