Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2021-2023
Abstract
Subsektor perkebunan menghadapi tantangan besar dalam upaya mengelola lingkungan, sehingga pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi krusial untuk menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI. Variabel independen pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage sedangkan variabel dependennya yaitu pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Ukuran perusahaan diukur berdasarkan total aset, profitabilitas diukur menggunakan ROA, dan leverage diukur dengan DER. Pengungkapan CSR dinilai melalui biaya CSR. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Populasi yang diteliti adalah perusahaan subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI pada tahun 2021-2023. Sampel penelitian dipilih menerapkan pendekatan purposive sampling, dimana sampel dipilih sesuai dengan kriteria tertentu yang diinginkan oleh peneliti. Sebanyak 15 perusahaan menjadi sampel dalam penelitian ini, dengan periode pengamatan selama 3 tahun, sehingga total sampel yang dianalisis adalah 45. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan SPSS versi 26 untuk melakukan uji hipotesis. Temuan dari analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara positif dan signifikan mempengaruhi tingkat pengungkapan CSR. Profitabilitas, sebaliknya, memiliki dampak negatif dan signifikan, sementara leverage tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan CSR.
References
Dewi, N. K. A. T., & Ratna Sari, M. M. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Pada CSR Disclosure. E-Jurnal Akuntansi, 1956–1982. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i03.p12
Marina, D., Sriyunianti, F., & Afni, Z. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Barang Baku Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). JABEI, 3(1), 1–12.
Ramadhani, R., & Maresti, D. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan CSR. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 78. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.262
Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(10).
Rosa, L. A. K., & Octaviani, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Corporate Social Responsibility (CSR) di dalam Perusahaan Food and Beverage. Jurnal Akuntansi, 7(2), 108–115. https://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/advance
Saragih, A. E., & Sembiring, Y. C. Br. (2019). Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, Leverage,dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilty pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI. JRAK, 5(2), 139–164.
Sinurat, D. N. B., & Sembiring, E. R. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Struktur Kepemilikan Dan Status Perusahaan Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 63–82.
Sunaryo, B. A., & Mahfud, M. K. (2016). Pengaruh Size, Profitabilitas Leverage dan Umur terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2010-2013). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Syilfania, H., Parawiyati, & Listyowati. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility Perusahaan Penerima Platinum. In Jurnal Akuntansi dan Perpajakan (Vol. 8, Issue 1). http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/ap
Wardhani, R. A., & Muid, D. (2017). Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. . Diponegoro Journal of Accounting, 6(3), 1–10.
Yusuf, M. Y. (2017). Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Teori dan Praktik. PT Balebat Dedikasi Prima.
Copyright (c) 2024 Afriani Fitra Fadilah, Nella Yantiana, Juanda Astarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.