PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN MINUMAN BERKARBONASI MEREK SPRITE DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10522Keywords:
Kualitas produk, Kepuasan pelanggan, Minat beli ulangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh kulitas produk terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan minuman berkarbonasi merek sprite di Kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini telah dinyatakan lulus uji validitas, uji reliabilitas. Instrumen tersebut digunakan sebagai alat pengumpulan data dari responden yang berusia 17 tahun ke atas serta pernah mengkonsumsi minuman berkarbonasi merek sprite yang menjadi objek yang dinilai pada penelitian ini sebanyak 119 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan convenience sampling yang termasuk ke dalam non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS versi 25 dan menggunakan kalkulator uji sobel. Dari empat hipotesis penelitian yang diusulkan, seluruhnya didukung data empiris. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang. Hasil penelitian ini juga bermanfaat bagi pihak managemen objek yang dinilai dan industri makanan dan minuman yang sejenisnya terkait perancangan strategi yang relevan dengan peningkatan kualitas atribut tersebut.
References
Febrianto, M., Kurniati, R. R., & Krisdianto, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan. Jiagabi, 10(2), 70–76.
Imran, M. I. A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Makanan Di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 50–64.
Maulana, A. Z., & Sukresna, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Kepuasan Pelanggan Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen ( Studi : Pada Pelanggan Produk Roti Que Bread Di Kota Bogor ). Dipenogoro Journal Of Management, 11(1), 1–15.
Mahemba, U. S. A. K., & Rahayu, C. W. E. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). 428–439. Https://Prosiding.Respati.Ac.Id/Index.Php/Psn/Article/View/234
Sudirman U. 2008. Hemat air dengan BBM. Jakarta (ID): PT. KawanPustaka.
Sugiyono. (2019:2). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis.
Wicaksono, A. P., Rachma, N., & Abs, M. K. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Di Toko Distortion Merch Malang. Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents, 8(18), 130–139.