Pengaruh Self-Service Technology Dan Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Generasi Milenial Dan Gen Z Mcdonald’s Kota Surabaya

  • Putri Prastikasari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Jojok Dwiridotjahjono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Self-Service Technology, Sales Promotion, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Penelitian ini menyoroti kompleksitas pengaruh Self-Service Technology dan Sales Promotion terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pelanggan generasi milenial dan Gen Z di restoran McDonald's di Kota Surabaya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner kepada 100 responden dari kedua generasi tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.1.0.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Service Technology dan Sales Promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, kepuasan konsumen juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, kepuasan konsumen juga memediasi hubungan antara Self-Service Technology dan Sales Promotion dengan loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan pentingnya implementasi Self-Service Technology dan promosi penjualan dalam meningkatkan kepuasan konsumen dan pada gilirannya, memperkuat loyalitas pelanggan di kalangan generasi milenial dan Gen Z di industri makanan cepat saji. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa manajemen McDonald's dan perusahaan sejenis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memanfaatkan Self-Service Technology dan strategi promosi penjualan yang efektif.

References

Ahdiat, A. (2022). 10 Negara dengan Restoran McD Terbanyak. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/04/03/ini-10-negara-dengan-restoran-mcd-terbanyak
Amadea, A. (2023). Riset: Gen Z dan Milenial Lebih Suka Beli Makanan karena Promo Diskon. Retrieved from https://kumparan.com/kumparanfood/riset-gen-z-dan-milenial-lebih-suka-beli-makanan-karena-promo-diskon-20YlgES9Ynr/full
Annur, C. M. (2023). Inilah Restoran Cepat Saji yang Memberikan Pelayanan Terbaik Menurut Warga Indonesia. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/20/inilah-restoran-cepat-saji-yang-memberikan-pelayanan-terbaik-menurut-warga-indonesia#:~:text=KFC%20memperoleh%20posisi%20puncak%20dalam,perolehan%20suara%2033%2C33%25
Antara, I. M., & Rastini, N. M. (2022). The Influence of Brand Image, Sales Promotion and Quality of Service on Customer Satisfaction Car Rental Service. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 223-226. doi:10.24018/ejbmr.2022.7.2.1273
CHANDRA, T., CHANDRA, T., & HAFNI, L. (2020). SERVICE QUALITY, CONSUMER SATISFACTION, DAN CONSUMER LOYALTY: TINJAUAN TEORITIS. Malang: CV IRDH.
Kumparan.com. (2023). Populix: Gen Z Paling Suka Beli Makanan daripada Masak, Fast Food Jadi Favorit. Retrieved from https://kumparan.com/millennial/populix-gen-z-paling-suka-beli-makanan-daripada-masak-fast-food-jadi-favorit-20Vh5XrFNig/full
Meuter, M. L., Ostrom, A. L., Roundtree, R. I., & Bitner, M. J. (2000). Self-Service Technologies: Understanding Customer Satisfaction with Technology-Based Service Encounters. Sage Journal : Journal of Marketing, 64(3), 50-64. doi:https://doi.org/10.1509/jmkg.64.3.50.18024
Prabowo, A., & Sitio, A. (2020). THE IMPACT OF BRAND IMAGE, SALES PROMOTION, SERVICE QUALITY TOWARDS CUSTOMER SATISFACTION AND ITS IMPLICATIONS ON CUSTOMER LOYALTY AT X DEPARTMENT STORE KOTA KASABLANKA JAKARTA. Dinasti International Journal Of Education Management and Social Science (DIJEMSS), 2(2), 267-278. doi:https://doi.org/10.31933/dijemss.v2i2.656
Purba, R., Oesman, Y. M., & Komaladewi, R. (2022). The Effect of Self-Service Technology on Customers’ Trust and Loyalty (Case Study at Terminal 3 Self-Service Technology Soekarno-Hatta International Airport). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 6527-6543. doi:https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4380
Rahayu, N. Y., Metera, I. G., & Wati, N. P. (2019). PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DARI PRODUK LPP RRI SINGARAJA. Jurnal Manajemen Widya Amerta Fakultas Ekonomi, 6(1), 87-100. doi:https://doi.org/10.37637/wa.v6i1.378
Rifa'i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Jember.
Runita Kartika, S. A. (2021). THE INFLUENCE OF SELF-SERVICE TECHNOLOGY AND CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING ON CUSTOMER LOYALTY MEDIATED BY CUSTOMER SATISFACTION. Jurnal Aplikasi Manajemen (Journal of Applied Management) JAM, 19(1), 217-228. doi:http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.01.20
Suastini, I. A., & Mandala, K. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen, 8(1), 7044 - 7072. doi:https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i1.p4
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
TEDDY CHANDRA, S. C. (2020). SERVICE QUALITY, CONSUMER SATISFACTION, DAN CONSUMER LOYALTY: TINJAUAN TEORITIS. Malang: CV IRDH.
TopBrandAward. (2023). Komparasi Brand Index : kategori Restoran Fast Food. Retrieved from https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=157
Ufrida, K., & Harianto, S. (2022). KONSUMERISME MAKANAN SIAP SAJI SEBAGAI GAYA HIDUP REMAJA DI KOTA SURABAYA: STUDI KASUS SISWI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA SURABAYA. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(1), 137-156. doi:https://doi.org/10.20961/jas.v11i1.57134
Published
2024-06-11
Abstract viewed = 12 times
pdf downloaded = 20 times