PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP CUSTOMER LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH CUSTOMER SATISFACTION LAPTOP ACER DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10326Keywords:
Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh product quality dan brand image terhadap customer loyalty yang dimediasi oleh customer satisfaction laptop Acer di Kota Bandung. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif berdasarkan realitas atau fenomena. Populasi pada penelitian ini yakni konsumen yang pernah memakai laptop Acer di Kota Bandung baik laki-laki ataupun perempuan dengan usia minimal 17 tahun. Sampel pada penelitian sejumlah 120 responden dengan memakai teknik pengumpulan sampel purposive sampling. Jenis data yang dipergunakan yakni data primer yang didapatkan dari survei yang dilakukan penyebaran dengan cara online berupa kuesioner memakai google form dengan skala likert, kemudian total waktu dalam penelitian dikategorikan sebagai one shot study atau cross-sectional. Pengujian hipotesis pada penelitian ini memakai uji regresi berganda serta uji sobel dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan yakni product quality dan brand image memberikan pengaruh positif pada customer loyalty. Customer satisfaction bisa memediasi pengaruh product quality dan brand image pada customer loyalty.
References
Agustinus, S., & Artina, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Oppo di Palembang. MDP Student Conference, 2(2), 371–375. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4273
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94
Annur, C. M. (2023). Merek Laptop yang Paling Banyak Digunakan Konsumen Indonesia. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/
Armazura, D. F., Evanita, S., & Tasman, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Switching Laptop Merek Axioo pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 107–115. www.topbrand-award.com.2015
Astuti, M. F., & Mulyawan, A. (2021). Dampak Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Journal of Islamic Economics and Business, 1(2). https://doi.org/10.15575/jieb.v1i2.15588
Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Dewi, D. K., Prihatini, A. E., Wijayanto, A., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2023). Pengaruh Brand Image dan Experiental Marketing Terhadap Customer Loyalty ( Studi pada Konsumen Wardah di Kota Jakarta ). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 246–254.
Dewi, P., & Suprapti, N. W. S. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Yang Di Pengaruhi Oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 87. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2018.v12.i02.p01
Griffin, J. (2015). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.Jakarta
Gultom, M., & Ngatno. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Smartphone Samsung Di Semarang. 282.
Hasril, R. R., Yuliniar, & Dahlia BR Pinem. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Notebook Lenovo. Prosiding Biema Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2(1), 766–780.
Huda, O. K., & Nugroho, A. T. (2020). (The Influence of Word of Mouth and Brand Image on Oppo Smartphone Customer Loyalty is Mediated Brand Trust). Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i02.436
Kataria, S., & Saini, V. (2020). The Mediating Impact Of Customer Satisfaction In Relation Of Brand Equity And Brand Loyalty: An Empirical Synthesis And Re-Examination. South Asian Journal of Business Studies, 9(1), 62–87. https://doi.org/10.1108/SAJBS-03-2019-0046
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.Boston
Larasati, A., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention dengan Customer Satisfiaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Smartphone Vivo di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 4(1), 48–71. www.emarketer.com,
Muharyo, S., & Pahlevi, R. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Laptop Asus Pada Konsumen Santri Pondok Pesantren Mahasiswa (Ppm) Ar-Royyaan Baitul Hamdi Yogyakarta. JEMBA JurnalEkonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(6), 1–23.
Prakoso, T. Y., & Hidayati, R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–15.
Puspitasari, A., & Matari, C. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membangun Kepuasan Dan Loyalitas Pada Produk Laptop Asus Di Universitas Esa Unggul. JCA of Economics and Business, 1.
Putra, D. G. I. P., & Santika, I. W. (2023). Peranan Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Ulil Albab Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5681–5703.
Rahmadhini, N., & Telagawathi, N. L. W. . (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2), 216–224.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value, 4(3), 1651–1667.
Ramono, L. S., Mandey, S. L., & Tumbuan, W. J. F. A. (2022). Influence of Brand Image, Brand Relationship and Customer Satisfaction on Loyalty Asus Brand Laptop Customers. Jurnal EMBA, 10(4), 1331–1339.
Sabaru, W. C., Wenas, R. S., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Smartphone Vivo (Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 340. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41291
Salim, E., Andri, A., & Neldi, M. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Harga dan Kepercayaan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Bisnis Smartphone. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 73–83.
Saputra, D. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 395. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i2.768
Saragih, T., Siagian, C. U., & Nasution, H. P. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan). Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP) 2021, 2(1), 646–656.
Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (STUDI Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 10(5), 1–17.
Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7). PT Indeks.Jakarta
Scorda, J., Octavia, A., & Musnaini. (2023). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Konsumen Pada Produk Laptop Merek Asus. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 12(02), 417–429.
Sugiyanto, & Maryanto, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Esa Unggul Pengguna Iphone. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 4(2), 10–23. https://doi.org/10.54783/japp.v4i2.453
Susanto, D. M., & Cahyono, K. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10 No. 1, 1–2.
Teddy, & Lisa, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Iphone Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Data Citra Mandiri (Ibox) Cabang Menteng Central. CiDEA Journal, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v1i1.84
Tjiptono, F. (2020). Pemasaran Jasa:Prinsip, Penerapan dan Penelitian. CV Andi Offset.Yogyakarta
Wahyudi, D., Krisnis, C., Hasanah, E. U., & Am, T. (2022). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Seminar Nasional Hasil Riset, 2022.
Yusuf, M. H., Anggraeni, L., & Hadawi, A. M. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pemembelian Laptop Merek Axioo Di Kota Jambi. Jurnal Sains Student Research, 2, 652–663. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.208

