PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE PADA PRODUK MASKER WAJAH SARIAYU DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10291Keywords:
Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Repurchase IntentionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh electronic word of mouth terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh brand image pada produk masker wajah Sariayu di Kota Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data dari responden yaitu mahasiswa di Kota Bandung yang pernah membeli dan berpengalaman menggunakan masker wajah Sariayu yang menjadi objek yang dinilai dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu cross-sectional atau one shot study. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 26 dan menggunakan uji sobel. Dari empat hipotesis penelitian yang diusulkan, seluruh hipotesis didukung oleh data empiris. Temuan ini menunjukan bahwa brand image dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap repurchase intention. Hasil penelitin ini juga bermanfaat bagi pihak pengelola objek yang dinilai dan industri kosmetik yang sejenis terkait perencanaan strategi yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut.
References
Andriyani, B., & Rahardja, C. T. (2022). ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH MELALUI INSTAGRAM TERHADAP BRAND IMAGE DAN. 22(1), 1–15.
Antari N.W. dan Nurcaya, I. . (2022). BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI Ni Wayan Veni Desi Antari 1 Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Perawatan tubuh merupakan suatu hal yang wajib dijalankan bagi setiap orang yang menginginkan kulit sehat seperti figur ya. 11(3), 590–613. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i03.p09 ISSN
Anzala, A. (2023). Beauty Fastival terbesar di Bandung. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6587350/beauty-festival-terbesar-di-bandung-ada-150-brand-kecantikan-dan-fashion
Ariska, N., Wijaksana, T. I., Sos, S., Si, M., Prodi, S., Bisnis, A., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI ULANG ( Studi Pada Konsumen Bakso Boedjangan Cabang Burangrang Bandung ) THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY AND SALES PROMOTION TO REPURCHASE INTENTIONS ( Study on Consumer Bakso Boedjang. 4(3), 2909–2915.
Aunillah, I. H., Ediyanto, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Minat Beli Ulang Sebagai Variabel Interveing Pada Ud Lancar Jaya Di Kabupaten Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(5), 962. https://doi.org/10.36841/jme.v1i5.2131
Ayu, I. G., & Candra, P. (2021). MULUT TENTANG NIAT PEMBELIAN KEMBALI PADA. 7585(September), 328–338.
Candra. (2019). Peran Brand image Memediasi Pengaruh Elecrtonic Word Of Mouth Terhadap Niat Beli. 8(11), 6638–6657.
Candra, F., Ellitan, L., & Agrippina, Y. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Kembali Melalui Kepuasan Pelanggan Wizzmie di Surabaya. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(1), 218–237. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i1.2159
Cung, F. G., Setianingsih, R. E., & Bunfa, L. (2023). Pengaruh Electronic word of mouth dan Kepuasan Pelangganter terhadap Niat Beli Ulang Pelanggan Shopee. 12(2), 52–67. https://doi.org/https://doi.org/10.46806/jm.v12i2.979
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 21. Universitas Diponogoro.
Gunawan, L. (2021). Pengaruh E-Wom Pada Media Sosial Tiktok Terhadap Brand image Serta Dampaknya Pada Minat Beli. 1(2), 75–82.
Halim, B. J. (2020). The influence of film attractiveness and Electronic word of mouth, towards intention to visit sumba: a case study of Susah Sinyal movie. Research, Society and Development, 9(9), e814998075. https://doi.org/10.33448/rsd-v9i9.8075
Halistrianti. (2024). Pengaruh Electronic word of mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli ulang Yang Dimediasi Oleh Brand image Pada Produk Bedak Padat Maybelline Di Kota Bandung. 5(1).
Hertina, T. N., & Dwiyanti, S. (2013). Pemanfaatan Ampas Kedelai Putih Dan Ampas Kopi Dengan Perbandingan Berbeda Dalam Pembuatan Lulur Tradisional Untuk Perawatan Tubuh. E-Journal, 02(3), 70–77.
Irmayanti, S., & Annisa, I. T. (2023). Peran Mediasi Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 106–116. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1774
Jumhur, H. M., Nurhazizah, E., Telkom, U., Telkom, U., & Telkom, U. (2023). Pengaruh Electronic word of mouth , Citra Merek , Dan Harga Terhadap Repurchase intention Produk Ms Glow Pada Mahasiswa Telkom. 10(5), 3584–3594.
Kadek, N., Yohana, Y., Ayu, K., Dewi, P., Ayu, G., & Giantari, K. (2020). The Role of Brand image Mediates the Effect of Electronic word of mouth (E-WOM) on Purchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 1, 215–220. www.ajhssr.com
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kusumastuti, A. E., & Kumalasari, R. A. (2017). Pengaruh Faktor Relatif Dan Kontekstual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Mediasi ( Studi Kasus Fashion Busana Muslim Di Semarang ) The Influence of Relative and Contextual Factors on Consumer Buying Behavior with R.
Lestari, M. P., Maya, S., & Artino, A. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Experiental Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Melalui Kualitas Produk. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 10(1), 19. https://doi.org/10.30998/jabe.v10i1.19689
Lin, C., Wu, Y.-S., & Chen, J.-C. V. (2013). Electronic Word-of-Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand image. Proceedings of 2013 International Conference on Technology Innovation and Industrial Management, 29–47.
Lita, A. M. N., & Auliya, Z. F. (2019). Pengaruh Review Online , Kepercayaan Pada Web , Keamanan Bertransaksi Online , dan Privasi Terhadap Niat Pembelian Ulang Pada Toko Online Lazada. Jurnal EBBANK, 10(1), 17–28.
Lukita, W. (2020). Tren Skincare untuk Pria, Ini alasannya Pria Juga Perlu Merawat Wajah. Wolipo. https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-5151638/tren-skincare-untuk-pria-ini-alasannya-pria-juga-perlu-merawat-wajah
Mahendra, A. R. (2022). Pengaruh E-Service Quality, E-Word of Mouth, Dan E-Customer Trust Terhadap Repurchase intention Pengguna E-Commerce …. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku …, 01(4), 476–486. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/13%0Ahttps://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/download/13/59
Muchlis, Wijayanto, G., & Komita, S. E. (2021). Pengaruh E-Satisfaction dan E-Trust terhadap Repurchase intention Melalui E-Word of Mouth (E-Wom) sebagai Variabel Intervening E-Commerce Buka Lapak pada Generasi Millenial. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7404
Mughoffar. (2019). THE EFFECT OF e-WOM AND BRAND IMAGE ON THE INTEREST IN BUYING THE HEAVENLY BLUSH YOGHURT PRODUCT. 5(2), 158–167.
Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models KRISTOPHER. Journal of Cellular Physiology, 235(1), 128–140. https://doi.org/10.1002/jcp.28952
Preacher. (2018). A novel measure of effect size for mediation analysis. Psychological Methods, 23(2), 244–261. https://doi.org/10.1037/met0000165
Purnapardi, M. S., & Indarwati, T. A. (2022). Pengaruh Product Quality dan Brand image terhadap Repurchase intention Produk Kosmetik Halal di E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 136–147. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p136-147
Putra, 2010. (2010). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Repurchase intention Yang Dimediasi Oleh Brand image Pada Pengguna Stream. 282.
Residona, A. S., & Yuniarinto, A. (2019). Pengaruh Electronic word of mouth (ewom) terhadap purchase intention produk skincare dengan Brand image sebagai variabel mediasi (Studi pada pengakses akun Instagram @wardahbeauty di Kota Malang). Riset Manajemen, 7(2), 82–94. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5961
Riana, I. G. A. P., & Dewi, P. (2019). PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia ABSTRAK Manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki banyak kebutuhan , salah satunya adalah makanan d. 8(5), 2722–2752.
Rohmatillah, I., & Sudaryana, A. (2019). Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Kosmetik X di Yogyakarta. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(1), 2579–2647.
Roscoe. (1975). Fundamental research statistics for the behavioral. Holt, Rinehart and Winston.
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 494–505. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.200
Savitri, E. A., Zahara, Z., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Tadulako, U. (2016). PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERH ADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI ELECTRONIC WORD OF. 2(3), 241–250.
Sekaran & Bougie. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Selemba Empat.
Sienatra Budi & Putri. (2023). Pemediasi Antara Pengaruh E-WOM Terhadap Repurchase intention Dengan Mediasi Brand image Pada Produk Skincare Merek Lokal Indonesia Yang Ada Di E-Commerce. Parsimonia - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 100–109. https://doi.org/10.33479/parsimonia.v10i2.779
Siswanty, Y. E., & Prihatini, A. E. (2020). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH , BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR ( Studi pada Konsumen Wanita Sariayu Martha Tilaar yang berada di Kota Semarang ) Pendahuluan Rumusan Masalah. IX(Iii), 380–388.
Sorayanti. (2022). Pengaruh Electronic word of mouth Terhadap Keterlibatan Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Shopee Di Universitas Syiah Kuala. 3(3), 20–32.
Sugiama. (2014). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Guardaya Intimarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Verawati, L. (2023). PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE , ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PERCEIVED SECURITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DI TIKTOK SHOP. 12(September). https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.934
Verdilla, V., & Albari, A. (2018). Dampak Dimensi Ekuitas Merek Dalam Membentuk Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(2), 81. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i2.802
Widyasari, K. A., & Suparna, G. (2022). The Role of Brand image in Mediating the Effect of Celebrity Endorsers on Repurchase intention. European Journal of Business and Management Research, 7(3), 179–183. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.3.1441
Wijaya, R., Farida, N., & Andriyansah. (2018). Determinants of Repurchase intentions at online stores in Indonesia. International Journal of E-Business Research, 14(3), 95–111. https://doi.org/10.4018/IJEBR.2018070106
Wongso, M. F., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh Electronic word of mouth dan Brand image Terhadap Purchase Intention. 2012, 187–192. https://doi.org/10.33510/slki.2019.187-192
Yanita, M. (2023). Perbandingan Penggunaan Jenis Base Make Up Liquid Dan Mousse Terhadap Hasil Riasan Pada Kulit Berminyak Untuk Pengantin Koto Gadang Program Study D4 Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan , Universitas Negeri. 7, 24193–24204.
Zharfan, A. A., & W, N. I. K. (2023). Brand image : As a Mediating Variable in the Relationship between E-WOM and Repurchase intention of Teh Botol Sosro Products. 3(3), 589–606.

