Pengaruh Brand Equity Dan Brand Love Terhadap Brand Trust Melalui Social Media Marketing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Perawatan Kulit Somethinc (Studi Pada Followers Instagram @Beliacosmetic)

  • Ika Lestari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Brand Equity, Brand Love, Brand Trust, Social Media Marketing

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Brand Equity dan Brand Love terhadap Brand Trust melalui Social Media Marketing sebagai variabel intervening pada produk perawatan kulit Somethinc, studi dilakukan pada followers instagram @beliacosmetic. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan teknik purposive sampling, penelitian ini melibatkan 144 responden. Berdasarkan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis jalur dan analisis uji sobel dengan bantuan program pengolahan data menggunakan SPSS untuk windows versi 24. Hasil penelitian ini adalah 1) Brand Equity berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Brand Trust produk Somethinc 2) Brand Love memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Brand Trust produk Somethinc 3) Brand Equity memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing produk Somethinc 4) Brand Love memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing produk Somethinc 5) Social Media Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Trust melalui Social Media Marketing produk Somethinc 6) Brand Equity memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Brand Trust produk Somethinc 7) Brand Love memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Trust  melalui Social Media Marketing produk Somethinc.

References

[1] Lina. (2020). “Indonesia Pasar Potensial Produk Kosmetik,” pelakubisnis.com. https://pelakubisnis.com/2020/02/indonesia-pasar-potensial-produk-kosmetik/.
[2] B. C. Devi and N. Azizah. (2022). Pengaruh Excitement, Sophistication, dan Ruggedness terhadap Brand Trust melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Tokopedia di Surabaya. Reslaj Relig. Educ. Soc. Laa Roiba J., vol. 4, no. 5, pp. 1379–1396. doi: 10.47467/reslaj.v4i5.1296.
[3] T. A. Shimp. (2012). Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
[4] B. A. Carroll and A. C. Ahuvia. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love,” Mark. Lett., vol. 17, no. 2, pp. 79–89. doi: 10.1007/s11002-006-4219-2.
[5] Ekariana. (2020). Somethinc dan Wardah jadi Brand Kosmetik Paling Populer di TikTok,” Katadata.co.id. https://katadata.co.id/ekarina/brand/5fe0791e076e6/somethinc-dan-wardah-jadi-brand-kosmetik-paling-populer-di-tiktok.
[6] Maria verena Emeralda and Kurniawati. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Dan Brand Equity Sebagai Medias. J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 1269–1273.
[7] M. Hafez. (2021). The impact of social media marketing activities on brand equity in the banking sector in Bangladesh: the mediating role of brand love and brand trust. Int. J. Bank Mark., vol. 39, no. 7, pp. 1353–1376. doi: 10.1108/IJBM-02-2021-0067.
[8] Y. R. Kristiyono and D. C. Tiatira. (2022). Pengaruh Brand Equity Terhadap Brand Trust Dimediasi Oleh Brand Reputation Dan Media Sosial Sebagai Variabel Moderasi Pada Konsumen Mcdonald’s. J. Manaj., vol. 19, no. 1, pp. 53–76. doi: 10.25170/jm.v19i1.3057.
[9] B. M. B. Afifah. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Brand Love Pada Produk Retail Bangunan Modern. J. Bisnisman Ris. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 2, pp. 52–60. doi: 10.52005/bisnisman.v1i2.13.
[10] E. Wantini and F. E. Yudiana. (2021). Social media marketing and brand personality to brand loyalty with brand trust and brand equity as a mediator. Indones. J. Islam. Econ. Res., vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2021, [Online]. Available: http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijier.
[11] M. Fadhlillah, A. Hanaan, M. Nurhadi, and B. Rachmat. (2023). Social Media Marketing and Purchase Intention : Does Relationship Quality , Brand Trust , and Brand Equity Matter ? Pendahuluan. Ilmu Manaj., vol. 13, no. 1, pp. 11–24. doi: 10.32502/jimn.v13i1.6798.
Published
2024-06-11
Abstract viewed = 16 times
pdf downloaded = 10 times