Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi Surat Kabar Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Probabilistik Pada PT. X

  • Ilham Hadi Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fitriani Surayya Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Isnaini Hadiyul Umam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Ihsan Hartaty Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Persediaan, EOQ Probabilistic, Safety Stock, Permintaan, Reorder Point

Abstract

Pengendalian persediaan merupakan tahapan kebijakan pengendalian untuk menentukan tingkat persediaan yang harus dijaga, kapan pesanan untuk menambah persediaan harus dilakukan dan berapa besar pesanan harus diadakan, jumlah atau tingkat persediaan yang dibutuhkan berbeda-beda untuk setiap perusahaan pabrik. Berdasarkan hasil survei, perusahaan ini dapat memproduksi ±1.200 surat kabar dalam sehari, sehingga dalam sebulan dapat mencapai angka produksi ±26.400 surat kabar dengan 22 hari kerja dalam sebulan. Angka tersebut berkategorikan berfluktuasi dikarenakan untuk produksi produk tersebut tergantung dari demand konsumen. Selanjutnya, terkait penyediaan bahan baku berupa kertas kalkir, plat, dan kertas koran tersebut memiliki sebuah kelemahan. Pada periode tertentu, proses produksi mengalami penurunan dikarenakan tidak dapat menangani fluktuasi dari demand konsumen akibat kekurangan bahan baku. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan ini mengadopsi metode manajemen persediaan yang sederhana, yaitu dengan melakukan pemesanan bahan baku kembali di saat persediaannya hampir habis (acak atau tidak konsisten). Persediaan hampir habis dikarenakan perusahaan tidak memesan banyak stok bahan baku dan sesuai demand konsumen Selain itu, dalam pemesanan kembali perusahaan mengalami waktu tunggu (lead time) yang berbeda-beda.

References

Arif, I. N., Yusnita, R. T., & Pauzy, D. M. (2022). Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dalam Pengendalian Persediaan Bahan Baku Sandal (Studi Kasus Pada PD. Morex Tasikmalaya). Jurnal DIALEKTIKA : Jurnal Ilmu Sosial, 20(3), 90-106.
Chandra, A., Kristina, H. J., & Andres. (2022). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Akrilik Menggunakan Metode EOQ Probabilistik Dan Simulasi Monte Carlo Pada PT. XYZ. Jurnal Mitra Teknik Industri, 1(1), 94-105.
Latuny, W., & Picauly, W. M. S. (2019). Analisis Bullwhip Effect Dengan Menggunakan Metode Peramalan Pada Supply Chain Di Distributor PT. Semen Tonasa (Studi Kasus: Distributor PT. Semen Tonasa). ARIKA, 13(2), 113-126.
Ngantung, M., & Jan, A. H. (2019). Analisis Peramalan Permintaan Obat Antibiotik Pada Apotik Edelweis Tatelu. Jurnal EMBA, 7(4), 4859-4867.
Rivandi, M. (2021). Strategi Minimalisasi Nilai Provisi Material Terhadap Healthy Inventory. Jurnal Inkofar, 5(2), 36-43.
Setiawan, I., Rasul, R., & Rusman, M. (2023). Analisis Pengendalian Persediaan Produk Menggunakan Metode Continuous Review System (Metode Q) dan Periodic Review System (Metode P) untuk Meminimalkan Biaya Persediaan. Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri, 10(1), 47-53.
Situmorang, L. A., & Purwaningsih, R. (2022). Model Inventory Economic Order Quantity (EOQ) Probabilistik Dalam Pengendalian Persediaan Material Pada PT Pabrik Es Siantar. Industrial Engineering Online Journal, 11(4).
Wijayanti, P., & Sunrowiyati, S. (2019). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku guna Memperlancar Proses Produksi Dalam Memenuhi Permintaan Konsumen Pada UD Aura Kompos. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 4(2), 179-190.
Wildan, K., & Asy’ari, S. (2023). Penentuan Metode Peramalan (Forecasting) Pada Permintaan Penjualan Di CV. Lia Tirta Jaya Prigen. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(11), 4077-4089.
Published
2024-07-02
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times