Pengaruh Budaya dan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo

  • Mardiyah Aini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan
  • Sampir Andrean Sukoco Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Pembangunan Jember
Keywords: Budaya, Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini ditandai dengan persaingan yang semakin ketat, agar mampu bersaing dengan bisnis sejenis, maka perusahaan perlu memperhatikan keputusan pembelian oleh konsumen. Dimana keputusan pembelian ini dipengaruhi budaya dan sosial. Dengan memperhatikan budaya dan sosial  konsumen maka semakin meningkat juga keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya dan sosial terhadap keputusan pembelian pada Grand Cellular Ambulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh konsumen yang melakukan pembelian smartphone merek Vivo pada Grand Cellular Ambulu dengan metode analisis data yaitu regresi linear berganda dengan hasil penelitan ini menunjukkan  bahwa budaya dan sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan.

 

References

Arnould, E. J., & Thompson, C. J. (2005). Reflections Twenty Years of Research. Journal of Consumer Research, 31(4), 868–882.
Fatimah, S., & Hidayati, A. N. (2022). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Kasus pada Konsumen Alma Gallery Shop Tulungagung). Ekonomika, 6, 298–314.
Fauzi, R. U. A., & Kadi, D. C. A. (2021). Perilaku Konsumen dan Strategi. UNIPMA Press, 6(August), 25.
Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Edisi 1). Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Harisandi, Y., Fransiska, W., & Sari, R. K. (2019). Pengaruh Budaya, Sosial Dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Baju Muslim Pada Toko Butik Arafah Di Situbondo. ECOBUSS: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 53–70.
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina (Edisi 1). Bandung: WIDINA BHAKTI PERSADA.
Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran (W. N. Hidayati (ed.); Edisi 1, Issue 1). Banten: UNPAM PRESS.
Jatmiko, L. D. (2023, September 7). Vivo Sebut Kondisi Ekonomi Global Jadi Penyebab Pengiriman Smartphone ke RI Turun. Bisnis.Com, 1. https://m.bisnis.com/amp/read/20230907/280/1692759/vivo-sebut-kondisi-ekonomi-global-jadi-penyebab-pengiriman-smartphone-ke-ri-turun
Kotler, P. (2005). MANAJEMEN PEMASARAN (Edisi 11). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Depok : Khalifah Mediatama.
Mariaji, Wahyu, & Yunianti. (2014). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Compact Dics (Cd) di Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 3(3), 1–8.
Razak, M. (2016). PERILAKU KONSUMEN (1st ed.). Makassar: Alauddin University Press.
Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 291–297.
Sukoco, S. A. (2018). New Komunikasi Pemasaran : Teori dan Aplikasinya. CV. Pustaka Abadi.
Published
2024-07-19
Abstract viewed = 5 times
pdf downloaded = 0 times