Strategi Integrated Marketing Communications Terhadap Visiting Tourism Destination Intention Pada Destinasi Wisata Situ Gunung Suspension Bridge Sukabumi Oleh PT. Fontis Aquam Vivam

  • Elis Yulianti Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Mulfi Sandi Yuda Institut Manajemen Wiyata Indonesia
Keywords: Komunikasi pemasaran, Bauran Pemasaran, Pariwisata

Abstract

Aktivitas komunikasi pemasaran sangat beragam, berkembang pesat sampai hari ini. Pemasaran yang efektif merupakan ujung tombak bagi pengembangan bisnis pariwisata, terutama saat persaingan dalam perkembangan bisnis pariwisatamenunjukan identitas yang semakin tinggi dengan adanya berbagai produk dan destinasi wisata baru di industri ini. Bahkan tidak sedikit pelaku bisnis dalam industri pariwisata gagal dan gulung tikar karena tidak mampu melaksanakankegiatan pemasarannya dengan efektif. Dalam komunikasi pemasaran, PT. Fontis Aquam Vivam dapat merancang komunikasi pemasaran apa yang paling sesuai, efisien dan efektif untuk dilakukan oleh manajemen. Hal ini dapat memudahkan
manajemen menentukan dengan cara apa pemasaran akan dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian dimana peneliti ditempatkan sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara penggabungan dan analisis data bersifat induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik triangulasi. Kemudian analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun informan peneliti ada 5 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ternyata pada saat pelaksanaan komunikasi pemasaran PT. Fontis Aquam Vivam dengan menggunakan 6 dimensi yaitu, Advertising, personal selling, Direct Marketing, Sales Promotion, Public Relation and Publicity, Interactive marketing yang dicetuskan oleh Kolter dan Keller untuk pelaksanaan komunikasinya.

References

Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran Modern Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Assauri, Sofjan. (2010) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Cangara, Hafied. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Cangara, Hafied. (2013). Perencaana & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Firli, Teungku. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
John Fiske. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, Depok: PT Raja Grafindo.
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Perdana
Media Group.
Efendy. (2014). Dinamika Komunikasi.Bandung: PT Rosdakarya.
Efendy. (2005) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Rizkie, Joko. Donni. (2019). Komunikasi pemasaran terpadu dalam industri
pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Ruslan, Rosady. *2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.
Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Stephen W. Littlejohn, (2006). Theories of human communication. Salemba Humanika.
Santoso, Edi. (2010). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sutopo, H.B. (2002) Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret.
Swastha, Basu, dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty.
Swastha, Basu. (2002). Manajeman Penjualan. Yogyakarta: BPFE
Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tike, Arifuddin. (2009). Dasar-Dasar Komunikasi (Suatu Studi dan Aplikasi).
Yogyakarta: Kota Kembang.
Widjaja. (2008). Komunikasi dan hubungan masyarakat. Jakarta; PT Bumi Aksara.
onong Uchjana Efendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Published
2024-05-18
Abstract viewed = 17 times
pdf downloaded = 14 times