PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STANDAR PENILAIAN KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA SEKOLAH AKREDITASI A DI KECAMATAN CAKUNG)

  • Muhammad Faris Raihan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wawan Prahiawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ana Susi Mulyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Lingkungan Kerja Non Fisik, Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja dan Standar Penilaian Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Kecerdasan Emosional Terhadap Standar Penilaian Kinerja dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus pada Sekolah Akreditasi A di Kecamatan Cakung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis sampel Simple Random Sampling dan dihitung menggunakan rumus Hair, et al dimana hasilnya 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif, model pengukuran (outer model), model struktural (inner model) dan uji parsial (uji t) dengan menggunakan alat analisis SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap standar penilaian kinerja dengan hasil thitung 3,104 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap standar penilaian kinerja dengan hasil thitung 3,319 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, lingkungan kerja non fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan hasil thitung 6,890 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan hasil thitung 6,507 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap standar penilaian kinerja dengan hasil thitung 5,164 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, kepuasan kerja dapat memediasi hubungan lingkungan kerja non fisik dengan standar penilaian kinerja dengan hasil thitung 4,218 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, kepuasan kerja dapat memediasi hubungan kecerdasan emosional dengan standar penilaian kinerja dengan hasil thitung 3,628 > ttabel 1,96 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

 

References

Anggraini, W. R., Hartati, C. S., & Utari, W. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 13 Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 4(3), 257–268.
Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Teknik Prosedur. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta.
Badriyah, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia.
Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (BPJS Ketenagakerjaan Cabang Belawan). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 18(1), 9–15.
Cahyani, R. E. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Karyawan Dinas Perencanaan Pembangunan Provinsi Banten) (Vol. 1). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Dapodikbud, T. (2023). Sekolah Kita. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Dan Perubahan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai Dan Organisasi. Alfabeta.
Fadhilah, D. D. (2019). Pengaruh Kualitas Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Kesesuaian Pemberian Kompensasi Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Millennial Melalui Motivasi Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Karyawan Millennial PT. Timas Suplindo Serang, (Vol. 1). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Fitriani, D., Nurlaela, N., & Sudarwadi, D. (2019). Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Guru
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Indrasari, N., Ariwidodo, D. P., & Puspitasari, N. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik Terhadap Kinerja Guru SMK Yapalis Krian Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. 6, 2981–2996.
Irawati, A., & Pebrianto, D. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. POS Indonesia, Bangkalan). Eco-Entrepreneurship, 6(1), 82–96.
Jannah, J. M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Stres Kerja Terhadap Kinerja pada Guru MTS N Jatinom Klaten dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi. Eprints UPN Veteran Yogyakarta, 1.
Kailola, L. G. (2023). Menilik Adanya Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22040–22048.
Latifah, & Nurmalasari. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, M. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sman 6 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3), 117–128.
Nabawi, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 170–183.
Nuriah. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Manajemen Kelas dan Supervisi Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SD Islam Se-Kecamatan Serpong.
Pravidaningrum, N. L. H., & Rizana, D. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kesejahteraan Subyektif Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Karanggayam). 2(14).
Putri, N. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 502–509.
Putri, V. L., & Widjaja, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Penghargaan Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Pada PT Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra 10). Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 1(1), 1–12.
Robbins, S. P. (2016). Perilaku Organisasi (Edisi 16). Salemba Empat.
Sahlan, & Y. Sutomo. (2016). Budaya Organisasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru MTS Sekecamatan Winong Kabupaten Pati. Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, 1–16.
Sari, T. A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di PT. Aditya Sata Parajaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(2), 94–101.
Sihaloho, S., & Sihotang, H. (2022). Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru-Guru SD Santo Antonius 1 dan 2 Medan. 1, 239–248.
Thahir, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non-Fisik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 125.
Tyas, R. I. S. L. (2018). Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Pemoderasi Antara Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Sari Daya Plasindo Cikande, Serang). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Utari. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 2 Palopo. In Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Verawati Wote, A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 455–461.
Wati, Y. G., Dewi, A. S., & Mahaputra, A. P. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Stress Kerja, dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Di SMKN 3 Kediri. Maslahah: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 1(4), 210–224.
Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Rajawali Pers.
Widayati, F., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Loyalitas Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 251–257.
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. PT Raja Grafindo Persada.
Yulaizah, N. (2017). Peran Budaya Organisasi Memoderasi Pengaruh Motivasi Intrinsik, Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Taman Pemalang. Jurnal Mahasiswa Pasca Sarjana Stikubank, 1–18.
Zahirah, W. H. A. (2023). Pengaruh Transformational Leadership dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Guru dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Guru PNS SMP Negeri 3 Kebumen). 1, 31–41.
Zebua, S. N., Siahaan, E., & Erlina, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Terhadap Kinerja Guru SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3509–3519.
Published
2024-08-31
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 3 times