PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP REPURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN HANDBODY LOTION MARINA DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10520Keywords:
Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Repurchase Intention, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh electronic word of mouth dan brand image pada repurchase intention yang dimediasi oleh kepuasan konsumen Handbody Lotion Marina di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas dan uji reliabilitas. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dari responden yaitu pria dan wanita yang dengan minimal rentang usia 17–40 tahun yang sudah pernah memakai produk Handbody Lotion Marina yang menjadi objek yang ukur dalam penelitian ini sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu crosssectional atau one shot study. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan alat bantu (SPSS) versi 26 dan menggunakan uji sobel. Dari tujuh hipotesis penelitian yang diusulkan, seluruh hipotesis didukung oleh data empiris. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM dan brand image terhadap repurchase intention dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini juga akan bermanfaat bagi pengelola objek yang dinilai dan industri kosmetik yang serupa karena akan membantu mereka membuat strategi untuk meningkatkan kualitas fitur tersebut.
References
Cronin, J. J., Brady, M. K., & Hult, G. T. M. (n.d.). Assessing the effects of quality, value, and customer satisfaction on consumer behavioral intentions in service environments. 2000, 76.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word-of-mouth via Consumer-opinion platforms.
Indriani, A. and. (n.d.). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Merek Dan Minat Beli Pada Produk Kosmetik Wardah. 2017.
Kempa, Sesilya and GOTAMI, E. (2020). Repurchase Intention pada Korean Skincare Product di Surabaya. http://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/BIP/issue/archive
Khofifah, F. N., & Munawaroh, S. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Pada Kalangan Mahasiswa STKIP PGRI Jombang. Margin Eco, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.32764/margin.v7i1.3851
Kotler Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Perindustrian, K. (2023). Perkembangan Industri Kosmetik Nasional. http://ikft.kemenperin.go.id/perkembangan-industri-kosmetik-nasional/
Putra, R. F. P. H. (2010). Keterangan Jumlah % Jenis Kelamin Laki – Laki 12 12 Perempuan 78 78 Usia 17-20 19 19 21-30 62 62 31-40 9 9 Domisili Kota Bandung 90 90 Pekerjaan Pelajar 13 13 Mahasiswa/I 39 39 Ibu Rumah Tangga 9 9 Pegawai Negeri 3 3 Guru 6 6 Karyawan Swasta 20 20 Pengaru. 10.
Rendika Putri Kartika, Ida Aryati, R. W. (2019). Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. 03.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Leadership & Organization Development Journal.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis Pemasaran.
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

