Pengaruh Live Streaming Selling, Discount, Dan Kualitas Produk Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Surabaya

  • Ardi Zulva Budianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yanda Bara Kusuma Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Live Streaming Selling, Diskon, Kualitas Produk, Impulsive Buying

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus meningkat dengan adanya internet berdampak pada perkembangan bisnis online. Dalam upaya peningkatan penjualan inovasi dalam strategi pemasaran secara digital ikut berkembang dengan adanya fitur Live Streaming pada platform jual beli online seperti shopee, shopee menjadi salah satu e-commerce paling popular di Indonesia, dan memberikan pengalaman berbelanja dengan berinteraksi secara langsung  antara penjual dan pembeli secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Live Streaming selling, discount, dan kualitas produk terhadap impulsive buying. Impulsive Buying merupakan perilaku konsumen yang melakukan keputusan pembelian secara spontan, tidak terencana. Live Streaming selling, discount, dan kualitas produk menjadi faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian secara impulsive buying konsumen dalam berbelanja online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dengan total sampel yang diambil yaitu 150 responden pemilik akun Shopee di Kota Surabaya. Sampel diambil dengan tenik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisi regresi linear berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan olah data yang dilakukan menggunakan SPSS 25. Didapatkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Live Streaming selling, discount, dan kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh siginifikan terhadap Impulsive Buying.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Azwari, A., & Lina, L. F. (2020). Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee. Jurnal Technobiz, 3(2), 37–41. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/1098
Das, G., Jain, S. P., Maheswaran, D., Slotegraaf, R. J., & Srinivasan, R. (2021). Pandemics and marketing: insights, impacts, and research opportunities. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(5), 835–854. https://doi.org/10.1007/s11747-021-00786-y
Haryadi, A. R., Gunaningrat, R., & Suyatno, A. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan Somethinc. Jurnal Bismak, 2(2), 9–17.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861
Pratiwi, V. J., Efendi, F., Fariz, M., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). Pengaruh Voucer Diskon Belanja Pada Live Streaming Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Implusive Buying Dikalangan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(2), 391–400. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i2.1839
Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80. https://doi.org/10.30587/jre.v6i2.5956
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.
Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Skintific Skincare Products Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438.
Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian impulsif pada ecommerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11(2), 251. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733
Zhang, W., Jesica, J., Hertianto, H., Gautama, W., & Yanto, E. (2023). Pengaruh Live Selling dalam Peningkatan Niat Beli pada Remaja. Mbia, 21(3), 345–359. https://doi.org/10.33557/mbia.v21i3.1921
Published
2024-05-31
Abstract viewed = 49 times
pdf downloaded = 33 times