Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Cimahi
Abstract
Dengan berkembangnya teknolodi digital, e-commerce membuat aktivitas berbelanja menjadi semakin umum dan mudah diakses. Dalam konteks belanja online, pembelian impulsif menjadi salah satu aspek menarik.impulsif buying adalah perilaku pembelian yang dilakukan secara spontan tanpa pertimbangan yang matang. Lazada sebagai salah satu e-commerce di Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2021 ke tahun 2022 sebesar US$0.9 Miliar atau Rp.12,9 Trilitiun yang mengindikasikan bahwa tingkat pembelian impulsif e-commerce tersebut menurun. Penelitian ini menguji pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying pada pengguna aplikasi Lazada di Kota Cimahi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 responden yang diambil berdasarkan purposive sampling. Analisis data menggunakan program SPSS versi 27. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Hedonic Shopping Motivation secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap Impulsive buying, sedangkan Shopping Lifestyle berpengaruh positif terhadap Impulsive Buying dan secara simultan Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle berpengaruh positif terhadap Impulsive Buying
References
Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2003). Hedonic shopping motivations. Journal of Retailing, 79(2), 77–95. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(03)00007-1
Cahyono, K. E. (n.d.). Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan SHOPPING LIFE STYLE MEMEDIASI HUBUNGAN HEDONIC DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING Khuzaini Hermono Widiarto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, D. I. (2022). TAFKIRUL IQTISHODIYYAH STIS DARUL ULUM LAMPUNG TIMUR The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce (Study on Bukalapak Consumers in Bandar Lampung). 2(2). http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JTI
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc. (2015). Perilaku Konsumen (II). Ghaila Indonesia.
Putri, V. P. (2020a). SHOPPING LIFESTYLE AS MEDIATING BETWEEN HEDONIC SHOPPING ON IMPULSE BUYING ONLINE AT MARKETPLACE. Manajemen Bisnis, 10(2). https://doi.org/10.22219/jmb.v10i2.14496
Salman, J., & Tirtayasa, S. (n.d.-a). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora Di Kota Medan (Vol. 1, Issue 2).
Sekaran Uma, & Roger Bougie. (2017). Metode Penelitina untu Bisnis Pendekatan Pengembangan Keahlian (Halim A. Deddy, Ed.; 6th ed.). Salemba Empat.
Suci Wahyuni, R., Abrilia Setyawati, H., & Putra Bangsa, S. (2020). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Shopee. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 2). http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, R&D. Alfabeta.
Tirtayasa, S., Nevianda, M., & Syahrial, H. (2020b). The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE), 2(1), 18–28. https://doi.org/10.30596/ijbe.v2i1.5715
Ustanti, M. (2018). Effect of Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping On Impulse Buying Behaviour Community Middle Class on Online Shopping. 20, 8–11. https://doi.org/10.9790/487X-2008020811
Widagdo, B., & Roz, K. (2021). Hedonic Shopping Motivation and Impulse Buying: The Effect of Website Quality on Customer Satisfaction. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 395–405. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.395
Yana Siregar, L., Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, M., & Negeri Islam Sumatera Utara, U. (2020). HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY ON INCREASING BUSINESS ONLINE. 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb
Copyright (c) 2024 Syifa Sofianty, Edi Nurtjajadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.