Pengaruh Diversifikasi Produk, Kompetensi Wirausaha Dan Desain Kemasan Terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Minuman Herbal Di Kabupaten Bekasi
Abstract
This research originated from a concern for the challenges faced by herbal drink entrepreneurs in Bekasi Regency, Indonesia. As a country rich in spices, Indonesia has significant potential to develop its agricultural sector, including the production of herbal beverages. To address these challenges, product diversification becomes a key strategy to increase sales and develop effective marketing strategies by leveraging the entrepreneurs' competencies and attractive packaging designs. This study aims to describe the influence of product diversification, entrepreneurial competencies, and packaging design on the success of herbal drink businesses in Bekasi Regency. A quantitative research approach was employed. The results indicate that product diversification, entrepreneurial competencies, and packaging design have a positive and significant impact on business success.
References
Anggreni, L. (2023). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Produk, Desain Interior, Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue.
Azzahra, C. I., Suyanto, S., & Darmayanti, E. F. (2021). Pengaruh Kreativitas, Modal Usaha, Diversifikasi Produk Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Keberlanjutan Bisnis Umkm (Studi Pada Umkm Bidang Perdagangan Di Kelurahan Iringmulyo Kota Metro). Jurnal Akuntansi AKTIVA, 2(1), 104–112. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v2i1.903
ekon.go.id. (2020). Konsumsi Jamu Meningkat, Pemerintah Berdayakan UMKM dengan Pendekatan Klaster Obat Tradisional. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA. https://ekon.go.id/publikasi/detail/493/konsumsi-jamu-meningkat-pemerintah-berdayakan-umkm-dengan-pendekatan-klaster-obat-
Fitriyah, D. (2022). ANALISIS STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS UD AKAR DEWA JATI KABUPATEN SITUBONDO).
Iffan, M. (2022). the Influence of Entrepreneurship Orientation and Product Diversification on Business Success. Anggita Klabat Journal of Management |, 3(2), 46–55.
Indonesia.go.id. (2019). Sejarah dan Perkembangan Jamu, Minuman Tradisonal Indonesia. Portal Inforemasi Indonesia. https://indonesia.go.id/ragam/komoditas/sosial/sejarah-dan-perkembangan-jamu-minuman-tradisonal-indonesia
Junita, F. (2020). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Batu Bata Di Desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(4), 166–179.
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian. (2016). Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat: Tingkatkan Posisi Tawar Petani – Nelayan. Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/1531/sinergi-aksi-untuk-ekonomi-rakyat-tingkatkan-posisi-tawar-petani-nelayan
Kurniawan, I., Hadi, S., Sakitri, W., & Artikel, I. (2019). PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA, SKALA USAHA DAN SALURAN PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA. 8(1), 209–224.
Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Modal Sosial, Human Capital, dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kesuksesan UMKM di Kota Medan. In Repository UIN Sumatera Utara (Vol. 5, Issue 3).
Maulan, R., & Fikriah, V. (2020). Edukasi pengemasan dan pemasaran bagi penjual jamu gendong di Lebak Bulus, Cilandak Jakarta Selatan. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–10.
Nurcahya, D. R., & Novianti, W. (2019). Pengaruh Kompetensi Wirausaha dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha di Kawasan Pengrajin Kaos Gg. Pesantren-Jamika Kota Bandung). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–13. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/822. Diakses pada 1 Februari 2022.
Nurchayati, Sukardi, Bambang Riyadi, C. A. N. (2023). MOTIVASI USAHA MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK JAMUNE BUK’E YANG BERKELANJUTAN. 2(7), 1583–1592.
Permatasari, D., & Melinda, T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Desain Kemasan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tepung Moccaf di PT Ayo Tani Berjaya. 2(1), 14–24.
Primiani, C. N., Pujiati, P., & Setiawan, M. A. (2021). Peningkatan Mutu Produk Jamu Home Industry pada Kelompok Jamu Gendong Desa Karangrejo Kabupaten Magetan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 142. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4128
Rahmi, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Mikro Di Kecamatan …. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–6. http://eprints.unm.ac.id/14310/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/14310/1/JURNAL-RAHMI.pdf
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.
Widyasari, & Sumitro, H. O. (2021). DESAIN KEMASAN PRODUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) ‘POKAK’ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK MASYARAKAT TERHADAP MINUMAN HERBAL DI MASA PANDEMI COVID-19. 346–351.
Copyright (c) 2024 Eka Lestari, Junedi Junedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.