PT TELKOM INDONESIA’S DIGITAL TRANSFORMATION STRATEGY FACING THE DIGITAL ERA BY UTILIZING CORPORATE COMMUNICATIONS
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.10644Keywords:
Teknologi Digital; Komunikasi Perusahaan; Strategi; PT Telkom IndonesiaAbstract
Perkembangan teknologi digital, terutama internet, telah memainkan peran penting dalam menyediakan pendidikan, menghubungkan orang-orang, dan menyediakan informasi. Media digital memungkinkan komunikasi yang terbuka dan partisipatif serta mempengaruhi metode komunikasi interaktif di era modern. Telkom berusaha menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan, mendukung digitalisasi melalui infrastruktur dan konektivitas, serta menyediakan layanan dan platform digital. Komunikasi korporat Telkom melalui berbagai saluran digital membantu membangun kepercayaan, meningkatkan citra merek, dan mendorong kesuksesan di era digital. Namun, Telkom menghadapi tantangan dalam mengikuti perkembangan teknologi, memastikan keamanan data, dan mengintegrasikan teknologi baru dengan infrastruktur yang ada. Oleh karena itu, komunikasi korporat Telkom memanfaatkan kemajuan teknologi berbasis data, memungkinkan komunikasi multikanal, dan menjangkau audiens yang lebih luas dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi digital, tren, dan memperbarui pengetahuan serta keterampilan agar tetap relevan. Untuk mencapai tujuan ini, komunikasi korporat menerapkan beberapa strategi dengan menjaga reputasi perusahaan, memanfaatkan platform media sosial, berinteraksi dengan media, dan memanfaatkan komunikasi internal.
References
Astutik, Y. (2021, July 6). Transformasi Telkom untuk Digitalisasi Indonesia. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20210705203607-17-258522/transformasi-telkom-untuk-digitalisasi-indonesia
Ayu, M. G. (2022, October 20). Telkom Indonesia Berupaya untuk Bertransformasi Digitalkan Bangsa. Cloud Computing Indonesia. https://www.cloudcomputing.id/berita/telkom-indonesia-berupaya-bertransformasi-mendigitalkan-bangsa
Badham, M., & Luoma-Aho, V. (2023). Introduction to the Handbook on Digital Corporate Communication. In Handbook on Digital Corporate Communication (pp. 1–16). Edward Elgar Publishing Ltd. https://doi.org/10.4337/9781802201963.00009
Belasen, A. T., & Belasen, A. R. (2019). The Strategic Value of Integrated Corporate Communication: Functions, Social Media, and Stakeholders. International Journal of Strategic Communication, 13(5), 367–384. https://doi.org/10.1080/1553118X.2019.1661842
Capriotti, P., Zeler, I., & Camilleri, M. A. (2021). Corporate Communication Through Social Networks: The identification of The Key dimensions for Dialogic Communication. https://orcid.org/0000-0003-1288-4256
Firmansyah, M., Masrun, & Yudha, D. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas – Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.
Girsang, C. N., & Kartikawangi, D. (2021). Two-Way Symmetrical Communication Pattern: Company Strategy to Build Engagement Through Social Media. Jurnal Komunikasi, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24912/jk.v13i2.11191
Gomez Vasquez, L. M., & Soto Velez, I. (2011). Social Media as A Strategic Tool for Corporate Communication. REVISTA INTERNACIONAL DE RELACIONES PÚBLICAS, I(2), 157–174
Hafizah, E. (2015). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN MEDIA.
Harto, B., Rukmana, A., Subekti, R., Tahir, R., Waty, E., Situru, A., & Sepriano. (2023). TRANSFORMASI BISNIS DI ERA DIGITAL (Teknologi Informasi dalam Mendukung Transformasi Bisnis di Era Digital) (Efitra, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/372951669_TRANSFORMASI_BISNIS_DI_ERA_DIGITAL_Teknologi_Informasi_dalam_Mendukung_Transformasi_Bisnis_di_Era_Digital
Herika, D., & Ruliana, P. (2018). PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN MEDIA. INTER KOMUNIKA Jurnal Komunikasi, 3(1), 45–58.
Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA, 2(3), 317–324.
Hidayat, T. (2021). Keterlibatan Karyawan.
Ishak. (2022, October 20). Cara Industri Telekomunikasi Hadapi Berbagai Tantangan - DTI. About DTI-CX 2024. https://digitaltransformation.co.id/cara-industri-telekomunikasi-hadapi-berbagai-tantangan/
Jevan Pradana, N., & Primadini, I. (2021). Peran Komunikasi Korporat dari PT Angkasa Pura I dalam Mengimplementasikan Strategi Media Relations. SOETOMO COMMUNICATION AND HUMANITIES, 2(2), 111–122.
Juliani, R. J. (2016). PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KEMAMPUAN MEMOTIVASI, MEMBANGUN HUBUNGAN YANG EFFEKTIF, MERENCANAKAN DAN MENERAPKAN PERUBAHAN DALAM ORGANISASI. Majalah Ilmiah Inspiratif, 1(1), 1–19.
Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(1), 47–60. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i1.136
Karanges, E., Johnston, K., Beatson, A., & Lings, I. (2015, March). The influence of internal communication on employee engagement: A pilot study. Public Relations Review, 41(1), 129-131. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0363811114001969?casa_token=iJdIFLy4gWgAAAAA:YeKrHu9atTkWC7V-mUt0SnaUyPNQWGvXG5nUOduM9ldlMujklcI41Xdm0lcBMB1idMFR_iL9RQ
Liani, F. A., & Putra, I. S. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Brand Awereness Dan Citra Positif PT. Telkom. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains, 1(1), 1–10.
Mahadika, C., & Aminudin, M. (2018). PENGARUH KETERLIBATAN KARYAWAN, LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. JOLIN PERMATA BUANA KOTA BATAM. 5(1), 1–13.
Misha, K., Boynton, L., & Mishra, A. (2014). Driving Employee Engagement: The Expanded Role of Internal Communications. International Journal of Business Communication, 51(2), 183–202. https://doi.org/10.1177/2329488414525399
Oktaviani, F., Rizkina T, R., & Septiani, S. D. (2020). AKTIVITAS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA REPUTASI PERUSAHAAN. JURNAL SIGNAL, 8(1), 15–29.
Priyowidodo, G., Wijayanti, C. A., & Vidyarini, T. N. (2021). THE COMMUNICATION STRATEGY OF DIGITAL-BASED MEDIA ORGANIZATIONS. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(1), 1–16. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.3272
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Purwanti, T. (2023, June 6). Kupas Peluang & Tantangan Sektor Telekomunikasi di Masa Depan. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230606091752-37-443274/kupas-peluang-tantangan-sektor-telekomunikasi-di-masa-depan
Qurrota Aini, A. M. (2022). MEDIA RELATIONS.
Rosmala. (2021). Fungsi Komunikasi Korporat Humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. PRofesi Humas, 5(2), 143–164.
Setyanto, Y., & Anggarina, P. T. (2016). Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Perusahaan dengan Media. https://www.researchgate.net/publication/308408605
Setyanto, Y., & Anggarina, P. T. (2017). Public Relations: Membangun Komunikasi Internal dalam Perusahaan. KANAL, 6(1), 55–64. https://doi.org/10.21070/kanal
Thousani, H. F., & Setiyawan, A. D. (2021). STRATEGI CORPORATE COMMUNICATION MELALUI MEDIA SOSIAL DI PT ANGKASA PURA I (PERSERO) JUANDA SURABAYA. Jurnal Gama Societa, 5(1), 20–28.
Tyasari, A. A., & Ruliana, P. (2021). Model Komunikasi Coorporate dalam Membangun Citra Perusahaan. CARAKA : Indonesian Journal of Communications, 2(1), 27–42. https://doi.org/10.25008/caraka.v2i1.54
Tentang TelkomGroup. (2020). Telkom Indonesia. https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22
Tiga Tahun Transformasi Berkelanjutan Telkom, Digital Bisa untuk Kedaulatan Digital Indonesia. (2022). Telkom Indonesia. https://www.telkom.co.id/sites/enterprise/id_ID/news/tiga-tahun-transformasi-berkelanjutan-telkom,-digital-bisa-untuk-kedaulatan-digital-indonesia-1785
Zahra Fuadi, F., & Tri Lestari, M. (2023). Efektivitas Komunikasi Unit Corporate Communication Yakes Telkom Melalui Media Sosial terhadap Kebutuhan Informasi Konsumen. Jurnal Common, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.344010/common.

