Penghargaan Finansial Dan Pertimbangan Pasar Kerja Dalam Memperkuat Religiusitas Dan Pengetahuan Akuntansi Syariah Terhadap Intensi Berkarir Di Lembaga Keuangan Syariah Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Solo Raya
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i4.10462Keywords:
religiosity, knowledge, reward, labor market, intentions, sharia accountingAbstract
Tujuannya adalah untuk menguji pengaruh moderasi imbalan finansial dan pertimbangan pasar kerja terhadap pengaruh religiusitas dan pengetahuan akuntansi syariah terhadap niat mahasiswa akuntansi di Solo Raya untuk berkarir di lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 mahasiswa akuntansi di Solo Raya, dengan teknik purposive sampling. Kriterianya, mahasiswa tingkat akhir dan lulus mata kuliah Akuntansi Syariah. Metode analisis menggunakan Moderating Regression Analysis dan uji t. Hasil (1) religiusitas dan pengetahuan akuntansi syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap niat mahasiswa untuk berkarir di lembaga keuangan syariah. (2) Imbalan finansial dan pertimbangan pasar kerja bukan merupakan variabel moderasi pengaruh religiusitas terhadap niat mahasiswa untuk berkarir di lembaga keuangan syariah. (3) Imbalan finansial dan pertimbangan pasar kerja terbukti menjadi variabel moderasi yang dapat memperkuat pengaruh religiusitas terhadap niat mahasiswa untuk berkarir di lembaga keuangan syariah.
Kata Kunci : religiusitas, pengetahuan, imbalan, pasar tenaga kerja, niat, akuntansi syariah
ABSTRACT
Objective, to examine the moderating effect of financial rewards and labor market considerations on the influence of religiosity and knowledge of sharia accounting on the intentions of accounting students in Solo Raya to have a career in Islamic financial institutions. The study using sample of 100 accounting students in Solo Raya, with purposive sampling technique. Criteria, final year students and pass the Sharia Accounting course. The method of analysis using Moderating Regression Analysis and t test. Results (1) religiosity and knowledge of sharia accounting have no significant effect on students' intention to have a career in Islamic financial institutions. (2) Financial rewards and labor market considerations are not moderating variables on the effect of religiosity on students' intention to have a career in Islamic financial institutions. (3) Financial rewards and labor market considerations are proven to be moderating variables that can strengthen the influence of religiosity on students' intention to have a career in Islamic financial institutions.
References
Ariska, Dian. (2021). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Akuntansi Syari’ah Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Di Lembagakeuangan Syari’ah: Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Konsentrasi Syari’ah. Artikel Ilmiah Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Palopo, 5(2), 15-28.
Azzah, W. A., dan Maryono. (2022). Faktor–Faktor yang Berpengaruh Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik oleh Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 182-193.
Beoang, Natalia Kristina Victoria Nova dan Nursanita. (2020). Factors Affecting Accountant Career in Public Accounting Firm. Artikel Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1-24.
Candraning, Cynthia, dan Muhammad, Rifqi, (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi mina mahasiswa bekerja di lembaga keuangan syariah. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 3(2), 90-98.
Felton, S., Buhr, N., & Northey, M. (1994). Factors influencing the business student's choice of a career in chartered accountancy. Issues in Accounting education, 9(1), 131.
Ferdinad, A. (2006). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP.
Harahap, Sofyan S. Wiroso, dan Muhammad Yusuf. (2010). Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: LPFE- Usakti.
Khaidir, W., dan Rizki Rahmatullah. (2021). Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Memilih Karir Di Lembaga Keuangan Syari’ah Non Bank(LKSNB) (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Program Studi Akuntansi UIN Suska Riau) Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru. Ar-Ribhu, 4(1), 195-211.
Lidiyawati and Anis Sahara. (2020). Factors Affecting the Interest of Accounting Students in Career Selection. Palarch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18(1), 394-405.
Putri, Eskasari dan Arief Budhi Dharma. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan public. Seminar Nasional dan The 3rd Call for Syariah Paper, ISSN 24600784.
Rahayu, S., Eko Arief Sudaryono, dan Doddy Setiawan (2003). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional Akuntansi VI, 16-17 Oktober Surabaya, 821-838.
Setiyani, Rediana. (2005). Faktor-Faktor Yang Membedakan Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Profesi Sebagai Akuntan Publik dan Non Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri di Pulau Jawa). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, Tidak dipublikasikan.
Sila, M., Anna Sutrisna Sukirman, dan Dien Triana. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Di Lembaga Jasa Keuangan Syariah. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2017, 59-64.
Soemitra, Andri, 2015. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Stolle, Carlton. (1976). Students views of the public and industrial accountant. The Journal of Accountancy, 106-109.
Wahyudin dkk. 2018. Dimensi religiousitas dan pengaruhnya terhadap organizational citizenship behavior. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 20(3), 1-12.
Widayati. 2017. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Akuntansi Syariah, Pelatihan Profesional Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Di Lembaga Keuangan Syariah. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Yusuf, M., Lidya Anggraeni, dan Rika Amelia. (2022). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Akuntansi Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Bekarir Dilembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, 2(2), 57-63.

