PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI KESADARAN MEREK PRODUK HAND BODY LATION MARINA DI KOTA CIMAHI

  • Hilma Fauziah Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edi Nurtjahjadi Universitas Jenderal Achmad Yani
Keywords: Social Media Marketing, Repurchase intention, Brand awareness

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap repurchase intention yang dimediasi brand awareness pada produk hand body lation Marina di Kota Cimahi. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling yang termasuk kedalam nonprobability sampling. Data yang diperoleh adalah dengan menyebarkan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan untuk uji intrumen data yaitu uji validitas, uji reliabilitas,uji regresi sederhana, uji regresi berganda, uji asumsi klasik, uji sobel. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan alat bantu software SPSS versi 26 dan uji sobel. Dari hasil penelitian ini  menunjukan bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap repurchase intention, social media marketing berpengaruh positif terhadap  brand awarenees, brand awareness beperngaruh positif terhadap repurchase intention, dan brand awareness memediasi pengaruh social media marketing terhadap repurchase intention.    

References

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-todrink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.
Amalia, A. Z., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Positif Social Media Marketing Activities Terhadap Repurchase Intention Melalui Brand Awareness Dan Brand Image. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 427–438. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15602
Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers ’ purchase decision ? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156–168. https://doi.org/https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6916
Ellitan, L., Rosari, A. De, & Kristanti, M. M. (2022). Analasis pengaruh instagram terhadap purchase intention melalui brand awareness dan brand trust pada starbucks surabaya Analasis pengaruh instagram terhadap purchase intention melalui brand awareness dan brand trust pada starbucks surabaya. June. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1757
Erkan, I., & Evans, C. (2016). The influence of eWOM in social media on consumers’ purchase intentions: An extended approach to information adoption. Computers in Human Behavior, 61, 47–55. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.003
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (7th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guarango, P. M. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Kotler P, K. K. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2.
Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/janis/article/vi ew/22571/14869
Kusumastuti, A. E. dan R. A. K. (2017). Pengaruh Faktor Relative Dan Kontektual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Fashion Busana Muslim Di Semarang). Jurnal EBBANK., 8, 1–16. https://doi.org/10. 1823/ 2394-2770. 2017. 0029
Marina. (2023). About Marina. PT. BARCLAY PRODUCTS. https://www.sahabatmarina.com/about
Nabila, R., & Asyhari. (2023). Analisis Sosial Media Instagram Dan Beauty Influencer Terhadap Repurchase Intention Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Ms Glow Semarang Store. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 301–320.
Pakpahan, A. K., & Prameswari, A. K. (2022). Anteseden Repurchase Intention Pada Produk Kosmetik Halal. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 6(1), 87. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v6i1.23381
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alfabeta, CV.
Regina Yusi Ananda. (n.d.). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Repurchase Intention Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Queen Apple di Kota Batu).
Rizky, Muhammad Yuliati, Lilik Noor Hasanah, N. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP REPURCHASE. 9(2), 658–670.
Sari, S., Syamsuddin, S., & Syahrul, S. (2021). Analisis Brand Awareness Dan Pengaruhnya Terhadap Buying Decision Mobil Toyota Calya Di Makassar. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 37. https://doi.org/10.31963/jba.v1i1.2678
Sekaran, U. dan R. B. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, (Edisi 6, B). Salemba Empat.
Septi, S. P., & Nurtjahjadi, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Hand and Body Lotion Marina di Kota Bandung. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen 4.3, June, 173–183. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i3.1935
Sutiyati, S., Welsa, H., & Lukitaningsih, A. (2020). Pengaruh Social Media dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Buying Interest. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 4(2), 264–274. https://doi.org/10.31294/jeco.v4i2.8223
Valentika, N., Zenabia, T., & Rosini, N. I. (2020). IMPLEMENTASI SOSIAL MEDIA MARKETING DALAM. 01(01), 68–74.
Watajdid, N. I., Lathifah, A., Andini, D. S., & Fitroh, F. (2021). Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), 163–179. https://doi.org/10.14710/jspi.v20i2.163-179
Wayan Cahya Ayu Pratami, N., Nyoman Muryatini, N., & Gede Dharmadi Yasa, I. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom). E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i01.p10
Zeithaml, Bitner, M. J., Gremler, D. D., & Pandit, A. (2000). Services Marketing: Integrating Firm., Customer Focus Across The Firm. 01(01), 110–125.
Published
2024-10-24
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 11 times