Pengaruh Konten Marketing Affiliate, Algoritma FYP, dan E-WOM pada Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z (Studi pada Generasi Z di Indonesia)

  • Gea Maharani Loika Putri Universitas Bengkulu
  • Rina Suthia Hayu Universitas Bengkulu
Keywords: Konten Marketing, Marketing Affiliate, Algoritma FYP Tiktok, E- WOM, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten marketing, marketing affiliate, algoritma FYP Tiktok, dan E-WOM pada media sosial Tiktok terhadap keputusan pembelian generasi-z di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada responden dengan karakteristik generasi-z di seluruh Indonesia. Pengujian hipotesis menggunakan analisis model Structural Equation Modeling (SEM) dengan smartPLS. Hasil yang didapatkan variabel Konten Marketing (X1) dan E-WOM (X4) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian generasi-z di Indonesia, sedangkan variabel Marketing Affiliate (X2) dan Algoritma FYP Tiktok (X3) tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian generasi-z di Indonesia.

 

References

Arif, M. (2021, August). Pengaruh social media marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) dan lifestyle terhadap keputusan pembelian online. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 111-122).
Chandra, E. (2023). Kekuatan Algoritma Dalam Komunikasi Pemasaran Digital Aplikasi Tiktok. Maha Widya Duta: Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, dan Ilmu Komunikasi, 7(2).
Fadhilah, F., & Saputra, G. G. (2021). Pengaruh content marketing dan e-wom pada media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian generasi z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17(3), 505-512.
Holilah, N. (2022, December). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM STRATEGI MARTKETING, TERHADAP ELEKTRONIK WORD OF MOUTH (E-WOM), KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi): Proposal Penelitian. In SENMABIS: Conference Series.
Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME: Journal of Management, 5(2), 11-18.
Kartika, C. (2023). Pengaruh Iklan Sosial Media Tiktok Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maybelline (Studi pada Pengguna Tiktok Di Bandar Lampung).
Nurhayati, N., & Islam, M. A. (2022). Perancangan Konten Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Dedado Batik Di Surabaya. BARIK, 3(2), 112- 124.
Oktaviani, D., & Haliza, N. (2023). Pengaruh Review Produk Dan Content Marketing Pada Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. Cakrawala Repositori IMWI, 6(4), 769-781.
Parahita, R., & Widyasari, S. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- WoM) Di Sosial Media Tiktok, Kepercayaan Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang Belanja Online (Studi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kota Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 2002-2009.
Praditasetyo, D., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Indonesia. eProceedings of Management, 8(5).
Putri, A. S., & Nurhayati, S. (2024). Pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif Pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 11(1), 10-15.
Putri, T. B., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten Karawang. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2442-2454.
Rahmah, R. M., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Wajah Sariayu. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2352-2359.
Saputra, S. M., & Radnan, Y. (2022). Pengaruh Website Quality, Kesadaran Fashion, Perceived Product Quality, Dan Program Shopee Affiliates Terhadap Peningkatan Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Commerce Shopee.
Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Shiddiqy, I. A., & Faradila, F. A. (2024). Pengaruh Affiliate Marketing Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest: Studi pada Konsumen Produk Skintific. Jurnal Rimba: Riset Ilmu manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 159-169.
Suci Indah, T. (2021). PENGARUH FOR YOU PAGE TIKTOK DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA MAKASSAR (Doctoral dissertation, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia).
Wigati, V. I., & Sitinjak, T. J. (2024). PENGARUH EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SCARLETT WHITENING. JEMBA: JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 3(1), 1- 12.
Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. F. H. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153-162.
Zalfa, K. V., Indayani, L., & Supardi, S. (2024). Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Affiliate Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Trend Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(1), 1291-1305.
Published
2024-07-08
Abstract viewed = 55 times
pdf downloaded = 51 times