Proses Peningkatan Pemasaran Pada Freight Forwarding Barang Import Di Kota Dumai

Authors

  • Bobi Satiria Politeknik Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10207

Keywords:

freight forwarding, pemasaran, jasa pelayaran, impor

Abstract

Indonesia memiliki banyak pelabuhan, salah satunya di Dumai, Pelabuhan Dumai termasuk pelabuhan yang sibuk akan aktivitas ekspor dan impor yang menyebabkan kapal asing berlabuh di wilayah Indonesia. Secara umum dapat dikatakan bahwa pelayaran yang teratur merupakan cerminan suatu kebijakan pelayaran yang dapat menyelaraskan hubungan antara pelaksana dan pengguna jasa angkutaan laut, baik dari segi pelayanan produk jasa maupun penanganan produk-produk barang yang di tangani oleh agen pelayaran. Kegiatan importasi Freight Forwarding Kota Dumai semakin meningkat setelah adanya COVID – 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Service Cargo Import, Penyewaan Gudang LCL dipelabuhan, Jasa Custom Clearance, Jasa Serviec Trucking, Jasa NVOCC LCL/FCL, Sumber Daya Manusia, dan dampak kepada Kepuasan Pelanggan melalui Loyalitas Pelanggan Freight Forwarding Kota Dumai tahun 2021 – 2022. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian. Hasil path coefficients dengan nilai sebesar 0,582. Pengaruh positif dapat dilihat dari nilai t-statistic sebesar 3,625 > 1,660 atau bisa dilihat dari p value yang bernilai sebesar 0,000 < 0,005. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa service cargo import berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal itu dikarenakan semakin meningkatnya volume pekerjaan di perusahaan Berlian Dumai Logistik sehingga pelayanan jadi berkurang. Perusahaan harus memberikan evaluasi kepada karyawan sehingga dapat meningkatkan pelayanan dalam memberikan update informasi shipment kepada consignee. Apabila service cargo import yang diberikan oleh Perusahaan Berlian Dumai Logistik telah baik dan memenuhi permintaan pelanggan maka akan berdampak baik untuk kemajuan dan pencapaian perusahaan yang akan meningkatkan shipment dari tahun ke tahun.

 

References

Andi Susilo. (2015). Buku Pintar Ekspor-Impor. Jakarta, Trans Media Pustaka
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta
Arwinas, (2001). Petunjuk Penanganan Kapal dan Barang di Pelabuhan, Herindo Ergatama, Jakarta
Ali Purwito M. (2013). Kepabeanan Indonesia. Jelajah Nusa : Tanggerang Selatan
Berata, I Komang Oko. (2014). Panduan Praktis Ekspor Impor. Jakarta: Raih Asa Sukses, Cibubur, Jakarta.
Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach to structural equation modeling. Modern Methods for Business Research, 295(2), 295–336.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 (Edisi 2). Semarang: Universitas Dipenogoro
Ghozali, I. (2016). SEM (Structur Equation Modeling) Metode Alternatif dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS). Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Hair, et al. (2014). Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.
Keputusan Menteri Perhubungan No.KM 10. (1998). Jasa Pengurusan Transportasi.
Keputusan Menteri Perhubungan No.KM 33. (2001:5). Kegiatan Bongkar Muat.
Panjaitan, N., & Hudori, M. (n.d.). Application Of Value Stream Mapping In The Nvocc Fcl Service Process To Minimize Delay In Submission Of The Document (A CASE STUDY IN PT YUSEN LOGISTICS INDONESIA).
Leonidas Sumarna, D., & Fazria Ramadhani, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Gudang HLC PT MTI Cabang Jakarta.
Nunnally, J.C. and Bernstein, I.H. (1994) The Assessment of Reliability. Psychometric Theory, 3, 248-292
Prasyanti, P. A.,Ningrum,N. R.,& Basri, A. I. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 16–23.
Tran, P. T. (2022). Study on the Satisfaction of Businesses with Customs Administrative Procedures in Haiphong. Open Journal of Business and Management, 10(05), 2484– 2501. https://doi.org/10.4236/ojbm.2022.105125.
Supartini, S., Iswanto, I., Astriawati, N., Dekanawati, V., & Alfanzuri, N. K. H. (2022). Pelayanan Jasa Impor Barang Dalam Masa Pandemi. Dinamika Bahari, 3(2), 114–123

Downloads

Published

2024-08-17