Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat UMKM Menggunakan Aplikasi Akuntansi

  • Rahma Rihadatul Ais Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Novi Lailiyul Wafiroh Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Keywords: Kegunaan, Kemudahan, Pengetahuan Akuntansi, Minat, UMKM

Abstract

Tujuan yang diteliti ini untuk melakukan identifikasi beberapa faktor yang memberikan pengaruh terhadap minat UMKM untuk memakai aplikasi akuntansi. Faktor tersebut ialah persepsi kegunaan, kemudahan dan pengetahuan.  Populasi yang diambil pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Malang. Sampel yang diambil dari populasi ini adalah pelaku UMKM di bidang kuliner yang telah menggunakan aplikasi akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Peneliti melakukan penyebaran kuisioner kepada sumber pertama atau objek penelitian sebagai data primer. Hasil uji yang sudah dilakukan peneliti ditemukan bahwa ketiga variabel independent tersebut yaitu persepsi kegunaan, kemudahan dan pengetahuan berpengaruh terhadap minat UMKM dalam menggunakan aplikasi akuntansi. 

References

Aeni, S. N., & Herawati, T. D. (2018). Faktor Penentu Minat Penggunaan E-Commerce Shopee Untuk Pembelian Online Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model).
Andhika, Y. H., & Damayanti, T. W. (2017). Niat Melakukan Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah: Pengetahuan Akuntansi Ataukah Herding? (Vol. 20, Issue 2).
Baydhia, M., & Haryati, T. (2021). Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Mobile Pada UMKM Di Sidoarjo. Prosiding Senapan.
Dewantara, A. G., & Trisnaningsih, S. (2023). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengetahuan IT Dan Motivasi Dalam Penggunaan Aplikasi Keuangan Online Pada Sektor Umkm (Vol. 6). Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id
Engko, C., Limba, F. B., & Achmad, A. P. (2023). Pengaruh Pengetahuan Dan Minat Bertransaksi Menggunakan Layanan QRIS Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Revenue, 4. Https://Doi.Org/10.46306/Rev.V4i1
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen Stei , 03(02). Www.Bi.Go.Id/Id/Statistik
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan.
Pramurindra, R., Afifah Primala, D., & Putri, P. K. (2022). Technology Acceptance Model Sebagai Predicted Teory Pada Pemanfaatan Teknologi UMKM Di Era New Normal. In Bisnis Dan Akuntansi (JEBA) (Vol. 24). Www.Kominfo.Go.Id
Putri, A., & Putranti, E. C. (2024). Dampak Persepsi Pengetahuan Akuntansi Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal PETA, 9(1).
Raditya, V. R., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2022). Analisis Penggunaan Teknologi Aplikasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Kabupaten Banyumas Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS).
Rasniati, N. N. Y. R., Kusumawati, N. P. A., & W, R. D. A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Perceived of Usefulness Terhadap Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (Studi Pada UMKM Di Kota Denpasar). Hita Akuntansi Dan Keuangan. Www.Antaranews.Com,
Rohmana, A., & Hwihanus. (2023). Peran Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pemanfaatan Teknologi Terhadappembukuan Digital Pada UMKM. JKPIM: Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmumanajemen, 1(1).
Sari, L., Harmain, H., & Nurlaila. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Teknologi Informasi Terhadap Pengambilan Keputusan Bisnis Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Sibolga. Seiko : Journal Of Management & Business, 6(2), 327–340.
Sitorus, S. D. H. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengetahuan Tentang Akuntansi Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang Di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan. Jurnal At-Tawassuth.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. E. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengetahuan Akuntansi Dan Kompatibilitas Terhadap Minat UMKM Dalam Menggunakan Aplikasi Si APIK. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 13.
Published
2024-06-13
Abstract viewed = 26 times
pdf downloaded = 11 times