PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA KARTU AS TELKOMSEL PRABAYAR DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Rina Mariani Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Faizal Fardhani Sigarlaki2 Universitas Jenderal Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10322

Keywords:

Perspsi Harga, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitiam ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna kartu as telkomsel prabayar dikota Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrument, analisis deskriftif, analisis asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinraritas, dan uji heteroskedastisitas), uji regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 25. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dperoleh melalui dari Top Brand Index dan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online dengan melibatkan 90 responden. Dari tiga hipotesis yang diusulkan, bahwa hasil dari penelitian ini menunjukan variabel persepsi harga dan citra merek berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan baik secara persial maupun secara simultan.

References

Ardila, N. N., & Lumban Batu, R. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Simcard Telkomsel (Survey Pengguna Telkomsel di Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 325–335. https://doi.org/10.5281/zenodo.7076593
Award, top brand. (2023). KomparasiBrand Index. Topbrand-Award.Com, 021, 2023–2024.
https://www.topbrandaward.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432
Budiastari, S. (2018). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan beton siap pakai Holcim di Jakarta. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 87-106.
Cant, M. C., & Toit, M. N. (2012). Loyalty Programme Roulette: The Loyal, The Commited,And The Polygmaous. International Business & Economics Research Journal.
Databoks, A. A. (2023). Ini Operator Seluler dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia Awal 2023. Databooks, 21–23.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/ 23/ini-operator-seluler-dengan-pengguna-terbanyakdi-indonesia-awal-2023
Databoks, C. M. A. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang Hingga Awal 2023. Databooks, 1–2.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/ 20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-jutaorang-hingga-awal-2023
Desi, M. S., & Sri, S. (2018). Harga,kualitas produk, dan promosi pada kepuasan pelanggan seluler. Journal Fakultas Ekonomi Universitas Dr Soetomo, 27(3), 109–119.
https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/fe/article/vi ew/2971/1250 diakses pada 12 Desember 2020 pukul 09.36.
Dewi, K., Suharyono, & Andriani, K. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan KFC Cabang Kawi Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 8.
Diyah, S. ’, Adawiyah, E., & Setyohartono, B. (2022). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) “INTERNET BAIK” TERHADAP CITRA PERUSAHAAN TELKOMSEL (Survei Pada Followers Akun Instagram @INTERNETBAIK). Jurnal CommLine, 07(01), 35–42. 2333
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98.
Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra, Pemasaran Strategik, Penerbit Andi – Yogyakarta, 2012.hal 313
Indonesia, T. (2020). Tentang Telkomgroup. Telkom.Co.Id, 59. https://www.telkom.co.id/sites/abouttelkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22
Inka, J. S., Suharyono, & Andriani, K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 15 No. 1 , 4.
Kotler, P dan Armstrong, N. 2012. Prinsipprinsip pemasaran. edisi 12. Jilid 1. terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1, Terjemahan. (Molan Benyamin). PT. Indeks.
Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran, (B. Molan. (Ed.); milenial). PT. Prehallindo.
Losung, Y. H., Wenas, R. S., & Arie, F. V. (2022).
Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Persepsi Harga Terhadap kepuasan Konsumen Pengguna kartu Prabayar Telkomsel di Kecamatan Pasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset …, 10(1), 401–411. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/v iew/37976%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index
.php/emba/article/download/37976/34755
Makna, S. P., & Amron. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Social Media Marketing, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Simcard Tri. Jurnal Mirai Management, 8(1), 224– 233.
Martinus, G. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli). Jurnal EMBA Vol.9 No.2 , 894.
Niki, D., & Populer, A. (2022). 7 Kelebihan dan Keunggulan Kartu AS + puas internetan , as madura , dan sakti , terbaru ! 10–12. https://wayahe.blogspot.com/2022/03/7-kelebihan-dankeunggulan-kartu-as.html
Ogba, Ike, E., Tan, & Zhenzhen. (2009). Exploring the Impact of Brand Image on Customer Loyalty and Commitment in China. Journal of Technology Management in China .
Oktadiani, & Dinar, O. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fhasion Uniqlo di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–21.
Ramli, R. A. L., Sitorus, M., & Wibowo, E. A. (2023). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 6(1), 24-36.
Rida Fajriati Firdaus, Siti Mariam, & Ajat Sudrajat. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomsel. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 14(1), 44–53. https://doi.org/10.37151/jsma.v14i1.91
Sekaran, U. Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis (R. Bougie (ed.)). Salemba Empat.
Sianipar, G. J. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Grabbike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Danbisnis (Jmb) Volume 19 Nomor 2 , 186.
Sondoh, Omar, Wahid, Ismail, dan Harun. 2007. “The Effect Of Brand Image On OverallSatisfaction and Loyalty Intention In TheContext Of Color Cosmetic”.Asian Academy of Management Journal. Vol.12, No.1, Pp.83–107.
Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, dan Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(1), 1. https://doi.org/10.47201/jamin.v5i1.131
Widianti, N., Kusniawati, A., & Faruk, M. (n.d.).
PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN BAURAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Suatu Studi pada Konsumen Telkomsel di Desa Sukahurip-Ciamis). www.cnnindonesia.com
Widodo, W., & Kumala, M. C. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Alumunium. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2).

Downloads

Published

2024-09-14