TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS: MANAJEMEN KESAN TERHADAP PRESTASI KERJA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10406Keywords:
Tinjauan Pustaka, Manajemen Kesan, Prestasi KerjaAbstract
Manajemen kesan, diperkenalkan oleh Goffman (1959), telah menjadi fokus penelitian perilaku organisasi. Dalam konteks kinerja kerja, praktik ini dapat meningkatkan eksposur positif seseorang tetapi juga membawa risiko potensial yang dapat menghambat tujuan organisasi (Turnley & Bolino, 2001). Selain itu, terdapat implikasi khusus untuk sektor pekerjaan tertentu, seperti profesi penjualan (Gardner & Martinko, 1988) dan peran manajerial (Wayne et al., 1997). Penelitian ini menjelaskan manajemen kesan dalam kinerja kerja, dengan fokus pada tinjauan artikel jurnal empiris. Menggunakan tinjauan literatur sistematis dengan metode PRISMA, 1.543 artikel jurnal dari database Scopus dalam rentang enam tahun dari 2018 hingga 2023 ditinjau, menghasilkan 47 artikel yang relevan. Artikel-artikel ini kemudian diseleksi lebih lanjut dengan fokus pada jurnal yang memiliki reputasi indeks Q1 dan status top-tier, berjumlah 10 artikel jurnal. Manajemen kesan adalah strategi untuk mempengaruhi persepsi orang lain di tempat kerja, yang melibatkan promosi diri dan pengembangan diri. Jika digunakan dengan sepenuh hati dan etis, strategi ini dapat berdampak positif pada penilaian kinerja dan kemajuan karir. Namun, penggunaan yang berlebihan atau tindakan yang dipalsukan dapat menurunkan kepercayaan dan kinerja. Oleh karena itu, keseimbangan dalam manajemen kesan sangat penting dan fundamental. Secara keseluruhan, manajemen kesan dapat berdampak signifikan pada pencapaian individu dalam mencapai tujuan karir mereka serta kesuksesan dan pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan.
References
Bolino, M. C., & Turnley, W. H. (1999). Measuring impression management in organizations: A scale development based on the Jones and Pittman taxonomy. Organizational Research Methods, 2(2), 187-206.
Bolino, M. C., Long, D. M., & Turnley, W. H. (2016). Impression management in organizations: Critical questions, answers, and areas for future research. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 3(1), 377-406.
Bolino, M. C., Klotz, A. C., Turnley, W. H., & Harvey, J. (2013). Exploring the dark side of organizational citizenship behavior. Journal of Organizational Behavior, 34(4), 542-559.
Bolino, M. C., Varela, J. A., Bande, B., & Turnley, W. H. (2006). The impact of impression-management tactics on supervisor ratings of organizational citizenship behavior. Journal of Organizational Behavior, 27(3), 281-297.
Côté, S. (2005). A social interaction model of the effects of emotion regulation on work strain. Academy of Management Review, 30(3), 509-530.
Ferris, G. R., Perrewé, P. L., Anthony, W. P., & Gilmore, D. C. (2000). Political skill at work. Organizational Dynamics, 28(4), 25-37.
Ferris, G. R., Treadway, D. C., Perrewé, P. L., Brouer, R. L., Douglas, C., & Lux, S. (2007). Political skill in organizations. Journal of Management, 33(3), 290-320.
Gardner, W. L., & Martinko, M. J. (1988). Impression management in organizations. Journal of Management, 14(2), 321-338.
Goffman, E. (1959). The presentation of self in everyday life. Anchor Books.
Harris, K. J., Kacmar, K. M., Zivnuska, S., & Shaw, J. D. (2007). The impact of political skill on impression management effectiveness. Journal of Applied Psychology, 92(1), 278-285.
Higgins, C. A., Judge, T. A., & Ferris, G. R. (2003). Influence tactics and work outcomes: A meta-analysis. Journal of Organizational Behavior, 24(1), 89-106.
Kacmar, K. M., Delery, J. E., & Ferris, G. R. (1992). Differential effectiveness of applicant impression management tactics on employment interview decisions. Journal of Applied Social Psychology, 22(16), 1250-1272.
Liu, Y., Kwan, H. K., Wu, L. Z., & Wu, W. (2011). Impression management and creativity: Examining the moderating role of work context. Journal of Applied Psychology, 96(2), 459-473.
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., & PRISMA Group. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLOS Medicine, 6(7), e1000097.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., McGuinness, L. A., Stewart, L. A., Thomas, J., Tricco, A. C., Welch, V. A., Whiting, P., & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. PLOS Medicine, 18(3), e1003583.
Rosenfeld, P., Giacalone, R. A., & Riordan, C. A. (2002). Impression management: Building and enhancing reputations at work. London: Routledge.
Smith, R. H. (2001). The joy of pain: Schadenfreude and the dark side of human nature. Oxford University Press.
Tedeschi, J. T., & Melburg, V. (1984). Impression management and influence in the organization. Research in the Sociology of Organizations, 3, 31-58.
Turnley, W. H., & Bolino, M. C. (2001). Achieving desired images while avoiding undesired images: Exploring the role of self-monitoring in impression management. Journal of Applied Psychology, 86(2), 351-360.
Wayne, S. J., & Liden, R. C. (1995). Effects of impression management on performance ratings: A longitudinal study. Academy of Management Journal, 38(1), 232-260.
Wayne, S. J., Liden, R. C., Graf, I. K., & Ferris, G. R. (1997). The role of upward influence tactics in human resource decisions. Personnel Psychology, 50(4), 979–1006.
Yamagishi, T., Hashimoto, H., & Schug, J. (2008). Preferences versus strategies as explanations for culture-specific behavior. Psychological Science, 19(6), 579-584.

