An Assessment of Wine Knowledge Amongst Indonesia Consumers

  • Shine Pintor S Patiro Sekolah Pasca Sarjana Universitas Terbuka
  • Prisila Damayanti IBI-KOSGORO 57
  • Sakina Nusarifa Tantri Universitas Terbuka
  • Minrohayati Minrohayati Universitas Terbuka
Keywords: pengetahuan subjektif; pengetahuan objektif; pengetahuan kelas produk; perilaku konsumen; wine

Abstract

Seperti yang kita ketahui, pentingnya pengetahuan tentang kelas produk telah didokumentasikan dengan baik dalam literatur perilaku konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengetahuan konsumen di Indonesia terkait dengan kelas produk wine tertentu. Para penulis mengadaptasi atau memperkenalkan tes untuk menganalisis pengetahuan obyektif konsumen, pengetahuan subyektif, dan keakraban dengan kelas produk wine.  Kuesioner yang diberikan oleh pewawancara telah diisi oleh 409 responden di supermarket, toko minuman keras umum dan toko wine khusus di Bali, Jakarta, dan Bandung. Penelitian ini menemukan korelasi positif antara pengetahuan subjektif dan objektif, dan korelasi positif lainnya antara keakraban dan pengetahuan objektif.  Pengetahuan aktual tentang wine ditemukan lebih tinggi di antara konsumen Jakarta dibandingkan dengan konsumen dari daerah lain.  Pengetahuan obyektif juga ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan jenis kelamin, pendidikan, dan pilihan toko. Temuan ini menunjukkan implikasi praktis bagi produsen dan pemasar wine dalam hal mensegmentasi pasar atau berhasil menarik konsumen berdasarkan tingkat pengetahuan mereka tentang wine.       

References

Beverland, M. (2003). An exploratory investigation into NZ consumer behaviour. Australian and New Zealand Wine Industry Journal, 18(1), 90-98.
Brucks, M. (1985). The effects of product class knowledge on information search behavior. Journal of Consumer Research, 12(1), 1-16.
Chuang, S.-C., & Tsai, C.-C. (2005). The impact of consumer product knowledge on the effect of terminology in advertising. Journal of American Academy of Business, 7(1), 223-227.
Cowley, E., & Mitchell, A. A. (2003). The moderating effect of product knowledge on the learning and organization of product information. Journal of Consumer Research, 30(3), 443-454.
Flynn, L. R., & Goldsmith, R. E. (1999). A short, reliable measure of subjective knowledge. Journal of Business Research, 46, 57-66.
Laroche, M., Cleveland, M., Bergeron, J., & Goutaland, C. (2003). The knowledge experience-evaluation relationship: A structural equations modeling test of gender differences. Canadian Journal of Administrative Sciences, 20(3), 246-259.
Lin, L.-Y., & Chen, C.-S. (2006). The influence of the country-of-origin image, product knowledge and product involvement on consumer purchase decisions: An empirical study of insurance and catering services in Taiwan. Journal of Consumer Marketing, 23(5), 248-265.
Mitchell, R., & Hall, C. M. (2001). Self-ascribed wine knowledge and the wine behaviour of New Zealand winery visitors. Australian and New Zealand Wine Industry Journal, 16(6), 115-122.
Orth, U. (2002). Research note: Targeting the un-experienced and the convenience shopper. International Journal of Wine Marketing, 14(3), 80-82.
Park, C. W., Mothersbaugh, D. L., & Feick, L. (1994). Consumer knowledge assessment. Journal of Consumer Research, 21(1), 71-82.
Perrouty, J. P., d'Hauteville, F., & Lockshin, L. (2006). The influence of wine attributes on region of origin equity: An analysis of the moderating effect of consumer's perceived expertise. Agribusiness, 22(3), 323-341.
Philippe, A., & Ngobo, P.-V. (1999). Assessment of consumer knowledge and its consequences: A multi-component approach. Advances in Consumer Research, 26, 569-575.
Rais, S. (2017). Persepsi Wisatawan Asing Terhadap Produk Hatten Wine Sebagai Seni Kuliner Bali Untuk Daya Tarik Wisata. Journal of Accounting & Management Innovation, Vol.1 No.2, 159-177
Rao, A. R., & Monroe, K. B. (1988). The moderating effect of prior knowledge on cue utilization in product evaluations. Journal of Consumer Research, 15(2), 253-264.
Scribner, L. L., & Weun, S. (2000). Understanding consumers' subjective product knowledge: A theoretical investigation. American Marketing Association Conference Proceedings, 11, 213-214.
Wibawanto, V. M. (2021) hubungan konsumsi sparkling wine terhadap gaya hidup di jawa tengah. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang (tidak dipublikasikan).
Published
2024-06-10
Abstract viewed = 25 times
pdf downloaded = 9 times